4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Bisnis Online

4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Bisnis Online

Bisnis online adalah suatu kelanjutan dari bisnis konvensional dengan menggunakan internet sebagai tempat untuk menjual barang dan jasa kepada masyarakat.

Bisnis online semakin hari semakin marak di tengah masyarakat, bahkan sudah sudah menjadi gaya hidup yang tidak terpisahkan.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan memberikan rahasia untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis online hanya dengan 4 langkah mudah.

Dengan 4 langkah mudah tersebut, maka bisnis online Anda akan melesat dan tentu saja pada akhirnya memberikan keuntungan berlimpah.

rahasia untuk mengembangkan bisnis online
Rahasia Meningkatkan Bisnis Online

Sudah menjadi suatu fakta bahwa telah terjadi perubahan kultur bisnis di dalam masyarakat kita, dari bisnis konvensional menjadi bisnis online.

Ini semua tak lain karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat yang makin mudah mengakses internet melalui gadget mereka. Selain itu menjamurnya market place juga bisa menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat bisnis online menjadi lebih berkembang hari demi hari.

Walau begitu, nyatanya banyak orang atau pelaku bisnis yang kurang memahami cara-cara untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis online mereka. Padahal hal itu sangatlah penting untuk dilakukan.

Lalu apa saja rahasia meningkatkan bisnis online yang harus Anda ketahui tersebut? Dalam artikel kali ini Esai Edukasi akan membahas 4 cara untuk meningkatkan bisnis online Anda agar dapat berkembang dengan pesat sehingga menghasilkan pendapatan yang maksimal.

Apa saja keempat cara untuk mengembangkan bisnis online tersebut? Berikut daftarnya untuk Anda.

[Tips Meningkatkan Bisnis Online | Mengembangkan Bisnis Online Secara Maksimal]

1. Website Profesional

2. Marketing Dan Promosi

3. Hargai Pelanggan Loyal 

4. Transaksi Ekonomi Yang Mudah 

Itulah keempat rahasia untuk dapat meningkatkan penjualan dan bisnis online Anda menjadi lebih maksimal. Adapun untuk penjelasan lebih detail, silahkan baca ulasan berikut.



Sebuah Website Profesional


Sebagai seorang pebisnis online, tentu Anda sangat bergantung dengan internet. Walau tentu saja kata bergantung di sini sangat luas maknanya, namun mari kita samakan persepsi jika internet beserta dunia maya dan netizen calon pembeli Anda adalah tulang punggung bisnis Anda, bukan?

Pada dasarnya bisnis online hanyalah perkembangan dari bisnis konvensional dengan campur tangan internet. Bisa berupa penggunaan market place seperti tokopedia, JD id, Shopee, atau yang lain. Bisa pula berupa sosial media seperti instagram atau facebook. Apapun media tempat Anda memakerkan produk dan jasa Anda, semua itu adalah pilihan.

Namun jika Anda benar-benar ingin meningkatkan penjualan online secara massif dan luar biasa, maka inilah rahasia pertama yang harus Anda lakukan : buatlah sebuah website profesional.

Mengapa Harus Memiliki Sebuah Website Profesional?


Menjalankan bisnis Anda hanya dari marketplace atau sosial media saja tidaklah cukup. Ini karena di marketplace atau sosial media tidak memiliki cukup banyak ruang untuk menjelaskan secara terperinci mengenai produk dan jasa Anda.

Selain itu menjalankan bisnis online dari marketplace dan sosial media saja sangat rentan, karena pada dasarnya di sana Anda hanya 'menumpang'. Lain halnya jika memiliki sebuah website profesional.

Jika dianalogikan, marketplace dan sosial media hanyalah lapak, sedang memiliki sebuah web profesional layaknya memiliki pasar / mall.

Tentu masih banyak alasan lain yang membuat Anda harus membuat sebuah web profesional untuk meningkatkan bisnis online dengan maksimal. Namun nampaknya alasan-alasan di atas seharusnya cukup mampu memberi gambaran pentingnya membuat sebuah situs profesional untuk mengembangkan bisnis online Anda dan meningkatkan keuntungan dengan lebih baik lagi.

Apa Yang Akan Anda Lakukan Dengan Itu?


Dengan memiliki situs profesional tentu saja ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Pertama tentu saja sebagai sebuah etalase digital untuk memamerkan produk secara online.

Selain itu sebuah web profesional juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan Anda. Bahkan sekarang bertransaksi langsung di web bukan merupakan hal yang mustahil.

Tips Membuat Sebuah Website Profesional

Ada banyak tips untuk membuat sebuah website profesional. Anda bisa meminta jasa seorang web developer atau belajar secara otodidak. Apapun itu pastikan bahwa website itu benar-benar membantu bisnis online Anda untuk berkembang. Di bawah ini, Esai Edukasi akan berbagi tips untuk membuat sebuah web profesional

Pastikan di dalam web tersebut mencantumkan beberapa elemen berikut : nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda secara benar. Lengkapi pula dengan cara paling mudah untuk memesan atau menghubungi Anda.

Letakan foto / gambar / video dari produk-produk yang Anda jual dengan kualitas tinggi (high definition) dan beri watermark jika perlu.

Tuliskan pula video testimoni / artikel dari pelanggan yang pernah memakai produk Anda.

Pastikan Anda memiliki sebuah website yang bersih, jelas, dan eyecatching. Hindari tata letak yang terlampau ramai.

Hubungkan website dengan semua akun sosial media populer yang Anda miliki.

Tambahkan kolom artikel untuk mengedukasi masyarakat sekaligus secara tersirat /tersurat memasarkan produk dan jasa Anda.

Pastikan website Anda memiliki pertahanan yang cukup baik terhadap virus.



Marketing Dan Promosi


Inti dari pemasaran atau marketing adalah bagaimana memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat dengan baik dan efisien agar nantinya diharapkan calon pelanggan tertarik dan membeli barang yang kita jual.

Sebagus apapun suatu produk atau jasa namun jika tidak dipasarkan dengan baik maka sia-sia. Setidaknya tidak akan berkembang atau bahkan mati. Itulah pentingnya marketing yang baik.

Mengapa Harus Memiliki Konsep Marketing Dan Promosi Yang Matang?


Marketing di era digital seperti sekarang memiliki tantangannya tersendiri? Lalu bagaimana cara marketing yang tepat di era industri 4.0 untuk dapat meningkatkan bisnis online yang kita miliki?

Inti dari marketing sendiri adalah suatu upaya untuk mempromosikan apa yang dijual kepada para calon pelanggan.

Semua itu dimulai dari suatu konsep yang matang. Tanpa konsep marketing yang tepat, suatu bisnis online atau bisnis apapun tidak akan berkembang dan bahkan akan mati dengan sendirinya.

Konsep marketing yang matang berarti adalah sebuah perencanaan yang sistematis dan efisien agar biaya bisa ditekan hingga sekecil mungkin namun dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagaimana cara untuk meningkatkan bisnis online Anda? Salah satunya dengan marketing yang baik. Lakukan promosi yang benar agar bisnis online Anda berkembang. Dan tentu saja ini berbeda dengan bisnis konvensional.

Apa Yang Harus Dilakukan?


Lalu apa yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan bisnis online? Intinya Anda harus melakukan proses marketing yang benar dan efektif. Dalam upaya untuk meningkatkan bisnis online yang Anda miliki, berikut adalah cara marketing dan promosi yang harus dilakukan :

Promosikan barang Anda di semua sosial media.

Jika ada budget, bekerjasamalah dengan seorang influencer atau publik figur.

Gunakan jasa blogger untuk mereview produk Anda.

Cobalah menggunakan fb ads dan google adwords.

Jika dimungkinkan, milikilah tim marketing yang fokus mengurus akun sosial media Anda.

Miliki akun Linkedln dan hubungkan dengan situs bisnis online Anda.

Buatlah channel di Youtube atau Tiktok jika perlu.

Sebagus apapun suatu produk atau jasa namun jika tidak dipasarkan dengan baik maka sia-sia. Setidaknya tidak akan berkembang atau bahkan mati. Itulah pentingnya marketing yang baik.

Tips untuk melakukan promosi yang efektif

Buatlah anggaran dana yang rasional

Bekerja-samalah dengan blogger untuk mempromosikan produk Anda secara 'halus', yakni melalui content placement.

Mintalah seseorang yang memahami internet marketing dan copywriting untuk membuat beberapa artikel tentang produk Anda dan meletakkannya di postingan blog.

Foto adalah segalanya. Jangan pernah pasang foto jelek.

Pelajari teknik personal branding.

Berlanggananlah layanan email marketing.

Jangan mudah menyerah.



3. Hargai Pelanggan Loyal


Pelanggan adalah segalanya. Mereka adalah sumber pemasukan sekaligus sarana marketing paling efektif melalui mouth to mouth. Untuk itu penting bagi Anda memahami cara menghargai pelanggan setia Anda.

Mengapa Hal ini Harus Dilakukan?


Tujuan Anda sebenarnya bukan hanya mempertahankan pelanggan setia Anda, namun membuat mereka sukarela mempromosikan barang yang Anda jual. Jadi skemanya adalah :

calon pelanggan-pelanggan-pelanggan loyal-sarana promosi

Insight : 

Indonesia memiliki pertumbuhan e-commerce yang sangat besar dan potensial. Data dari Euromonitor mengungkapkan bahwa penjualan dan transaksi dari bisnis online di Indonesia sudah mencapai US$ 1.1 miliar.

Sedangkan Biro Pusat Statistik merilis fakta bahwa dalam 10 tahun terakhir ini usaha bisnis online di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga 17%.  Dari itu semua, diperkirakan para milenial merupakan motor penggerak bagi meningkatnya bisnis online dan e-commerce.

Data dari Indonesia Millenial Report 2019, anak muda sekarang ini sangat suka mencari perbandingan harga, fitur dan promo sebelum membeli.

Anda bisa menggunakan semua data dan fakta tersebut untuk membantu meningkatkan inovasi bagi bisnis online Anda.

rahasia mengembangkan bisnis online
Perkembangan Bisnis Online

Apa Yang Harus Dilakukan?


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan loyal Anda dan mendapatkan pelanggan baru. Dalam bisnis online atau e-commerce, hal ini wajib dipikirkan masak-masak mengingat saingan Anda pasti juga melakukan hal yang sama.

Lalu apa yang harus dilakukan?


Berilah diskon. Ada beberapa macam diskon, seperti buy 1 get 1 free, atau memberikan potongan harga pada momen tertentu, dll. Pastikan Anda sudah memikirkan ini masak-masak.

Buat komunitas atau group. Anda bisa melakukannya di situs ataupun facebook. Dari situ Anda bisa memberikan berbagai kemudahan untuk orang-orang yang bersedia masuk menjadi group Anda.

Berikan voucher / souvenir untuk pembelian tertentu. Pastikan voucher tersebut cukup menarik untuk pelanggan Anda menyadari bahwa mereka dihargai.

Kirimi ucapan terimakasih kepada mereka pada momen tertentu, seperti Natal, Tahun Baru atau ulang tahun mereka. Hal ini akan membuat mereka sangat dihargai.

Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan Loyal

Buatlah fanspage di facebook dan kelola dengan baik. Beri lencana untuk pelanggan loyal Anda.

Berinteraksilah dengan para pelanggan menggunakan bahasa yang baik, ramah namun tetap persuasif.

Buatlah situs profesional yang baik dan isi dengan aneka konten menarik. Dengan artikel yang baik dan edukatif, orang akan tertarik untuk mengunjungi bisnis online Anda. Konten juga merupakan salah satu penyokong utama dari e-commerce.

Anggarkan diskon atau suvenir untuk pelanggan loyal Anda.

Tingkatkan mutu produk dan kualitas layanan.



4. Transaksi Digital Yang Mudah


Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya transaksi menggunakan uang tunai semakin menurun. Justru yang ada adalah transaksi memakai uang digital yang semakin menarik bagi masyarakat.

Lantas mengapa Anda tidak menggunakan transaksi digital dan e-money untuk mempermudah masyarakat membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan?


Mengapa Hal ini Harus Dilakukan?


Jika ingin meningkatkan bisnis online, maka kata kuncinya adalah mudah, cepat dan bagus. Anda harus membuat bisnis online Anda sedemikian mudah bagi pelanggan maupun calon pelanggan, termasuk dalam hal pembayaran transaksi.

Transaksi online diperkirakan akan meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi dan jaman. Uang fisik masih tetap akan dipakai namun uang digital akan semakin populer. Di sinilah Anda harus menggunakan keduanya. Jangan sampai Anda kalah langkah dengan kompetitor Anda.

Apa Yang Harus Dilakukan?


Tentu saja Anda harus melengkapi bisnis online dan e-commerce Anda dengan hal ini. Bekerja samalah dengan layanan pembayaran online atau e-money untuk bisa menghubungkan bisnis Anda dengan para pelanggan. Mudahkan mereka untuk melakukan transaksi dan membeli produk Anda tanpa harus pergi ke bank atau ATM.

Tips Untuk Menggunakan E-money

Jaga kerahasiaan password dan data akun Anda.

Bekerjasamalah dengan beberapa provider penyedia layanan uang digital, jangan hanya satu. Pastikan Anda memahami semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cantumkan di situs dan sosial media bahwa bisnis online Anda menerima pembayaran uang digital.



Kesimpulan   


Dari bahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa :

Bisnis online sangat bergantung dari internet.

Untuk meningkatkan bisnis online, maka Anda harus membuat sebuah web / situs profesional

Buatlah konsep promosi yang matang, efisien, inovatif dan variatif, seperti memakai google adwords, fb ads, content placement, dll.

Berikan reward kepada pelanggan untuk menjaga loyalitas mereka.

Pakailah layanan transaksi digital dengan menggunakan e-money.

Jangan menyerah berusaha.

bagaimana cara menjadi kaya dengan bisnis online?
Sukses Dengan Bisnis Online


Demikianlah artikel tentang 4 cara untuk meningkatkan bisnis online Anda. Baca terus tulisan bermutu lainnya dari Esai Edukasi, blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri yang senantiasa memberikan berbagai info, inovasi dan tutorial bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments