Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Bisa Berbahasa Inggris

Bagaimana cara terbaik dan tercepat bagi seseorang agar bisa mahir Bahasa Inggris? Satu-satunya cara adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris yang tepat.

Mungkin jawaban ini di luar ekspektasi Anda, tetapi itulah memang cara yang paling baik bagi seseorang jika ingin menguasai bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus yang tepat, terukur dan berkualitas, maka skill yang didambakan juga akan terpenuhi.

Keuntungan Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Memang ada banyak fakta yang mencenangkan yang menunjukkan bagaimana seseorang bisa secara mandiri menguasai Bahasa Inggris tanpa perlu les, kursus atau mengikuti lembaga pendidikan khusus tertentu. Namun, sebelum Anda benar-benar ingin mencontoh langkah tersebut, ada baiknya untuk melihat fakta bahwa ternyata ada keuntungan ikut les Bahasa Inggris yang diselenggarakan secara berkualitas dan bisa dipertanggung jawabkan yang tidak didapatkan jika Anda belajar secara otodidak. 

Ada banyak kelebihan belajar bahasa Inggris melalui kursus atau lembaga pendidikan. Berikut adalah perbandingan benefit yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti lembaga bimbingan belajar Bahasa Inggris dan ketika Anda belajar secara otodidak :

Silabus dan Kurikulum 

Ini adalah hal yang sangat penting. Darimana seseorang harus mulai belajar bahasa Inggris. Ketika ingin belajar Bahasa Inggris secara mandiri, akan menemukan pertanyaan seperti ini : 

  • Materi apa saja yang perlu mendapat penekanan?
  • Kapan durasi yang dibutuhkan untuk mengajarkan satu materi? 
  • Seperti apa pemilihan topik dan tema yang bisa menunjang belajar secara maksimal? 

Semua tidak perlu dipikirkan karena di lembaga bimbingan belajar Bahasa Inggris yang berkualitas dan bagus, hal-hal tersebut sudah disiapkan. Mereka sudah menyusun silabus dan kurikulum yang jelas, terukur, teruji dan senantiasa diperbaharui secara terus menerus. Anda tidak akan bingung akan belajar apa hari ini atau besok, karena semua program sudah dibuat jauh sebelum Anda mendaftar. 

Tentu ini berbeda sekali ketika Anda harus belajar mandiri. Setiap hari Anda harus dipusingkan dengan pertanyaan seperti 'apa topik yang harus dipelajari?', atau 'materi apa yang perlu dielaborasi?'. Hal-hal itu akan menyita waktu dan tenaga Anda, khususnya bila Anda seorang pekerja yang sibuk. 

Selain itu ada kemungkinan Anda gagal menyusun jadwal dan silabus yang baik sehingga potensi yang Anda miliki tidak akan dapat diwujudkan secara maksimal. 

Placement Test 

Di samping hal di atas, satu lagi yang perlu ditekankan adalah klasifikasi kelompok belajar. Di dalam lembaga kursus Bahasa Inggris yang bonafid, Anda akan menjalani preparation test atau placement test. hal ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang sudah dimiliki, agar nantinya Anda akan diberi saran yang tepat seputar paket belajar atau kelas yang harus diambil. 

Placement test yang akan diberikan pada calon peserta didik adalah hal yang mutlak diperlukan agar tidak sia-sia dalam mengikuti rangkaian paket belajar yang diambil. Tentu hal ini tidak akan Anda temui ketika belajar sendiri. 

Waktu Belajar yang Terencana

Ada dua hal yang penting dalam belajar. Keduanya adalah : 
  • Kontinuitas 
  • Kedispilinan

Dua hal tersebut akan Anda dapatkan dan tentu saja membantu sekali dalam membangun kebiasaan untuk memakai Bahasa Inggris sesering mungkin dan meningkatkan kemampuan Anda. Dengan mengikuti institusi pengajaran yang tepat Anda akan mendapatkan jam belajar yang jelas. Anda tidak perlu lagi harus bergulat menyusun jadwal. Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan kemalasan untuk berangkat kursus. 

Ekosistem Belajar

Ekosistem yang mendukung. Lembaga pendidikan yang berkualitas akan membangun suatu kondisi baik fisik maupun sosial yang akan mendukung kesempatan untuk mempraktikkan Bahasa Inggris dengan tepat.

Sebenarnya ketika Anda mampu membentuk sebuah kelompok belajar atau membayar program belajar berkelompok yang ada di aplikasi premium, sebenarnya Anda bisa juga mendapatkan ini. Namun di lembaga kursus, semua itu akan terasa jauh lebih mudah. 

Mentor

Arahan dan mentor. Dibanding dengan belajar sendiri, di lembaga kursus, Anda akan dibimbing dengan baik dan benar sehingga meminimalisir kesalahan pengucapan, tata-bahasa maupun lainnya.

Hal ini tidak akan Anda dapatkan ketika belajar secara mandiri. Akan ada banyak sekali kemungkinan Anda salah dalam hal grammar, pronunciation atau pemahaman tetapi Anda tidak menyadarinya dan itu berlanjut selama beberapa waktu lamanya.  

Mendapatkan Sertifikat

Bersertifikat. Inilah yang penting. Bahkan ada beberapa lembaga kursus yang memiliki program tertentu untuk membantu Anda sukses mengikuti tes TOEFL atau IELTS. Sertifikat bahwa Anda sudah mengikuti pembelajaran dari lembaga yang prestisius tentu akan meningkatkan daya tawar Anda, khususnya ketika akan melamar pekerjaan. 

Terlebih lagi jika Anda mendapatkan sertifikat TOEFL, TOEIC atau IELTS. Kemampuan Anda akan diakui secara luas oleh semua pihak dan peluang mendapatkan pekerjaan terbaik sudah di depan mata. 

Belajar di Lembaga Kursus vs Belajar Otodidak

Sekarang bandingkan dengan misalnya Anda belajar secara otodidak. Tentu sangat melelahkan, kecuali bahwa ternyata : 

  • Anda secara alami berada di tengah-tengah komunitas penutur asli Bahasa Inggris atau menggunakan Bahasa Inggris secara massif dan terus-menerus. Secara alami, Anda akan terstimulus untuk menguasai Bahasa Inggris. Tetapi sampai kapan, itupun juga tergantung pribadi masing-masing.
  • Anda seorang yang memiliki kemampuan mengasai Bahasa asing di atas rata-rata. Dengan kata lain Anda seorang polyglot. 
  • Anda mengetahui cara belajar efektif dan efesien sehingga benar-benar menunjang visi Anda.

Jika Anda bukan seorang polyglot, dan memutuskan untuk belajar secara mandiri maka hal ini akan menjadi sangat berat karena setidak-tidaknya Anda harus : 

  1. Menentukan apa yang harus dipelajari.
  2. Menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. 
  3. Mengumpulkan dan menyeleksi bahan pembelajaran, baik dari buku maupun internet.
  4. Menyusun habit dan waktu belajar. 
  5. Mendapatkan kesulitan ketika memahami materi tertentu dan tidak ada mentor yang membantu Anda.

Selain itu juga Anda tidak akan mendapatkan bimbingan jika ingin mengambil tes TOEIC, TOEFL ataupun IELTS. Belajar mandiri juga tidak akan memberikan Anda sertifikat yang tentu saja berguna jika ingin mendaftar pekerjaan.

Cara agar bisa berbahasa inggris dengan lancar
Bahasa Inggris

Jadi cara terbaik supaya bisa berbahasa Inggris adalah dengan mengikuti program kursus. Khusus untuk Anda yang masih berstatus pelajar, mulailah serius belajar Bahasa Inggris di bangku kuliah dan kembangkan materi yang sudah didapatkan dengan mengikuti aneka channel Youtube bermanfaat, membaca bahan pembelajaran dari situs online ataupun menonton film berbahasa Inggris tanpa teks. Anda tidak perlu keluar biaya lagi jika benar-benar mampu memanfaatkan apa yang sudah diberikan oleh guru Bahasa Inggris Anda di sekolah. 

Baca juga : Ini dia Aplikasi Belajar TOEFL dan TOEIC terbaik untuk Anda. 

Resiko Mengikuti Lembaga Bimbingan Belajar Bahasa Inggris

Meski demikian, mengikuti kursus tidak serta merta menjamin Anda langsung hebat berbahasa Inggris dan jago. Ada banyak kasus ternyata hal ini juga tidak berguna : 

  • Lembaga kursus tersebut jelek dan tidak berkualitas.
  • Level atau program yang Anda ambil tidak sesuai.
  • Anda tidak serius mengikuti program yang sudah ada.
Kegagalan seseorang dalam menjadi jago bahasa Inggris juga bisa disebabkan oleh : 
  1. Kelelahan fisik dan mental karena masih harus mengikuti kegiatan lainnya.
  2. Tidak fokus.
  3. Gagal dalam memahami pelajaran yang diberikan.

Hal-hal seperti itu wajar dan cukup banyak ditemui. Bahkan ada orang yang sudah mengeluarkan investasi cukup besar untuk ikut semacam kursus sistem berasrama tetapi juga gagal mendapatkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang diidam-idamkan. 

Lantas apa solusinya? Tidak ada! Berarti Anda tidak cukup serius dengan hal itu. Atau lembaga kursus yang Anda pilih jelek dan tidak bonafid sehingga gagal memberikan apa yang Anda inginkan. 

Untuk itu, hal yang paling utama adalah benar-benar menanamkan keseriusan dalam diri sebelum membayar dan memilih program kursus Bahasa Inggris yang akan Anda ikuti. 

Baca juga : 4 Kebiasaan ini Bisa bikin Anda Lebih Cerdas!

Tips Memilih Bimbel Bahasa Inggris yang Tepat

Sekarang, jika memang Anda ingin belajar Bahasa Inggris lewat jalur bimbel, ada beberapa tips yang bermanfaat untuk Anda, antara lain : 

Pelajari Program / Paket Belajar 

Sekarang, bimbingan belajar Bahasa Inggris sudah seperti bisnis yang menggurita. Tidak hanya di kota besar, bahkan di kota-kota kecil dan pinggiran juga banyak dan mudah sekali ditemukan kursusan serupa. Untuk itu, waspadalah. Jangan sampai investasi waktu dan uang Anda terbuang percuma. Pelajari paket belajar yang ditawarkan. 

Beberapa program yang  bisa Anda tanyakan antara lain : 

  1. Placement Test.
  2. Native Teachers.
  3. Goal secara spesifik dari program pembelajaran yang ada. 
  4. Fasilitas belajar.
  5. Sumber belajar yang dipakai, misal memakai sumber dari Cambridge, NatGeo, dll.
  6. Metode Pembelajaran yang dipakai.

Cara Referensi 

Sebelum mendaftar, cobalah cari referensi yang banyak dari berbagai sumber mengenai lembaga bimbingan belajar yang ingin Anda ikuti agar nantinya tidak kecewa. Bacalah testimoni dan coba tanya ke alumni atau lulusan lembaga tersebut.  

Native Teacher

Lembaga kursus yang memiliki staff pengajar dari kalangan penutur asli memang miliki nilai lebih. Ini juga tips yang bisa Anda pakai, yaitu mencari kursusan Bahasa Inggris yang memang memiliki guru native. Meski demikian, tentu harga paket belajarnya akan berbeda dengan yang diajar oleh guru lokal. 

Baca juga ulasan kami tentang pendidikan ala Montessori secara lengkap dan menarik. 

Demikian artikel kali ini. Baca terus postingan bermanfaat lainnya dari Esai Edukasi, sahabat para guru, siswa dan orang tua dalam meraih sukses secara gemilang. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Bisa Berbahasa Inggris"

Berlangganan via Email