Ubah Gaya Hidup Anda - 17 Hal Yang Dilakukan Orang Sukses

Percaya atau tidak bahwa beberapa orang sukses memiliki kesamaan. Apa itu? jawabannya adalah gaya hidup.

Dengan mempelajari dan mengadopsi gaya hidup dari orang-orang itu bukan tidak mungkin akan juga mengubah Anda menjadi orang sukses.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi sebagai blog pendidikan-parenting-pengembangan diri akan membahas tuntas bagaimana mengubah gaya hidup akan membuat Anda menjadi sosok yang sama sekali baru dari Anda sebelumnya.

17 hal yang dilakukan orang sukses / esaiedukasi.com
Ubah Gaya Hidup Anda


1. Perhatikan Penampilan


Apakah Anda seorang yang tidak terlalu memperhatikan penampilan? Suka berpakaian seadanya dan jarang mengikuti saran fashion yang baik? Maka Anda harus berubah sekarang juga. Ini kunci pertama, perhatikan penampilan.

Kalimat don't judge the book from its cover memang benar, namun hanya sedikit orang yang tidak memperhatikan penampilan. Mengapa? Karena itulah yang paling mudah! Kebanyakan orang menilai dari penampilan.

Ini bisa menjadi hal yang buruk bagi Anda kecuali memang Anda tidak butuh untuk bersosialisasi atau.... Anda adalah seorang yang sudah sukses sehingga ke kantr dengan piyama dan sandalpun tak ada yang protes.

Namun jika Anda sedang dalam proses untuk mencapai impian dan membutuhkan orang lain (bos, klien, karyawan, relasi), maka wajib untuk memperhatikan penampilan dan pakaian.

Kata kunci yang pertama adalah RAPI. Itu hal utama yang perlu dipegang. Seseorang dengan penampilan rapi memberi kesan baik, menarik, bertanggung jawab, dan profesional.

Kata kunci lainnya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan selera, kondisi maupun aturan yang ada. Lantas, bagaimana cara berpenampilan rapi?

Apakah harus dengan outfit dari merk terkenal dan mahal? Haruskah selalu mengikuti trend fashion? Tidak perlu terlalu dalam terjebak dengan perdebatan mengenai penting tidaknya fashion,  cukup dengan tampil rapi itu sudah akan memberi kesan menarik dari rekan atau relasi Anda.

Selalu ada cara untuk mendapatkan sesuatu dengan lebih murah. Pelajari hal itu. Dengan begitu Anda akan melatih diri untuk lebih cermat dan bijak dalam memanfaatkan peluang. 

2. Jangan Fokus Pada Merk


Benar bahwa merk itu sangat penting. Seperti dilansir dari BrandMagging, sebuah brand akan mewakili banyak hal, termasuk kualitas. Namun jika bisa mendapatkan barang dengan nilai yang sama dan kualitas yang tidak terlampau jauh namun harga lebih murah, maka akan kembali muncul pertanyaan : 'apakah merk itu penting?'

Jika Anda sedang mendaki puncak kesuksesan, maka kunci kedua adalah jangan jadi budak merk. Jangan terlalu tergantung pada brand tertentu. Jadilah dinamis.

Perbanyak referensi tentang berbagai produk dari pabrikan lain. Cari review yang trusted dari pengguna lain. Perluaslah wawasan.

Satu hal lagi, belilah sesuatu karena Anda membutuhkannya atau suatu saat akan membutuhkannya. Perhatikan kualitas dan usia pakai dari barang tersebut. Ini akan melatih sikap teliti sebelum membeli.

3. Carilah Diskon / Promo


Kompetisi niaga dewasa ini semakin sengit. Merk baru muncul setiap harinya. Hal itu sebenarnya memberikan beberapa dampak positif, salah satunya adalah diskon. 

Selalu ada cara untuk mendapatkan sesuatu dengan lebih murah. Pelajari hal itu. Dengan begitu Anda akan melatih diri untuk lebih cermat dan bijak dalam memanfaatkan peluang.

4. Konsumsi Makanan Sehat


Untuk bisa mencapai kesuksesan, maka Anda butuh tubuh yang bugar. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Perhatikan apa yang Anda konsumsi. Semuanya itu akan menentukan kondisi kesehatan dan bahkan kejiwaan.

Mengutip dari Tung Desem Waringin, makanan sehat haruslah mampu menunjang kinerja. Anda bisa membaca dari berbagai referensi mengenai makanan sehat yang bisa menunjang produktivitas.

5. Berolah Raga Teratur


Berolah raga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap pada kondisi prima. Tubuh yang sehat dan bugar akan menunjang dalam melakukan berbagai aktivitas.

Tak peduli seberapapun sibuknya, orang sukses tetap akan menyempatkan waktu untuk berolah raga. Andapun harusnya demikian. Cobalah olahraga yang ringan namun teratur.

Jika memungkinkan Anda bisa menyewa jasa seorang coach untuk membantu mengoptimalkan kebugaran fisik.

6. Bangun Pagi

Bangun pagi akan membuat Anda lebih baik
Biasakan untuk selalu bangun pagi

Tahukah Anda jika Sallie Krawcheck, co-founder Ellevest bangun sebelum pukul 4? Sedangkan Tim Cook bahkan hampir selalu bangun pagi pukul 3:45. Opprah Winfrey, Michelle Obama dan Bill Gates juga selalu bangun pagi.

Seperti ditulis oleh CNBC, itu hanyalah segelintir dari banyaknya orang hebat yang memilih memulai hari sepagi mungkin. Ini gaya hidup yang harus Anda contek berikutnya dari para orang sukses, yakni bangun bagi.

7. Tidur Cukup

Untuk mencapai target yang diinginkan, maka Anda perlu tidur cukup. Ini sangat penting tidak hanya untuk jasmani, namun juga kinerja otak dan menjaga semangat Anda tetap dalam kondisi baik.

Tidur malam cukup akan membantu Anda untuk mendapatkan waktu cukup merefresh kembali energi dan pikiran. Hasilnya, ketika di pagi hari, Anda akan lebih baik untuk menjalani aktivitas.

8. Banyak Membaca

Membaca juga adalah salah satu kebiasaan sukses dari para pesohor dan orang hebat. Jika tidak percaya, silahkan baca daftar menarik berikut ini :

Warren Buffett menyediakan waktu lima hingga enak jam sehari untuk membaca koran atau laporan bisnis.

Bill Gates membaca 50 buku setahun.

Mark Zuckerberg membaca setidaknya satu buku untuk setiap dua minggu.

Elon Musk membaca dua buku sehari.

Mark Cuban memiliki waktu khusus setidaknya 3 jam untuk membaca.

Arthur Blank, co-founder Home Depot, punya waktu khusus 2 jam untuk membaca.

Billionaire David Rubenstein melahap enak buku dalam waktu seminggu.

Jika Anda ingin masuk ke dalam daftar orang sukses berikutnya, maka membacalah! Sediakan waktu khusus untuk melahap buku yang sudah Anda pilih. Membaca dan perluas wawasan Anda!

9. Selalu Update

Di jaman yang serba cepat ini, hanya mereka yang mau terus berkembang yang bisa bertahan. Maka jika seseorang ingin tetap survive, selalu mengikuti perkembangan jaman bukan lagi pilihan, tetapi keharusan.

Sudah banyak contoh bagaimana perusahaan yang pernah besar di masanya kini lenyap tak bersisa. Mereka semua punya satu kesamaan, yakni tak mampu mengejar perkembangan teknologi.

Salah satu cara untuk selalu update adalah dengan membaca blog Esai Edukasi yang rutin mem-post konten bermanfaat di bidang pendidikan, parenting dan pengembangan diri.

10. Hindari Toxic Friends

Toxic Friends adalah salah satu hal wajib yang harus dihindari. Tidak ada satu keuntungan apapun yang bisa didapatkan dari jenis rekan seperti ini. Justru yang ada Anda harus selalu waspada.

Jangan pernah menjadi bagian dari kumpulan orang-orang toksik. Mereka akan mengajak Anda untuk mengumpat bos, mengkritisi kebijakan perusahaan tanpa memberi usulan atau bahkan menjatuhkan orang lain.

Untuk menambah wawasan, silahkan baca artikel kami berjudul Tips Menghadapi Teman Toxic.

11. Jaga Pikiran Tetap Positif

Gaya hidup yang sehat akan membuat hidup menjadi lebih bahagia. Kesehatan bukan hanya tentang jasmani, tetapi juga pikiran.

Salah satu cara untuk menjaga pikiran tetap sehat adalah dengan selalu berupaya berpikir positif. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Jangan memikirkan suatu masalah secara berlebihan.

Cari hal positif dari setiap masalah yang ada.

Fokuslah pada cara penyelesaiannya, bukan masalah itu sendiri.

Buat daftar playlist musik yang bisa menenangkan pikiran Anda.

Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki pikiran positif.

Baca juga artikel kami sebelumnya tentang cara terbaik agar tetap fokus. 

12. Milikilah Visi

Tulis dan yakini visi Anda.
Visi akan menentukan arah hidup

Visi adalah sesuatu yang sangat pentng bagi orang sukses. Mereka selalu tahu arah dan tujuan dari perjalaanan yang mereka tempuh. Seharusnya Andapun demikian.

Milikilah goal dalam hidup Anda. Tulis semua itu dan rancang strategi untuk menuju ke sana. Dengan kata lain, milikilah visi.

Banyak orang tidak menyadari visi mereka. Padalah mengenali visi diri sendiri adalah hal pertama sebelum melangkah lebih jauh. Dan hal ini juga berlaku dalam semua bidang ; hubungan personal, pendidikan maupun bisnis.

13. Tulis Rencana

Salah satu hal yang membedakan antara orang yang berhasil dengan mereka yang gagal adalah : strategi.

Orang sukses selalu menyempatkan waktu menyusun rencana agar waktu dan pikirannya tidak terbuang percuma. Contohlah mereka, buatlah rencana.

Anda bisa melakukannya di malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum memulai aktivitas. Jadikan itu kebiasaan atau bahkan ritual pagi pribadi Anda sebelum mulai bekerja.

14. Menabung dan Investasi


Selalu bagi pendapatan bulanan Anda dan alokasikan sebagian untuk disimpan. Jadikan menabung dan berinvestasi sebagai gaya hidup.

Menabung bukan hanya akan membantu Anda ketika masa-masa sulit tiba, namun juga akan meningkatkan portofolio Anda di mata bank dan lembaga keuangan.

Selain itu, menabung dan investasi akan melatih diri Anda untuk menjadi lebih bijak dalam mengelola aset dan keuangan.

15. Jangan Hedonis


Jangan boros. Jangan beli yang tak perlu. Hindari hal-hal yang berbau hedonisme. Aset Anda masih terbatas dan jalan Anda masih sangat panjang. Jangan sampai gaya hidup hedonisme akhirnya membawa Anda pada tragedi finansial, yaitu hutang demi menjaga gengsi dan memuaskan hasrat konsumerisme.

16. Meningkatkan Skill

Inilah yang harus menjadi gaya hidup Anda, yakni keinginan untuk meningkatkan skill. Orang yang sukses justru orang yang haus untuk belajar.

Cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru dan beri target serta waktu yang cukup. Bisa kemampuan koding, berbahasa asing, akuntansi, memasak, fotografi atau public speaking.

Untuk membantu Anda, kami sarankan membaca artikel berikut yang membahas tuntas skill apa yang dibutuhkan di tahun 2020 versi World Economic Forum.

17. Berintegritas

Berintegritas berarti melakukan apa yang dikatakan. Hindari kalimat-kalimat muluk-muluk namun sulit untuk dilakukan. Sebaliknya Anda harus tahu bahwa ciri orang sukses adalah integritas yang tinggi.

Dengan menjadi pribadi yang berintegritas, Anda memberi kesempatan pada orang lain untuk percaya pada Anda. Dalam bisnis, kepercayaan adalah sesuatu yang maha penting.

Bagaimana mungkin orang-orang percaya pada seseorang yang kasar, plin-plan, manipulatif, memiliki kehidupan pribadi yang kacau dan suka melanggar aturan? Tidak mungkin. Untuk itu pentingnya menjaga integritas agar mampu meningkatkan kepercayaan orang pada Anda.



Itulah 17 hal yang harus Anda terapkan agar menjadi pribadi yang hebat. Tidak masalah jika semua terasa berat, mulailah dari yang paling mudah namun kerjakan dengan rutin. Perubahan tidak datang dalam sekejap. Begitupula dengan kesuksesan.

Post a Comment

0 Comments