Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Nadiem Makarim, Bos Gojek yang jadi Menteri Pendidikan

Salah satu sosok paling fenomenal dan mencuri perhatian dalam Kabinet Kerja jilid 2 Presiden Jokowi adalah Nadiem Makarim, sang Menteri Pendidikan.


Profil dan biografi Nadiem Makarim- esaiedukasi.com
[Profil dan biografi Nadiem Makarim | Sumber ]

Seperti apa kisah masa kecil Nadiem hingga jejak langkahnya dalam sebagai pendiri Gojek? Apapula yang melandasi alasan dari keputusan Presiden Jokowi menunjuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbud yang baru?

Keluarga Nadiem Makarim

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim - esaiedukasi.com
[Franka Franklin, istri Nadiem Makarim | sumber]


Nadiem Makarim ternyata lahir di Singapura, 4 Juli 1984. Ayahnya bernama Nono Anwar Makarim yang dikenal sebagai seorang pengacara dari Pekalongan. Sedangkan sang ibu bernama Atika Algadrie dari Pasuruan, Jawa Timur. Pria berzodiak Cancer ini punya dua saudara perempuan.

Nadiem Makariem menikah pada tahun 2014 dengan Franka Franklin, yang kini juga dikenal sebagai pebisnis wanita. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Solara Franklin Makarim.

Riwayat Pendidikan

Nadiem Makarim sekolah di Harvard - esai edukasi
[Harvard, kampus Nadiem Makarim | Sumber]


Nadiem bersekolah SD di Jakarta. Ia kemudian melanjutkan sekolah ke Singapura. Setelah itu ia meneruskan studinya di International Relations di Brown University, Amerika Serikat untuk tingkat S-1. Sedangkan gelar MBA didapat dari Master of Business Administration dari Harvard Business School

Karir dan Prestasi Nadiem Makarim

Nadiem Makarim Pendiri Gojek | Esaiedukasi.com
[Nadiem Makarim Pendiri Gojek | Sumber]

Nadiem Makarim diketahui pernah bekerja di Mckinsey Company, sebuah konsultan terkenal di Jakarta selama tiga tahun.

Dia juga sempat mencicipi menjadi Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation Officer kartuku.

Bosan bekerja di perusahaan orang lain, ia akhirnya mendirikan Gojek. Pada saat itu jumlah pegawai Gojek sangat terbatas dan drivernya hanya 20 orang. Tetapi hanya dengan waktu yang sangat cepat, start-up tersebut melesat menjadi salah satu perusahaan raksasa di tanah air.

Seusai gelaran pemilu 2019 dan keberhasilan Joko Widodo mempertahankan kursi petahana, Nadiem Makarim mendadak melesat namanya. Ia dipilih untuk jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru menggantikan Muhajir Efendi.

Tentu ada banyak tantangan yang harus dihadapi dunia pendidikan Indonesia dan semua itu tak akan selesai dalam waktu cepat hanya oleh Nadiem Makarim seorang. Dukungan dari seluruh warga bangsa dibutuhkan demi tercapainya pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.
Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Biografi Nadiem Makarim, Bos Gojek yang jadi Menteri Pendidikan"

Berlangganan via Email