Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download SK Panitia Akreditasi Sekolah Terbaru

Download SK Panitia Akreditasi Sekolah Terbaru. Dalam rangka tertib administrasi di tingkat satuan pendidikan sekaligus memberikan landasan yang jelas akan masing-masing tugas, maka sangat perlu untuk menerbitkan sebuah surat keputusan atau SK.

Begitu halnya dalam rangka menyongsong akreditasi sekolah, maka pihak satuan pendidikan, khususnya kepala sekolah wajib menerbitkan SK Tim Akreditasi Sekolah.

Pembentukan panitia akreditasi tersebut harus tertuang dalam SK yang resmi sehingga kinerja masing-masing personel dapat dipantau dengan baik.

Bahkan bukan tidak mungkin, nantinya dalam visitasi asesor ke satuan pendidikan, baik dalam bentuk daring ataupun kunjungan fisik, SK Tim Panitia Akreditasi Sekolah akan ditanyakan sebagai wujud keseriusan institusi pendidikan dalam mempersiapkan akreditasi.

Seperti diketahui, selain mengisi Sispena, sekolah juga harus menyipkan bukti fisik. Bukti fisik akreditasi ini bisa berupa dokumen, surat-surat, RPP, dan juga SK. Nantinya asesor atau tim penilai akan mencocokkan dan menilai semua dokumen fisik yang ada dengan yang sudah diunggah ke Sispena.

Apa Isi dari SK Panitia Akreditasi Sekolah?

SK Akreditasi Sekolah dan Madrasah
Download SK Akreditasi Sekolah dan Madrasah

Ketika membuat SK, mungkin ada yang bertanya apa isi dari SK panitia akreditasi sekolah/madrasah tersebut? Adapun secara umum isinya adalah: 

  • Identitas lembaga
  • nomor surat
  • latar belakang penerbitan SK
  • Struktur kepanitian tim akreditasi.

Harus diingat bahwa begitu pentingnya kegiatan ini, maka dalam pembentukan tim atau panitia seyogyanya juga harus mempertimbangkan banyak hal, seperti tingkat kecakapan, kemampuan manajerial dan leadership pendidik maupun pengalaman dalam mengikuti proses tersebut sebelumnya.

Adapun struktur kepanitian tim terdiri dari setidaknya: 

  1. Pembimbing
  2. Penanggungjawab
  3. Ketua
  4. Sekretaris
  5. Bendahara
  6. Operator sekolah
  7. Anggota
  8. Tim penanggungjawab 4 Butir Pokok berdasarkan IASP. 
  9. Validasi / tandatangan
Harus diketahui bahwa kini proses akreditasi sekarang berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya terdapat 8 komponone, maka sekarang hanya ada 4 komponen. (Silahkan baca akreditasi terbaru melalui Sispena).

Contoh SK Tim Akreditasi Sekolah

Berikut ini adalah contoh dari surat keputusan pembentukan tim akreditasi sekolah/madrasah yang bisa digunakan. Lihat bahwa isi dari SK ini sudah mencakup apa yang dijelaskan sebelumnya. 

Anda bisa mendownloadnya di tautan di bagian akhir artikel ini. 

Download SK Panitia Akreditasi Sekolah/Madrasah

Tiap-tiap satuan pendidikan atau lembaga bisa membuat SK tentang pembentukan panitia akreditasi berdasarkan kondisi yang ada. 

Namun jika dibutuhkan, silahkan download template yang sudah tersedia. Ada dua jenis, yakni dalam bentuk dokumen (Word) dan PDF. 

Silahkan unduh di tautan ini - Download SK Panitia Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Download SK Panitia Akreditasi Sekolah Terbaru"