Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Website untuk Membuat Games Pembelajaran Gratis

Games menjadi salah satu elemen penting, khususnya dalam model pembelajaran fun learning saat ini. Anak akan menjadi lebih tertarik, termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar. Hal ini tentu akan membuat potensi penguasaan materi oleh siswa menjadi semakin besar.

Meski demikian harus diakui bahwa penggunaan games tidak boleh berlebihan. Games hanyalah sarana untuk menyampaikan materi, bukan sebaliknya. 

Dalam model pengajaran yang semakin modern, seperti hybrid learning, online school ataupun flipped classroom, guru bisa memanfaatkan teknologi dan internet untuk membuat game.

Tidak perlu harus menguasai bahasa pemrograman tertentu, guru bisa memanfaatkan website pembuat game online, baik yang gratis maupun berbayar.

Selain itu, beberapa aplikasi berbasis internet yang pada dasarnya digunakan untuk membuat ulangan online juga bisa dimanfaatkan menciptakan game edukatif yang menarik. Guru harus punya inovasi dan kreatifitas tinggi dalam melakukannya, terutama jika mengalami keterbatasan fnansial.

Lantas apa saja aplikasi dan website membuat game pembelajaran yang menarik sehingga siswa semakin termotivasi? Berikut daftarnya. 

Website pembuatan game pembelajaran
Website game edukasi

Blockly

Blockly adalah suatu website membuat game yang berisikan permainan edukatif yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Anda tidak perlu menginstall atau mengunduh apapun, cukup kunjungi saja alamat web tersebut dan bermainlah dengan sepuasnya.

Bukan hanya permainan biasa, Blockly adalah games logika dan pemrograman yang cocok untuk siswa yang ingin belajar mater bahasa pemrograman dasar dengan sederhana.

Alih-alih diberi materi berupa rentetan kode, Blockly akan memberikan games terstruktur yang seru dan menyenangkan.

Jadi apa yang disediakan oleh game online gratis Blockly?

  • Pemain akan diminta memecahkan teka-teki 
  • Untuk memecahkan teka-teki, pemain harus menyusun strategi dan langkah-langkah tertentu menggunakan daftar perintah yang ada.
  • Setiap selesai memecahkan suatu teka-teki, pemain bisa naik level ke model yang lebih kompleks. Ini sesuai dengan konsep pembelajaran dari yang mudah menuju yang rumit.

Games edukatif online Blockly sangat cocok digunakan untuk mengajarkan matematika, logika, komputer, analisa, kreatifitas dan bahkan seni. 

Kelebihan lain dari Blockly adalah, selain gratis, pemain tidak perlu mendaftar apapun untuk bisa memainkannya. 

Cara memainkan Blockly : 

  1. Kunjungi alamat webnya di https://blockly.games/
  2. Pilih jenis permainan yang diinginkan atau pilih sesuai urutan.
  3. Kerjakan misi atau perintah dan jika berhasil akan segera naik ke level berikutnya. 

Scratch 

Website game edukatif lainnya adalah Scratch yang dibuat oleh MIT. Di sini, guru bisa menggunakan dua pilihan, yakni : 

  • Meminta siswa untuk menciptakan games, animasi atau cerita bergerak sendiri.
  • Membuat games untuk dimainkan oleh siswa dalam pembelajaran.

Berbeda dengan Blockly, Scratch memungkinkan pengguna untuk membuat games sendiri. Mungkin ini jauh lebih kompleks tetapi tetap saja sangat menyenangkan. 

Untuk bisa membuat games menggunakan Scratch, berikut adalah tutorial sederhananya : 

  1. Pergilah ke laman web resminya, yakni scratch.mit.edu
  2. Silahkan mendaftar. Isi form yang ada.
  3. Mulailah membuat games, cerita atau animasi.
  4. Pahami apa itu sprite dan backdrop
  5. Tentukan konsep utama dari games atau animasi yang ingin dibuat
  6. Lengkapi dengan suara atau audio yang disediakan
  7. Simpan dan publish

Itulah cara untuk membuat games penunjang proses belajar mengajar menggunakan Scratch. Namun jika hanya ingin bermain, Anda tidak perlu mendaftar apapun. Cukup kunjungi laman web tersebut dan pilih game yang ada. 

Wordwall

Satu lagi web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat materi atau games edukatif menarik, yakni Wordwall. Situs ini sudah sanga populer dan digunakan jutaan kali hingga hari ini.

Apa yang membuat wordwall nampak begitu terkenal di kalangan pendidik?

  • Web ini bisa membuat berbagai variasi games pembelajaran.
  • Bisa juga membuat materi belajar online berbasis internet dan komputer.
  • Didukung grafis yang menarik.
  • Memiliki 18 tipe template. 
  • Terdapat versi gratis dan berbayar.

Kita akan fokus membahas penggunaan wordwall untuk menciptakan materi dan games pembelajaran yang menarik secara gratis atau non-berbayar.

Karena gratis, maka tentu ada keterbatasan. Pengguna hanya bisa membuat 5 slot games saja. Namun jangan khawatir karena Anda bisa mengganti games yang sudah dibuat sehingga tetap bisa berkreasi terus. 

Beberapa permainan pembelajaran yang bisa dibuat menggunakan wordwall antara lain : quiz interaktif, missing words, teka-teki silang, tebak nama, anagram, dll. 

Pada dasarnya wordwall bisa digunakan untuk berbagai mata pelajaran, namun paling sering diaplikasikan sebagai games Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPS maupun IPA. 

Gamilab

Masih mencari web untuk membuat permainan online berbasis internet yang menyenangkan? Cobalah Gamilab. Ini dalah platform daring tempat para pendidik dari seluruh dunia dapat menemukan dan membuat aneka game menarik yang mudah, menyenangkan, dan mendidik. 

Apa yang membuat Gamilab seru? Jadi platform pembuatan game ini menggunakan elemen dan kosep dimana permainan bisa menjadi sarana untuk memotivasi dan melibatkan pemain untuk belajar lebih cepat dan lebih baik, dan untuk lebih terlibat dalam pembelajaran mereka. 

Dengan menggunakan elemen seperti poin, bintang, skor tinggi, dan lencana, platform pembuatan game online pembalajaran Gamilab dapat menciptakan suasana pembelajaran terasa seperti permainan dan memotivasi pemain untuk belajar sambil bermain dengan asyik. 

Cobalah dengan membuat games pembelajaran Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan dalam materi dengan mudah hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

ProProfs Games and Puzzles

Masih butuh referensi tentang website pembuat games pembelajaran yang gratis? Jangan khawatir. Masih ada lagi! 

ProProfs Games and Puzzles adalah platform pembuatan permainan online lainnya yang berfokus pada permainan olah dan tebak kata. 

Ada opsi buat untuk membuat teka-teki, pencarian kata, teka-teki silang, dan banyak lagi. Pilihan dalam setiap jenis permainan memungkinkan mengatur tingkat kesulitan sesuai yang diinginkan, dan beberapa menawarkan kesempatan untuk mengatur waktu maksimum untuk permainan.

Selain membuat games, Anda juga bisa memilihkan games yang ada untuk dimainkan dalam proses belajar di kelas. 

Baamboozle

Berikutnya Anda sebagai guru juga bisa mencobat Baamboozle. Platform ini sedikit berbeda dari web permainan lainnya karena di dalamnya menawarkan permainan interaktif antar tim. 

Baamboozle melacak skor sepanjang pertandingan. Ikuti petunjuk untuk menambahkan pertanyaan, jawaban, dan nilai poin untuk item. 

Situs ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pengantar menuju materi belajar yang baru atau sebaliknya, bisa digunakan sebagai sarana evaluasi pemahaman siswa. 

Jadi sekarang Anda sebagai pendidik punya banyak alternatif website pembuat games pembelajaran yang gratis dan seru. 

****

Itulah 6 website pembuatan games pembelajaran gratis yang menawarkan suatu terobosan baru bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui permaian edukatif yang menarik dan mengasyikkan. 

Selain enam web di atas tentu masih banyak lagi aplikasi dan web lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat games pembelajaran atau menciptakan materi ajar yang menyenangkan di kelas menggunakan permainan edukatif, antara lain : 

  • Moodle
  • Kahoot!
  • Padlet 
  • Quizizz
  • Microsoft Sway
  • Google Forms

Demikian postingan kali ini tentang cara membuat games pembelajaran Ikuti terus artikel dari Esaiedukasi untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan serta berita menarik dari dunia pendidikan, parenting dan produktivitas. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "12 Website untuk Membuat Games Pembelajaran Gratis"