6 Cara Belajar Efektif Dan Efisien TERBAIK

Apakah Anda sedang mencari cara untuk belajar efektif dan efisien? Atau ingin tahu bagaimana cara belajar yang benar? Maka Anda berada di tempat yang tepat karena saat ini kami akan berbagai tips untuk bisa belajar secara tepat, efektif dan efisien.

Belajar merupakan aktivitas yang sangat fundamental untuk menentukan kesuksesan seseorang. Banyak orang gagal karena mereka tidak mengerti bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien.

Terlebih gaya belajar monoton yang masih diperagakan di sekolah-sekolah membuat aktivitas belajar menjadi membosankan, melelahkan dan kurang diminati.

tips belajar yang baik
Cara belajar yang efektif


Jikalau Anda juga merasakan hal yang sama, maka jangan khawatir, karena kini ada banyak alternatif cara belajar yang baik, efektif dan menyenangkan.

Berikut adalah cara belajar yang tepat sehingga Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga namun tetap mendapat hasil yang maksimal.


1. Tentukan Target

Inilah hal utama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai mempelajari sesuatu. Tak peduli apa yang sedang Anda pelajari, entah itu sebuah lagu klasik atau persamaan fisika, ketahui apa yang ingin Anda pelajari dengan jelas.

Dengan kata lain, Anda harus memiliki target belajar. Ini adalah gol yang harus Anda capai, jadi buatlah dengan jelas dan gamblang apa yang sebenarnya ingin dipelajari.

Jangan sampai Anda membaca belasan buku dan menyimak puluhan podcast namun tak tahu apa yang sebenarnya ingin Anda kuasai.


2. Manfaatkan Teknologi.

Setelah mengetahui dengan jelas apa yang ingin Anda kuasai, lalu tahap selanjutnya adalah mengetahui apa yang harus Anda lakukan.

Di sini Anda perlu membuat list apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda : buku, podcast, video, materi, kliping, mentor, atau kurus.

Semisal Anda ingin menguasai ilmu pengembangan diri, maka carilah buku pengembangan diri terbaik (dapatkan listnya di sinidan mulailah untuk melahapnya.

Referensi sangat penting karena dari sanalah Anda mendapatkan input pengetahuan. Jangan sampai salah dalam mendapatkan referensi atau aktivitas belajar akan sia-sia. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Anda bisa berselancar di internet untuk mendapatkan ratusan e-book, video atau tutorial yang tepat, baik yang gratis maupun berbayar.


3. Teknik Podomoro

Teknik belajar ini sangat dikenal luas dan diakui sebagai salah satu cara paling efisien untuk membantu Anda tetap fokus. Teknik podomoro juga dianggap sebagai sebuah terobosan dan cara belajar yang benar.

Pecahlah sesuatu yang ingin Anda pelajari menjadi beberapa bagian yang lebih kecil lalu pelajari setahap demi setahap.

Istirahatlah setelah durasi waktu tertentu agar energi Anda tetap terjaga. Untuk info lebih lanjut tentang teknik podomoro, silahkan kunjungi artikel berikut ini. 


4. Hanya Pelajari  yang Penting

Jangan buang waktu dengan percuma. Tetapkan apa yang harus Anda pelajari dan fokuslah pada hal itu. Berhenti untuk membaca sesuatu yang tak ada hubungannya dengan tujuan Anda, seberapapun menarik hal itu.

Untuk selanjutnya silahkan baca 7 tips meningkatkan produktivitas dengan luar cepat yang akan memberikan banyak panduan berharga untuk Anda.


5. Gunakan Jurnal

Anda butuh jurnal. Catat setiap hal penting dan menarik yang Anda temukan : kata-kata baru, situs referensi penting, hal menarik, insight dan inovasi terkini, dll.

Jurnal juga berfungsi untuk membantu Anda melihat seberapa besar kemajuan selama belajar. Ini akan sangat bermanfaat untuk menilai metode belajar yang sudah dilakukan.


6. Menguji kemampuan.

Sekarang saatnya menguji kemampuan Anda. Ada banyak cara untuk melihat seberapa besar peningkatan yang Anda capai, seperti mengikuti tes berbayar semacam TOEFL  atau TOEIC, melakukan praktek langsung hingga mendaftar kompetisi sesuai bidang yang Anda pelajari.



Itulah 6 langkah untuk membimbing Anda dalam belajar dengan sangat efektif dan efisien tanpa perlu membuang waktu dan tenaga.

Silahkan baca artikel menarik lainnya dari esai edukasi, seperti 4 kebiasaan yang akan membuat Anda menjadi lebih cerdas dan telah teruji berdasarkan penelitian terkini oleh para ahli. 

0 Response to "6 Cara Belajar Efektif Dan Efisien TERBAIK"

Post a comment

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel