11 Tips Membuat Esai Anda Menjadi Menarik

11 Tips Membuat Esai Anda Menjadi Menarik


11 Tips membuat Esai Anda Menjadi Menarik / https://www.esaiedukasi.com/2019/03/tips-menulis-esai.html
11 Tips Membuat Esai Anda Menjadi Menarik / esaiedukasi.com

Jika menulis esai adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan, maka menulis esai yang menarik adalah sebuah pekerjaan yang menantang. Ada banyak hal yang harus dipelajari untuk membuat sebuah esai menjadi menarik. 

Kali ini esai edukasi akan berbagi tips bagaimana membuat esai Anda menjadi sangat menarik sehingga mendapat respon yang baik dari pembaca. 



Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika esai Anda dirasa menarik.

Pertama, personal branding. Kualitas Anda sebagai seorang penulis akan terangkat dan diakui. Bukankah seorang penulis bisa terlihat kualitasnya dari hasil karyanya? Untuk itu, Anda sangat perlu untuk membuat esai yang menarik.

Kedua, meningkatkan trafik. Pembaca tidak akan sabar untuk menunggu hasil karya Anda selanjutnya. Jika Anda kebetulan menulis di blog, website atau media sosial, maka pengunjung yang membaca karya Anda tentu akan datang dan berkujung lagi. Bukan hanya itu, mereka juga berpotensi untuk menjadi sarana marketing tidak langsung bagi Anda. 

Ketiga, meningkatkan kredit. Khususnya Anda yang masih sekolah, kuliah atau bekerja di bidang tertentu, pastinya tidak asing lagi dengan tulis-menulis esai. Maka jika Anda ingin mendapatkan kredit atau nilai yang baik, Anda wajib untuk membuat esai yang menarik. 

Lalu bagaimana caranya untuk menulis esai yang menarik?

Sebelum kita membahas tips-tips membuat esai Anda menjadi menarik, mari kita bahas apa itu definisi esai yang menarik.

Esai bisa dikatakan menarik bila itu bersifat :

Bermanfaat. Anggap saja Anda butuh sesuatu, umpama panduan untuk berwisata ke Beijing. Lalu kebetulan anda menemukan sebuah esai dari seseorang yang benar-benar paham detail kota Beijing, lengkap dengan saran kuliner dan daftar tempat-tempat belanja yang murah. Tentu Anda akan menganggap esai tersebut menarik, bukan. Itulah definisi yang pertama, esai yang menarik adalah esai yang bermanfaat. 

Menghibur. Mengapa esai-esai Eka Budianta, Eka Kurniawan, Raditya Dika atau Dee Lestari sangat disukai. Karena karya mereka mampu menghibur pembacanya. Ada kekuatan dalam karya-karya mereka yang membuat pembaca akhirnya terhibur dan seperti ketagihan untuk membaca esai-esai mereka. Itulah definisi yang kedua, esai yang menarik adalah esai yang menghibur.

Unik. Eka Kurniawan memiliki karakter yang kuat dalam setiap tulisannya. Penggunaan katanya mengalir namun menggilitik, seakan membangkitkan gelora-gelora dalam dada siapapun yang membaca.  Begitupula Bre Redana, Andri Purnawan, Sujiwo Tejo, Carolina Ratri atau Najwa Shihab. Tentu dengan caranya masing-masing. Ini yang harus Anda perhatikan. Temukan kekhasan dalam tulisan Anda. Dan Anda akan melahirkan esai-esai yang menarik, yakni esai-esai yang unik dan original. 

Tentu selain tiga hal di atas, ada beberapa hal lain yang bisa membuat sebuah esai menjadi menarik. Seperti misalnya kesamaan topik antara esai dan pembacanya, kaya akan infografis dan ilustrasi gambar, hingga karena keterbatasan sumber. Untuk yang ketiga ini, jika Anda mampu, bisa anda manfaatkan. Contohnya topik mengenai sebuah desa di pedalaman Kongo. Belum ada yang menulis tentangnya. Maka seperti apapun kualitas esai anda akan menjadi menarik, setidaknya karena itulah satu-satunya rujukan yang ada.

Temukan kekhasan dalam tulisan Anda. Dan Anda akan melahirkan esai-esai yang menarik, yakni esai-esai yang unik dan original. 

Setelah  membahas definis esai yang menarik, maka sekarang esai edukasi dot com akan memberikan 11 Tips  untuk membuat esai anda menjadi sebuah esai yang menarik.

1. Judul Yang Dahsyat.

Sekali lagi, esai edukasi dot com tidak menyarankan Anda untuk membuat suatu karya clickbait. Karya click bait selalu dilirik tetapi kemudian bernasib naas, dicaci pembacanya. Apa itu clickbait? Clickbait adalah suatu karya atau metode yang memoles suatu artikel/tulisan dengan judul dan gambar yang heboh tetapi isinya sangat tidak berkualitas. 

Tetapi Anda tetap harus belajar untuk membuat judul yang hebat, yang dahsyat dan mampu menarik minat pembaca maupun calon pembaca Anda. Judul yang dahsyat adalah langkah awal untuk menarik pembaca Anda dan membuat mereka tertarik.

Contoh : Anda ingin membuat esai tentang pendapat Anda mengenai sampah plastik. Alih-alih menulis judul "Bahaya Sampah Plastik", anda bisa mengganti dengan "Bahaya: Sampah Plastik Mengancam Eksistensi Makhluk Hidup". 

Karya click bait selalu dilirik tetapi kemudian bernasib naas, dicaci pembacanya.

2. Sub Judul Yang Jelas.



Jika esai Anda kebetulan panjang, maka wajib untuk memberi sub judul yang jelas. Ini agar jika pembaca Anda kebetulan adalah tipe pembaca tidak sabaran yang hobi melakukan scanning dalam membaca, mereka dapat terbantu dengan sub judul Anda. 

Contoh : Masih tentang sampah plastik. Anda bisa menuliskan sub judul seperti : Jumlah sampah plastik yang kian bertambah, Akibat buruk sampah plastik, Cara menanggulangi sampah plastik. 

3. Tidak Ngelantur.

Jangan membahas hal-hal diluar topik dan ide pokok Anda. Anda dan esai Anda harus fokus pada satu hal. Ini esai, bukan buku diktat. Anda tidak perlu membahas hal-hal yang terlalu jauh. Jika Anda ngeyel, maka selain esai Anda menjadi sangat panjang, juga pembaca menjadi bosan dan sebal.

Contoh : Fokuslah pada sampah plastik, tidak perlu membahas jumlah produksi sampah plastik di Zimbabwe pada rentang tahun 2010-2015. Kecuali hal itu mendukung ide Anda.

Sebaik apapun argumentasi dan ide yang Anda miliki yang ingin Anda tuangkan dalam esai Anda, tetapi jika itu tidak bermanfaat atau menghibur, pembaca tidak akan tertarik.

4. Hiasi Dengan Gambar.



Gambar selalu membuat tulisan lebih menarik. Bahkan keberadaan gambar bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Namun jangan sembarangan dalam memakai gambar. Pilihlah gambar yang tepat dan ukuran yang propposional. Juga gunakan gambar yang artistik. 

Contoh : Gambar hewan yang terjebak sampah plastik nampaknya akan membuat artikel menjadi lebih baik dan hidup.

5. Dukung Dengan Referensi.

Memang Anda tidak sedang membuat jurnal penelitian atau artikel ilmiah, tetapi keberadaan data yang mendukung ide anda nampaknya adalah sebuah kewajiban. Keberadaan data itu nantinya akan membuat pembaca makin menyetujui ide yang Anda tawarkan. Tidak perlu banyak atau dalam bentuk tabel, Anda bisa ubah menjadi narasi. Namun yang sedang tren sekarang adalah infografis, yakni data dalam bentuk gambar grafis yang menarik.

Anda tidak perlu membahas hal-hal yang terlalu jauh. Jika Anda ngeyel, maka selain esai Anda menjadi sangat panjang, juga pembaca menjadi bosan dan sebal.

6. Tekankan Maksud Anda.

Ingat, esai berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan ide Anda. Jika Anda masih mengingat hal ini, maka wajib bagi Anda untuk terus menerus menekankan ide-ide Anda, kalau perlu dalam setiap paragrafnya. 

Ini justru akan membuat esai Anda menjadi kuat. Pembaca, biarkan mereka setuju atau tidak, akan tertantang untuk terus menerus mengikuti alur berpikir Anda. Dan jika sudah demikian, sah rasanya jika menyebut esai Anda sebagai esai yang menarik. 

7. Perkuat Gaya Bahasa.

Ini juga harus Anda pikirkan. Cari dan temukan gaya Anda. Satu-satunya jalan adalah dengan banyak berlatih. Makin banyak berlatih, maka makin kuat karakter Anda. Pembaca suka sekali dengan penulis yang memiliki gaya bahasa yang unik. 

8. Bermanfaat Atau Menghibur.

Hanya ada dua pilihan, bermanfaat atau menghibur. Sebaik apapun argumentasi dan ide yang Anda miliki yang ingin Anda tuangkan dalam esai Anda, tetapi jika itu tidak bermanfaat atau menghibur, pembaca tidak akan tertarik. Sekali lagi harus bermanfaat atau menghibur. Jika bisa, keduanya sekaligus, maka akan jauh lebih baik.

9. Pengalaman Selalu Lebih Dapat Dipercaya.

Mana yang lebih menarik, esai yang ditulis berdasarkan cerita yang didengar penulisnya dari orang lain atau esai yang berdasarkan pengalaman yang dialami sendiri oleh penulisnya? Silahkan pilih dan jawab. Lalu lakukan.

10. Menjadi Pelopor.

Mungkin Anda tidak sedang membahas pengalaman, tetapi Anda membahas ide. Suatu gagasan yang unik yang urgen dan harus dilakukan. Maka tulislah itu. Jadilah pelopor. Jangan takut. Makin unik dan segar ide Anda seharusnya makin baik.



11. Tunjukkan Siapa Anda.

Ini perlu dilakukan asal jika Anda memiliki latar belakang yang memang 'pantas' untuk dibahas. Jadi ini semacam bensin yang akan membuat esai Anda makin berkobar di mata pembaca Anda.

Contoh : Anda membahas sampah plastik. Untuk meyakinkan pembaca, bolehlah jika Anda menulis latar belakang Anda yang kebetulan adalah Ketua Greenpeace cabang Uganda, atau anda adalah staf ahli menteri lingkungan hidup

Demikianlah 11 tips yang bisa membuat esai Anda menjadi lebih menarik. Subscribe di blog kami agar Anda mendapatkan konten artikel kami di email anda gratis.





Post a Comment

10 Comments

  1. Wah 11 Tips Membuat Esai nya sangat menarik sekali gan, ane jadi dapat inspirasi baru buat nulis.... Terimakasih banyak ya gan... 😊👌

    ReplyDelete
  2. Di dalam penulisan karya tulis seperti sebuah esai contohnya, memang diperlukan penulisan yang menarik, pasalnya dengan daya tarik yang dimiliki oleh karya tulis itu pengunjung akan selalu menantikan karya karya kita yang selanjutnya, sehingga apabila kita menulis dalam sebuah media blog, kita akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Terima kasih atas tipsnya pak, dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. Sangat baik, jelas, dan rinci nih, ternyata membuat soal esai yang menarik itu gitu ya, makasih informasinya ��

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada tipsnya juga ya. sangat membantu sekali dan izin untuk mencoba menerapkannya

    ReplyDelete
  5. Nice artikel sangat bermanfaat sukses selalu

    ReplyDelete
  6. Kurang mahir kalau buat esai. Barangkali belum berbakat jadi Esais.

    ReplyDelete
  7. Sutuju om, tapi untuk pemberian judul yg dasyat itu pun jangan sekedar clickbait

    ReplyDelete
  8. Ngelantur, sepertinya kok menjadi ciri khas tulisan saya. Kadang panjang ,tapi tidak jelas arahnya.
    Aduh apakah artikel saya tergolong bermanfaat bagi orang lain ya, jadi malu.

    ReplyDelete
  9. Menarik sekali tipsnya, thanks

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)