Widget HTML #1

9 Cara Untuk Tetap Produktif Ketika Liburan

Berlibur Dan Tetap Produktif - Libur panjang merupakan hal yang sangat dinanti semua orang. Ada banyak cara dalam mengisi liburan, antara lain dengan berkunjung ke tempat wisata, menginap di hotel, pergi ke luar negeri. Sedangkan beberapa orang memilih untuk tetap produktif.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan 9 hal yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan sambil tetap produktif.

Mempelajari Skill Baru

Sebenarnya waktu liburan yang panjang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan keahlian dan berbagai keterampilan. Baik yang sudah Anda kuasai maupun yang hal baru yang ingin dicoba.

Agenda kerja yang padat tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukannya, oleh karena itu kenapa tidak berlibur sambil mempertajam skill dan menambah keterampilan baru?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Antara lain :

  • Mengikuti kursus baik gratis maupun berbayar.
  • Mendaftar ke sebuah klub.
  • Membaca tutorial.
  • Menyewa seorang mentor / pelatih pribadi.
  • Menambah Wawasan
  • membaca buku menambah wawasan / esai edukasi
  • Membaca menambah wawasan

Liburan juga bisa menjadi momen yang tepat untuk menambah wawasan Anda. Mengapa tidak membeli beberapa majalah sains populer atau mempelajari obyek tertentu yang menarik perhatian Anda, semisal sejarah dunia ataupun situasi ekonomi tertentu. Lumayan menarik bukan, daripada tidur seharian?

Anda bisa memulainya dengan berkunjung ke perpustakaan dan meminjam beberapa buku untuk dinikmati sambil duduk di sofa. Atau berlangganan blog yang menyediakan berbagai artikel menarik, semisal Esai Edukasi.

Menjadi Content Creator

Di era digital seperti sekarang, internet telah bertransformasi menjadi ladang uang yang menggiurkan. Banyak orang yang telah terbukti menghasilkan pendapat dari aktivitas di dunia maya. Mayoritas dari mereka memperoleh profit dengan mengunggah konten yang menarik.

Andapun bisa melakukannya. Tingkatkan skill, asah kreativitas dan kembangkan imajinasi. Banyak peluang yang bisa Anda raih.

Konten sendiri ada banyak jenisnya. Ada yang berupa tulisan, gambar ataupun video. Nikmatilah liburan sambil membuat konten yang menarik lalu unggah ke internet.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain : membuat blog, menjadi vlogger, atau mengunggah hasil jepretan kamera. 

Menekuni hobi

Apakah beban kerja selama ini terlampau padat sehingga Anda tak pernah melakukan hobi? Maka kini adalah saat yang tepat untuk menekuninya. Asal Anda kreatif dan memiliki insting bisnis, hobi apapun bisa menjadi duit.

Anda bisa bergabung ke komunitas sejenis, menawarkan jasa atau melakukan jual - beli. Semisal saling bertukar action figure, boneka, sepatu, dll.

Membangun relasi 

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh para medioker namun selalu dilakukan para success people adalah bersosialisasi dengan tepat. Anda tak bisa hidup sendiri, pun begitu dengan karir dan bisnis Anda.

Orang sukses sangat menyukai bersosialisasi. Selain bisa menambah wawasan, juga membuka kesempatan untuk berbagai hal baru dan ujung-ujungnya adalah peluang untuk meningkatkan dan mengembangan diri.

Gunakan waktu liburan untuk bersosialisasi dan membangun jejaring dengan orang-orang yang mampu membantu meningkatkan diri dan karir Anda.

Merencanakan Strategi Bisnis

Liburan juga merupakan momen yang tepat untuk mengevaluasi progress yang selama ini Anda capai. Apakah sudah sesuai ekspektasi atau perlu ditingkatkan.

Rencanakan bisnis dan karir Anda selama liburan. Buka kembali file-file lama dan susun plan baru yang akan meningkatkan bisnis Anda. Terkait hal ini, silahkan baca artikel kami mengenai panduan menyusun rencana kerja berbasis visi agar langkah Anda tetap fokus. 

Berolahraga

Aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan ketika liburan adalah berolahraga. Selain menjaga tubuh tetap bugar, banyak manfaat lainnya dari kegiatan yang satu ini.

Agar terasa lebih menyenangkan, berolahraga dapat dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau pasangan. Momen libur juga bisa menjadi kesempatan untuk berolah raga dengan sahabat dan relasi sekaligus membangun jejaring.

Membersihkan Rumah

Kapan terakhir Anda membersihkan rumaha atau apartemen? Kini saatnya untuk melakukannya. Isi liburan dengan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat, salah satunya dengan membersihkan kamar dan tempat tinggal. Anda juga bisa mengatur kembali ruang kerja Anda agar nampak lebih menarik dan terasa nyaman. 

Mengunjungi Tempat Baru

Bukan hanya berkunjung, tetapi juga mencatat berbagai hal baru yang bisa jadi inspirasi untuk meningkatkan bisnis maupun karir. Hal ini akan membuat liburan tetap bermakna. 

Berwirausaha

Tertarik dengan dunia entrepreneurship? Maka liburan panjang adalah saat yang tepat untuk mencoba mengembangkan insting bisnis dan jiwa wirausaha Anda.

Segera pilih salah satu bidang yang Anda suka atau kuasai. Cari ide dan referensi sebanyak-banyaknya, seperti dari artikel kami yang tentang 7 pekerjaan sampingan potensial yang dapat menghasilkan jutaan rupiah perminggu. 

cara produktif ketika liburan
cara produktif ketika liburan

Itu dia 9 hal yang harus Anda coba ketika liburan untuk bisa tetap produktif dan aktif. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terus ikuti konten menarik lainnya hanya di Esai Edukasi - blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "9 Cara Untuk Tetap Produktif Ketika Liburan"