Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20 Aplikasi Penunjang Produktivitas

Ada banyak aplikasi penunjang produktivitas yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik berbayar maupun gratis. Keberadaan aplikasi tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi para penggunanya, khususnya mereka yang ingin meningkatkan karir ataupun mengerjakan tugas-tugas harian dan proyek yang sedang dikerjakan.

20 Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Anda

Aplikasi yang membuat Anda makin produktif
Aplikasi yang membuat Anda makin produktif

Dalam artikel ini, Esai Edukasi akan membahas sesuatu yang tentu saja sangat bermanfaat untuk Anda, yakni daftar 20 aplikasi penunjang produktivitas.

Meski ada banyak sekali aplikasi sejenis, kami memilih membuat daftar ini dimana semua yang disajikan memenuhi dua unsur utama : gratis dan dapat diaplikasikan di android. 

Whatsapp Business 

aplikasi whatsapp bisnis
Whatsapp Bisnis

Mengapa Whatsapp Bisnis menjadi salah satu platform untuk mendukung produktivitas, bahkan berada di urutan pertama? Tentu saja karena banyak faktor, diantaranya :

  • Seperti versi biasa, Whatsapp Bisnis juga menjadi aplikasi perpesan yang ringan, mudah digunakan dan memiliki jutaan pengguna.
  • WB atau Whatsapp Bisnis bisa sekaligus menjadi tempat Anda untuk memajang gambar produk kepada klien atau orang-orang yagn ada di kontak Anda.
  • Whatsapp Bisnis memiliki fitur jawab otomatis yang bisa diatur sedemikian rupa agar Anda bisa terlihat semakin profesional.
  • Whatsapp Bisnis terhubung ke situs Anda sehingga ini sangat efektif untuk mengarahkan klien ke laman internet yang Anda miliki. 
Sampai saat ini Whatsapp Bisnis bisa diunduh dan digunakan gratis oleh publik. Hal inilah yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mencobanya. 

U-Dictionary 

aplikasi kamus U-dictionary
Aplikasi Kamus U-Dictionary

Di era globalisasi seperti sekarang ini, bisnis telah melebar melewati batas-batas politik dan geografi. Oleh sebab itu, jangan heran jika Bahasa Inggris rasa-rasanya makin sering digunakan. 

Tidak paham kata atau idiom dalam Bahasa Inggris? Jangan khawatir karena Anda bisa mengunduh aplikasi bernama Kamus andoid U-Dictionary. Aplikasi ini bisa dijalankan secara online. 

Meski demikian Anda perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Selain skill dan keterampilan, Anda juga harus memiliki sertifikat penunjang, seperti TOEIC atau IELTS. Ingin dapat nilai TOEFL bagus, cari tahu aplikasi belajar TOEFL, TOEIC dan IELTS yang terbaik dan tepat untuk Anda. 

Evernote

Aplikasi evernote
Aplikasi Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat catatan, to do list, ataupun jurnal. Dengan Evernote, rencana dan program akan makin teratur dan terencana. Evernote juga punya tampilan yang menarik sehingga membuat penggunanya nyaman. 

Selain bisa diakses di smartphone, Evernote juga bisa dibuka di PC maupun tablet. Jangan takut kehilangan dokumen karena Evernote juga sudah punya media penyimpanan untuk penggunanya. Asalkan Anda ingat email untuk masuk maka semua beres. 

Dengan aplikasi ini, Anda bisa tetap produktif dimanapun dan kapanpun. Bahkan Anda bisa tetap produktif ketika liburan di rumah atau tempat wisata. 

Google Drive

Google Drive
Aplikasi Penyimpanan terbaik


Penyimpanan cloud semakin hari semakin populer. Dengan adanya penyimpanan cloud semacam Google Drive, Anda tak perlu lagi takut kehilangan file penting. Bahkan Anda bisa mentransfer atau mengundang seseorang untuk melihat file yang sudah Anda buat. 

Aplikasi penyimpanan digital seperti Google Drive sangat direkomendasikan karena selain gratis, memiliki kuota besar juga terintegrasi dengan produk layanan Google lainnya, semisal Google Sheets, Google forms, dll. 

Baca juga artikel kami tentang macam-macam perkerjaan sampingan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. 

Google Calendar

Aplikasi jurnal dan planner Google Calender
Google Calender

Ingin memiliki jurnal yang terintegrasi dengan e-mail maupun android Anda? Google Calender jawabannya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengorganisasikan jadwal dan kegiatan dengan lebih rapi. Jangan malas lagi untuk mencatat rencana-rencana Anda. Mencatat rencana kerja secara rutin merupakan salah satu kebiasaan orang sukses. 

Google Maps

Tersesat dan mencari alamat merupakan sesuatu yang menghabiskan waktu serta energi. Ini juga secara langsung akan mengurangi produktivitas Anda. Untuk sekarang sudah ada Google Maps. Dengan Google Maps, Anda akan semakin mudah dalam melakukan berbagai hal. 

Tidak hanya untuk mereka yang bekerja di bidang transportasi, Google Maps juga sangat bermanfaat untuk banyak orang dari beragam industri, misal ibu rumah tangga yang membuka bisnis online shop, pemilik ruko ataupun pengelola tempat wisata. 

Google Classroom

Aplikasi Google Classroom
Google Classroom

Untuk mereka yang bekerja di industri pendidikan, Google Classroom nampaknya bukan hal baru. Ada banyak sekali kelebihan dari aplikasi learning management system bentukan Google ini : 

  • Gratis. 
  • Terintegrasi dengan produk-produk Google lainnya.
  • Bisa diakses di berbagai sistem operasi.
  • Ringan.
  • Tampilan bersih dan mudah digunakan.
Dalam masa seperti sekarang ini, kehadiran Google Classroom sangat menunjang e-learning. Selain di dunia pendidikan, Anda juga bisa menggunakan Google Classroom untuk mengorganisir proyek bersama anggota tim yang lain. 

Grammarly 

aplikasi grammarly untuk android
Grammarly untuk android

Pasti Anda akan sangat terbantu dengan aplikasi ini, karena dengannya membuat laporan, esai, makalah ataupun rencana kerja bisa menjadi lebih mudah. 

Grammarly adalah aplikasi editor kalimat yang luar biasa. Sudah banyak orang terbantu dengan aplikasi yang satu ini. Dan hebatnya, walau awalnya hanya berupa software komputer, Grammarly kini bisa digunakan di android. 

Gojek

Aplikasi Gojek
Aplikasi Gojek

Jangan salah, setiap orang akan terganggu produktivitasnya jika terkendala macet atau hal lain seperti angkutan umum yang buruk. Gojek bisa menjadi solusinya.

Selain itu ada banyak fitur Gojek yang akan membantu Anda menjadi lebih produktif dan bekerja secara efisien, seperti : 

  • Gopay, e-wallet yang makin populer digunakan di kalangan masyarakat luas.
  • Go-food, platform untuk pesan makanan secara online sehingga Anda tetap fokus bekerja.
  • Go-bill, membantu Anda membayar tagihan sehingga hidup semakin mudah. 
Seperti diketahui, sekarang Gojek bertumbuh luar biasa. Perusahaan yang didirikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim itu telah menjadi salah satu bukti sukses dari perusahaan berbasis layanan digital. 

Youtube

Youtube menunjang produktivitas pekerja
Lambang Youtube

Sekarang Anda tidak perlu bingung jika ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Ada cara yang gratis, yakni dengan memanfaatkan Youtube.

Cari tahu daftar channel Youtube terbaik untuk pengembangan diri dan karir Anda dan ikuti semua konten yang Ada. Hal ini tentu akan bermanfaat sekali. 

Quora

Quora sumber inspirasi
Quora sumber inspirasi

Anda punya banyak pertanyaan namun sulit menemukan jawabannya? Maka cobalah Quora. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali pertanyaan sekaligus jawaban berharga yang mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda.

Hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa : 

  1. Bertanya kepada para pengguna Quora yang memiliki kredensial luar biasa.
  2. Ikut menjawab dan berbagi pengetahuan.
  3. Membaca tulisan-tulisan menarik dari berbagai topik.
  4. Mengikuti ruang di Quora dan mendapatkan lingkaran jaringan baru. 
Dengan Quora Anda bisa berlatih menulis sekaligus mempraktikkan cara belajar efektif yang nantinya akan membantu Anda meningkatkan kapasitas dan keterampilan Anda. 

Medium

Medium, sumber tulisan berkualitas
Medium, sumber tulisan berkualitas


Sama seperti Quora, di Medium Anda akan menemukan banyak sekali artikel luar biasa dari berbagai topik misalnya produktivitas, gaya hidup maupun investasi. Dan Anda bisa memilih, menjadi anggota premium maupun gratis. 

Medium memang dibuat untuk saling berbagi ide. Inilah sumber pengetahuan yang harus Anda coba karena di sana akan banyak sekali inspirasi dan motivasi yang bisa didapatkan dari berbagai penulis dan sudut pandang. 

Money Lover 

Aplikasi Pencatat Keuangan
Aplikasi Pencatat Keuangan

Suka boros dan bingung kemana dana Anda terbuang selama ini? Jika jawabannya ya, maka Anda butuh menginstall aplikasi bernama Money Lover.

Dengan aplikasi Money Lover, Anda akan dengan mudah memantau, mengawasi dan mencatat aliran dana Anda, termasuk mencatat uang masuk dan uang keluar. Anda juga bisa membuat klasifikasi untuk setiap pos, misal untuk biaya pendidikan, asuransi maupun investasi. Hebatnya lagi, semua itu bisa didapatkan gratis maupun versi berbayar. 

Freedom

review aplikasi freedom
Aplikasi Freedom

Salah satu kebiasaan buruk di kantor adalah sering larut bermain media sosial daripada mengerjakan tugas dan pekerjaannya. Jika tidak diantisipasi atau 'disembuhkan', maka akan berakibat sangat fatal. 

Untung sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Freedom. Ini adalah aplikasi yang akan memblokir gangguan-gangguan ketika bekerja, semacam notifikasi sosial media. Anda bisa menentukan sesi bebas gangguan menurut pertimbangan Anda sendiri, misal 30 menit. Setelah itu, Freedom akan mengijinkan aplikasi sosial media bekerja seperti sebelumnya. 

Trello 

Aplikasi untuk pekerja Trello
Aplikasi Trello

Hampir semua profesional milenial mengenal aplikasi penunjang profesional ini, Trello. Meski banyak aplikasi sejenis, Trello tetap memiliki para pengguna setia. 

Trello adalah sarana untuk para anggota tim bisa berkolaborasi dengan baik. Dengan aplikasi ini, maka segala progres dan aktivitas terkait suatu proyek bisa dimonitor dengan baik. Tentu ini akan menunjang kinerja dan prestasi Anda. 

Seperti diketahui, kolaborasi dan kerja sama tim merupakan dua skill yang dibutuhkan untuk bisa sukses dewasa ini selain juga creativity dan complex problem solving. 


Pocket

Aplikasi Pocket untuk menyimpan artikel
Aplikasi Pocket untuk menyimpan artikel

Pocket merupakan aplikasi dengan konsep sangat sederhana namun memiliki benefit yang luar biasa bagi para penggunanya.

Pocket memungkinkan Anda untuk menyimpan artikel-artikel menarik dari internet agar bisa dibaca di lain waktu. Hal ini benar-benar sangat efektif dalam membantu Anda untuk mengumpulkan berbagai informasi berharga meskipun Anda sangat sibuk. 

Jadi ketika Anda menemukan artikel menarik namun tidak punya waktu atau sedang malas bekerja, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu dan dibaca ketika telah siap. 

Mindjet

Aplikasi membuat mind-mapping bernama Mindjet
Aplikasi Mindjet

Anda seorang yang selalu berpikir terstruktur dan rapi? Maka Anda membutuhkan aplikasi Mindjet. Inilah sebuah aplikasi yang akan menghantarkan Anda pada keteraturan yang Anda idam-idamkan. 

Dengan Mindjet, Anda bisa membuat strategi dan rencana kerja berupa peta konsep atau yang dikenal dengan nama mind-mapping. Hal ini adalah hal yang penting untuk para profesional, pekerja atau bahkan pelajar dan mahasiswa. Untuk Anda ketahui, membuat peta konsep merupakan langkah awal ketika ingin mempelajari sesuatu. Jadi jika ingin sukses, Anda harus bisa mengetahui cara belajar yang baik. 


Canva

Canva membuat kerja menjadi lebih efektif
Aplikasi Canva

Di masa yang serba cepat seperti sekarang ini, semua orang harus benar-benar mendisain alur kerja dan metode yang paling efektif jika tidak ingin tertinggal dari para kompetitor.

Canva bisa menjadi jawabannya. Aplikasi ini memungkinkan siapa saja untuk menghasilkan desain-desain menarik yang akan berguna bagi para pekerja di bidang personal branding, digital marketing maupun social media expert

Memang tidak bisa dipungkiri Canva masih jauh jika dibandingkan dengan Photoshop maupun Corel Draw. Meski demikian, dengan user friendly yang luar biasa, rasa-rasanya siapa saja akan bisa menggunakan Canva asal mau belajar. 

Bukan hanya untuk para desainer, siapapun bisa menggunakan Canva. Misal, untuk mengembangkan bisnis online yang dimiliki, tentu saja Anda butuh branding di media sosial, seperti Instagram, Facebook atau Twitter. 

Kelebihan Canva lainnya adalah adanya banyak template, bahkan dalam versi yang gratis. Ini tentu akan membuat kinerja Anda lebih efektif. 

TED 

TED, sumber belajar gratis dan penunjang karir
Aplikasi TED

TED Apps adalah sebuah aplikasi dimana para penggunanya bisa menikmati video-video luar biasa dari berbagai topik dan pembicara secara gratis. Tentu ini akan sangat baik dan merupakan investasi leher ke atas yang harus dicoba.

Dengan TED, Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan, insight, maupun keterampilan baru. Silahkan download dan pilih topik yang Anda butuhkan, misalkan public speaking, belajar Bahasa Inggris, pengembangan diri ataupun lainnya. 

Meski banyak video dari TED yang bisa dinikmati di Youtube, tetapi mengunduh aplikasinya tentu akan jauh lebih menarik. 

Zoom

Zoom aplikasi penunjang produktivitas
Zoom, aplikasi produktif

Zoom tentu saja merupakan aplikasi android yang harus Anda miliki saat ini. Dengan kemampuan untuk menyelenggarakan webinar, rapat online ataupun pembelajaran berbasis e-learning, Zoom makin diminati dan dibutuhkan siapa saja.

Salah satu kelebihan Zoom adalah fitur gratis, dimana pengguna bisa menggunakan aplikasi ini tanpa membayar sepeserpun. Selain itu Zoom juga bisa digunakan di PC maupun Laptop, baik dengan sistem operasi Apple maupun Windows. 

Dengan Zoom, Anda akan menghemat banyak waktu dan bisa berdiskusi, kampanye, maupun melakukan rapat jarak jauh tanpa harus keluar rumah. Hal ini tentu saja sangat efektif bagi mereka yang super sibuk.

Untuk Anda para guru dan orang tua, silahkan baca juga artikel kami seputar panduan melakukan pembelajaran online dengan Zoom. Di sana kami sudah menjelaskan cukup lengkap mengenai apliasi tersebut. 

Internet menawarkan banyak hal, salah satunya peluang untuk meningkatkan pendapatan. Baca ulasan menarik kami tentang situs-situs yang bisa menghasilkan uang untuk Anda atau artikel-artikel menarik lainnya dari Esai Edukasi, web pendidikan dan pengembangan diri terbaik. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "20 Aplikasi Penunjang Produktivitas"

Berlangganan via Email