4 Kebiasaan Ini Mampu Membuat Anda Menjadi Lebih Cerdas

4 Kebiasaan Ini Mampu Membuat Anda Menjadi Lebih Cerdas

Esai Edukasi – Menjadi cerdas merupakan idaman semua orang. Tetapi dapatkah kita meningkatkan kecerdasan hanya dengan mengubah kebiasaan? Bagaimana rahasia untuk bisa meningkatkan kecerdasan dengan mudah?

kebiasaan yang dapat menjadikan lebih cerdas
Kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan Anda

Apa yang Anda lakukan membentuk diri Anda sepenuhnya. Sekecil apapun itu, tetapi hal tersebut tanpa disadari turut berpengaruh bagi kehidupan Anda. Tak terkecuali dengan kebiasaan.

Orang yang memiliki kebiasaan yang baik akan cenderung lebih dekat dengan kesuksesan. Karirnya akan meningkat dan hubungan sosialnya juga terasa menyenangkan.

Lalu bagaimana dengan mereka yang memiliki kebiasaan buruk, semacam malas, suka menunda maupun boros? Tentu saja akan cenderung pada kegagalan.

Itulah mengapa banyak orang mengatakan kebiasaan sangat berpengaruh pada pencapaian Anda. Tak terkecuali dengan tingkat kecerdasan Anda.

Hal ini bisa kita lihat dari para jenius yang ternyata secara garis besar memiliki kesamaan, yakni selalu melakukan hal-hal positif dan bermanfaat bagi hidup mereka.

Dengan memelihara kebiasaan-kebiasaan baik tersebut, mereka mampu meningkatkan kesuksesannya.

Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membuat diri menjadi lebih pintar dan makin dekat dengan kesuksesan?

Berikut Esai Edukasi membagikan 4 kebiasaan yang harus anda lakukan agar dapat meningkatkan kecerdasan Anda.

1. Rajin Membaca 


Sudah diakui sejak dulu bahwa kebiasaan membaca dapat meningkatkan intelektualitas seseorang. Ini karena dengan membaca seseorang dapat menyerap banyak sekali informasi berharga dan menambah wawasan.

Jika Anda ingin menjadi lebih pintar, maka mulai sekarang rajinlah membaca. Bacalah apa saja dan biarkan jiwa Anda lapar akan pengetahuan.

Terimakasih kepada teknologi dan Google yang sudah membuat jendela dunia pengetahuan hanya sejauh gadget Anda.

Untuk membuat kebiasaan ini mampu meningkatkan kecerdasan Anda secara lebih efektif, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

- Membacalah dengan rutin. Bahkan jika perlu sediakan waktu satu jam dalam sehari untuk membaca.

- Perhatikan yang Anda baca. Carilah sumber bacaan yang benar-benar mampu membuat wawasan Anda bertambah. Tidak perlu Anda habiskan waktu untuk membaca berita-berita hoax atau gosip yang belum tentu kebenarannya.

- Bacalah sesering mungkin, kapanpun dan dimanapun.

- Selesai membaca, tanyakan pada diri Anda apa wawasan atau pengetahuan baru yang sudah Anda dapatkan. Coba analisa bagaimana menghubungkan informasi dari sesuatu yang ada di bacaan Anda dengan kehidupan nyata.

- Berlanggananlah blog-blog yang bisa menambah wawasan Anda. Salah satu blog tersebut tentu saja adalah Esai Edukasi. 

2. Menulis 


Menulis sebenarnya adalah kelanjutan dari membaca. Jangan meremehkan aktivitas yang satu ini. Perlu ketenangan, ketelatenan, kerja keras dan fokus tersendiri untuk bisa melahirkan sebuah tulisan yang baik.

Sebuah tulisan yang baik setidaknya memberi manfaat bagi pembaca. Bisa juga bersifat menghibur atau menghadirkan refleksi tertentu.

Belajarlah untuk menulis. Ada baiknya juga Anda mulai untuk membuat blog atau menulis di sosial media.

Tulis sesuatu yang merupakan bidang Anda. Bisa juga hal yang menggelisahkan atau menghibur.

Ketika Anda menulis maka secara tidak langsung Anda membangun komunikasi dengan diri Anda dan memaksimalkan otak untuk menjadi lebih fokus.

Hasilnya, Anda akan terbiasa berpikir secara sistematis dan logis. Tentu ini adalah sebuah hal yang baik dan dapat meningkatkan kualitas diri Anda.

3. Menonton Video / Film 


Tentu saja menonton video dapat meningkatkan wawasan dan kecerdasan seseorang. Tetapi pastikan apa yang Anda tonton benar-benar bermanfaat dan berkualitas.

Beberapa situs menyediakan aneka video yang bisa menambah pengetahuan Anda. National Geographic, TEDX ataupun Remotivi adalah beberapa channel youtube yang menyediakan berbagai konten visual yang cerdas dan bermanfaat.

4. Mendengarkan Podcast 


Tidak hanya membaca, menulis atau melihat video, mendengar podcast juga bisa meningkatkan kecerdasan Anda.

Di beberapa negara lain, podcast adalah sebuah produk digital yang sedang naik daun dan digandrungi para milenial.

Ada banyak manfaat dari mendengar podcast, selain tentu saja menambah pengetahuan. Beberapa diantaranya adalah :

Melatih indera pendengaran Anda. Ini sangat penting karena pada dasarnya mendengar adalah sebuah skill yang dibutuhkan oleh siapa saja untuk bisa meraih kesuksesan. Dengan memiliki keterampilan mendengar yang baik, maka Andapun dapat semakin mendapat kepercayaan dari orang lain.

Podcast memberikan kesempatan kepada otak Anda untuk mengingat lebih baik. Khususnya jika Anda benar-benar fokus ketika mendengar materi yang ada.

Kebiasaan yang dapat membuat lebih cerdas
Kebiasaan yang dapat membuat lebih cerdas

Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan, terlebih jika Anda tidak menyukai keempat hal di atas. Namun mari kita anggap ini sebuah permainan.

Bukankah melakukan keempat hal di atas, yakni membaca, menulis, menonton video / film bermutu hingga mendengarkan podcast, jauh lebih mudah daripada mengikuti kursus bukan?

Silahkan mencoba tips kebiasaan untuk meningkatkan kecerdasan di atas dan rasakan manfaatnya.

Baca terus tulisan menarik lainnya seputar pendidikan, parenting dan pengembangan diri hanya di Esai Edukasi. Semoga artikel tentang 4 kebiasaan yang dapat membuat Anda menjadi lebih cerdas dengan mudah ini bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment

0 Comments