10 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Sukses Di Tahun 2020

Esai Edukasi - Dunia berubah dengan cepat. Apa yang hari ini merupakan sesuatu yang baru besok pagi bisa menjadi hal yang basi dan tidak terpakai lagi. Untuk menghadapi hal ini, maka diperlukan strategi dan taktik jitu.

10 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Sukses Di Tahun 2020
10 Skill Wajib Di Tahun 2020

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan yang makin gila-gilaan ini adalah dengan meningkatkan kemampuan diri.

Namun kemampuan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan di era 4.0 seperti sekarang ini? Apakah kemampuan yang biasa diajarkan di bangku sekolah maupun universitas masih cukup mumpuni untuk menjadi bekal menghadapi kompetisi yang makin ketat?


Ternyata untuk bisa eksis ditengah kompetisi global yang makin sengit ini, ada 10 skill atau keahlian yang wajib dikembangkan.

Mengutip laporan dari World Economic Forum, untuk bisa eksis di tahun 2020, ada 10 skill yang harus segera Anda kembangkan. Apa saja itu? Kali ini Esai Edukasi akan mengupasnya satu persatu untuk Anda semua :

#10 Cognitive Flexibility

Ini adalah salah satu skill utama yang harus dimiliki setiap orang untuk bisa bersaing setidaknya di tahun 2020. Cognitive Flexibility mencakup kreatifitas, kemampuan berpikir logis dan kepekaan terhadap masalah.

Cognitive Flexibility / 10 skill yang harus dimiliki di tahun 2020
Cognitive Flexibility

Dalam persaingan yang ketat seperti sekarang, seorang harus menunjukkan dirinya sebagai pribadi yang cerdas namun juga peka, termasuk mengerti dan memahami orang lain, sadar siapa lawan bicaranya serta dengan bijak menjadi pendengar yang baik bagi siapa saja, termasuk atasan dan klien.

#9 Negotiation

Mau tidak mau, Anda harus belajar menjadi seorang negosiator yang ulung. Hal ini karena dalam salah satu kemampuan di daftar top ten skill untuk tahun 2020 adalah Negotiation.

Negotiation - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Negotiation

Negotiation di sini adalah kemampuan untuk mempertemukan beberapa keinginan dan kemudian bersama-sama mencari keputusan yang paling memuaskan semua pihak.

Baca : 7 Hal Penting Dalam Negosiasi

#8 Service Orientation

Sudah bukan jamannya lagi perusahaan bisa mempermainkan kostumer. Kini dunia sudah berubah dan pelanggan ataupun klien benar-benar adalah seorang maharaja.


Service Orientation- 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Service Orientation 
Lalu bagaimana Anda bisa memenangkan para klien Anda? Tidak bisa tidak selain dengan pelayanan maksimal. Inilah salah satu dari top ten skill pada tahun 2020 yang harus dikuasai, service orientation.

#7 Judgement and Decision Making

Semua orang adalah pengambil keputusan, setidaknya bagi dirinya sendiri. Namun dalam menentukan sebuah langkah kebijakan, ada variebal dan keterampilan yang harus dikuasai. Itulah judgement dan decision making yang oleh word economic forum dijadikan salah satu dari sepuluh skill utama di tahun 2020.

Judgement and Decision Making- 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Judgement And Decision Making

Dengan pengambilan keputusan yang tepat maka pastilah hasil kinerja menjadi maksimal. Namun visi dalam mengambil kebijakan ini haruslah berfokus tidak hanya pada keuntungan sesaat tetapi keberlanjutan yang baik. 

#6 Emotional Intelligence

Memiliki pengetahuan yang bersifat koginitif maupun teoritik sangatlah penting, namun mempunyai keterampilan dala mengolah emosi juga tidak boleh disepelekan.

Emotional Intelligence - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Emotional Intelligence 

Berdasarkan hal ini pula, maka Forum Ekonomi Dunia menetapkan emotional intelligence sebagai salah satu dari daftar top ten skills untuk 2020.

Dalam persaingan yang ketat seperti sekarang, seorang harus menunjukkan dirinya sebagai pribadi yang cerdas namun juga peka, termasuk mengerti dan memahami orang lain, sadar siapa lawan bicaranya serta dengan bijak menjadi pendengar yang baik bagi siapa saja

#5 Coordinating with Others

Bukan sekedar bekerja sama, coordinating with others juga termasuk berkolaborasi dengan sesama maupun anggota tim lain, memahami karakter orang lain dan juga memiliki visi yang jelas untuk bersama-sama menuju tujuan.

Coordinating with Others - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Coordinating With Others

Tanpa memiliki kemampuan bekerja secara tim, maka rasanya akan sulit bagi Anda untuk tetap eksis di tengah kompetisi yang makin ketat.

#4 People Management

Jika Anda menganggap bahwa hanya HRD, supervisor dan manajer yang harus memiliki skill ini, maka salah besar.

People Management - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
People Management

People management wajib dimiliki siapa saja yang ingin eksis di tengah kompetisi yang makin ketat ini. Skill ini termasuk kemampuan memotivasi orang lain, membangun tanlenta dan passion rekan kerja.


#3 Creativity

Creativity mutlak harus dimiliki. Namun pertanyaan klasiknya, apakah seseorang memiliki jiwa kreatif sebagai sebuah hadiah atau hal ini bisa dipelajari? (Temukan jawabannya di artikel : Menjadi Insan Kreatif Hanya Dengan 9 Langkah)

Creativity - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Creativty

Dalam dunia yang makin kompetitif, Anda dituntut untuk senantiasa kreatif. Asahlah diri agar dapat memaksimalkan semua potensi serta kembangkanlah semangat ingin tahu yang besar. Dua hal itu dipercaya dapat meningkatkan kreatifitas dengan lebih baik. 

#2 Critical Thinking

Critical Thinking tidaklah mudah. Anda harus bisa memandang sebuah masalah secara keseluruhan, bukan bagian kecil yang terlihat.

Critical Thinking - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Critical Thinking

Walau terdengar tidak gampang namun skill ini wajib Anda miliki untuk bisa eksis di dunia yang makin kompetitif ini.

#1 Complex Problem Solving

Untuk bisa mendapatkan skill ini, maka satu-satunya jalan adalah dengan menghadapi semua masalah yang ada, bukan menghindar. Karena hanya dengan itu keterampilan kita menyelesaikan problem menjadi makin terasah.

Complex Problem Solving - 10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2020
Complex Problem Solving

Complex problem solving juga menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi siapa saja dan dimana saja karena hal ini menuntut seseorang untuk berpikir secara lebih dalam namun cepat. Bijak namun efektif.

Dalam dunia yang makin kompetitif, Anda dituntut untuk senantiasa kreatif. Asahlah diri agar dapat memaksimalkan semua potensi serta kembangkanlah semangat ingin tahu yang besar

Demikianlah artikel kali ini tentang 10 skill yang harus dikuasai untuk tetap eksis di tahun 2020. Baca terus tulisan menarik dari Esai Edukasi, termasuk mengapa Anda sering merasa tidak produktif di tempat kerja. Tanpa disadari hal ini akan berakibat fatal bagi karir Anda.

Post a Comment

1 Comments

  1. Sangat bermanfaat
    Di perusahaan cv. Hutama logam jaya sudah mulai menerapkan beberapa poin di atas.

    Customer scaffolding adalah raja, kami hitungkan kebutuhan ringlock, bekisting anda.

    Salam,
    Subkon bekisting
    089503458224

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)