Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pre Test dan Post Test, Pengertian, Tujuan serta Perbedaannya

Pre test dan post test merupakan dua sarana untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman peserta didik. Meski demikian, kedua istilah tersebut memiliki definisi, tujuan dan tentu saja perbedaan masing-masing.

Lantas apa itu pre test dan post test? Apa tujuannya? Bagaimana dampak pelaksanaan kedua aktivitas itu bagi kesuksesan pembelajaran?

Pre Test 

Pre test adalah serangkaian atau sebuah tes atau ujian yang diberikan kepada peserta didik di awal pembelajaran maupun aktivitas tertentu. 

Misalkan, hari ini siswa akan mempelajari unit yang baru, maka guru memberikan tes di awal untuk dikerjakan. 

Tujuan dari pre test adalah sebagai sarana evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai suatu materi yang akan diajarkan. Materi dalam pre test bisa mencakup pengetahuan atau informasi dari unit sebelumnya yang berkaitan dengan unit yang akan diajarkan tersebut.

Dengan mengetahui pengetahuan dan pemahaman awal dari peserta didik, guru bisa menyusun strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi agar lebih efektif. 

perbedaan pre test dan post test
pre test dan post test

Post Test

Post test adalah serangkaian atau sebuah tes maupun ujian yang diberikan kepada siswa setelah suatu materi selesai diajarkan. 

Misalkan, setelah mempelajari bab pecahan, guru memberikan tes yang berisi materi dan soal-soal terkait unit tersebut kepada siswa untuk dikerjakan. 

Tujuan dari post test adalah sebagai sarana evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja diajarkan. Dengan hal tersebut, guru bisa menilai apakah perlu mengulang, melakukan pengayaan atau berpindah ke materi selanjutnya. 

Hasil post test juga bisa dijadikan sarana pertimbangan atau evaluasi apakah cara dan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah tepat atau belum. 

Perbedaan Pre Test dan Post Test 

Perbedaan pre test dan post test terletak pada waktu pemberian serta tujuan. Pre test diberikan sebelum memasuki bab yang baru, post test diberikan setelah siswa mempelajari suatu materi. 

Sedang dilihat dari tujuannya, pre test bertujuan mengetahui informasi yang dimiliki siswa terhadap suatu materi yang akan diajarkan. Sedang post test bertujuan mencari tahu bagaimana pemahaman siswa akan suatu materi yang sudah diajarkan. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Pre Test dan Post Test, Pengertian, Tujuan serta Perbedaannya"