7 Kebiasaan Yang Membuat Anda Menjadi Tidak Produktif Di Kantor

7 Kebiasaan Yang Membuat Anda Menjadi Tidak Produktif Di Kantor

Esai Edukasi -  Apakah anda merasa mudah lelah ketika bekerja? Menjadi tidak produktif dan banyak pekerjaan terbengkalai? Kesehatan menurun dan daya fokus berkurang? Mungkin Anda harus intropeksi.

Banyak hal yang membuat seseorang menjadi cepat lelah di kantor. Ini terlepas dari beban kerja maupun waktu bekerja yang panjang.

Lalu apa penyebabnya?

7 Kebiasaan Yang Membuat Anda Menjadi Tidak Produktif Di Kantor
Tidak Produktif Di Kantor?


Ternyata semua berpangkal dari kebiasaan yang Anda lakukan. Beberapa kebiasaan buruk yang berulangkali Anda lakukan akhirnya berakibat menurunnya tingkat produktifitas Anda.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas 7 kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda merasa sangat kelelahan ketika berada di kantor. Apa saja itu?

1. Kebiasan Online Sebelum Tidur

Media sosial memang menyenangkan. Dengannya kita bisa melihat status teman kerja, stalking seseorang yang kita sukai atau sekedar bermain game bersama sesama player yang tidak kita kenal.

Namun ternyata kebiasaan online yang berlebihan, khususnya sebelum tidur menjadi alasan utama dan pertama mengapa seseorang begitu kelelahan di pagi hari.

Hal ini karena mata dan otak Anda harus bekerja ketika seharusnya beristirahat. Jam tidur Andapun terganggu. Akibatnya Anda merasa menjadi cepat lelah.

Kurangilah kebiasaan online Anda sebelum tidur. Bahkan sebaiknya Anda melakukan beberapa hal agar mendapatkan tidur yang berkualitas. (baca artikel : cara mengatasi susah tidur

2. Membiarkan Meja Kerja Berantakan

Meja kerja yang berantakan akan membuat produktifitas Anda terganggu. Bayangkan jika Anda harus membuat desain atau rancangan tetapi harus terganggu karena mencari penggaris, stabilo atau penghapus.

Untuk itu, penting bagi Anda membiasakan diri menjadi pribadi yang disiplin, termasuk soal kerapihan dan keindahan meja kerja. Terlebih jika Anda bekerja dengan seorang patner. Jangan sampai rekan kerja Anda menjadi emosi karena kebiasaan Anda yang meletakkan barang secara sembarangan.

3. Posisi Duduk Yang Salah Dan Terlalu Lama

Ini adalah hal yang sering dilupakan banyak orang. Terlalu lama duduk sangat tidak baik untuk Anda.

Hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi kaku dan bahkan menimbulkan beberapa ganguan kesehatan serius seperti obesitas, penyakit sendi dan tulang bahkan kanker. 

Kerjakan selagi bisa dan selesaikan tepat waktu. Menunda pekerjaan berarti juga menunda kesuksesan.

Juga mengenai posisi duduk Anda. Perhatikan posisi duduk Anda dan cobalah untuk mengganti posisi sesering mungkin.

Usahakan juga untuk beraktifitas fisik lainnya, seperti berjalan-jalan setelah duduk cukup lama, naik tangga hingga mungkin bersepeda ke kantor daripada menggunakan mobil. Bersepeda sendiri sudah dikenal sebagai sebuah olahraga yang mengasyikka dan menyehatkan.

(baca artikel : Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh)

4. Bergosip 

Bergosip nampaknya menjadi salah satu kebiasaan buruk bagi sebagian besar orang. Sayangnya, menyebar gosip juga menjadi salah satu kenikmatan tersendiri.

Padahal ada banyak hal negatif dari bergosip. Bahkan lebih dari itu, keranjingan bergosip adalah salah satu indikator pribadi yang tidak berkualitas.

(Baca artikel : Gosip dan Indikator Manusia Gagal)

Tidak bisa tidak, Anda harus menghindari diri dari kebiasaan yang satu ini. Selain menghambat produktifitas, juga tidak ada manfaatnya. Bukankah lebih baik jika kita fokus untuk meningkatkan kualitas diri tinimbang sibuk menebar aib orang lain?

(Baca artikel : Alasan Untuk Berhenti Mengurusi Orang Lain)

5. Menunda Pekerjaan

Hal ini juga harus dihindari. Menunda pekerjaan tidak ada manfaatnya sama sekali. Yang ada justru menambah beban di masa depan.

Biasakan untuk memiliki self-management yang baik, termasuk meng-organize semua tugas dan schedule yang ada.

Kerjakan selagi bisa dan selesaikan tepat waktu. Menunda pekerjaan berarti juga menunda kesuksesan. Sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan, bukan?

6. Tidak Disiplin Dalam Menyimpan Data

Data di masa kini adalah segalanya. Data is everything. Untuk itu Anda harus hati-hati dalam menyimpan dan menggunakannya.

Keteledoran Anda dalam menyimpan data dapat berakibat fatal. Bukan hanya produktifitas yang terganggu, namun juga karir Anda bisa dipertaruhkan.

Kenali macam-macam penyimpanan data dan simpan data dengan teratur. Silahkan baca artikel mengenai : Macam-macam media penyimpanan data.

7. Bermain Game / Chatting Online Saat Bekerja

Kepopuleran game online tidak hanya menjangkiti anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Gunakan waktu dengan bijak. Jangan buang waktu Anda dengan percuma.

Memang baik untuk bermain game sebagai sarana refreshing agar tidak jenuh. Namun terus-menerus memainkannya termasuk juga berselancar di sosial media ketika bekerja akan menghambat produktifitas Anda.

Demikian artikel dari Esai Edukasi tentang 7 kebiasaan buruk yang membuat Anda tidak produktif. Kami sarankan Anda membaca juga artikel : Alasan Mengapa Anda Sering Merasa Lesu yang membahas tuntas fenomena sering merasa lemas. 

Post a Comment

0 Comments