Definisi Dan Aneka Macam Pendekatan Pembelajaran atau Teaching Approach

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran atau teaching approach tidak mudah untuk didefinisikan. Terminologi itu sering tertukar dengan pengertian dari metode atau filsafat pendidikan.

Menurut Edward Anthony

Pada umumnya, mengacu pada Edward Anthony (1965), pendekatan pembelajaran adalah suatu pandangan mengenai cara melaksanakan pembelajaran.

Masih menurut Anthony, pendekatan ini bersifat aksiomatis. Aksiomatis artinya bahwa kebenaran teori yang digunakan tidak dipersoalkan lagi.

Menurut Herdian

Mengutip tulisan dari Herdian, M.Pd maka pendekatan pembelalajaran adalah sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. 

Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: 

(1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach). (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Bisa juga dikatakan pendekatan pembelajaran adalah sebuah visi yang akan digunakan dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar.

Nantinya penentuan jenis pendekatan pembelajaran akan berpengaruh dalam menyusun teknik pembelajaran atau sarana dan media ajar yang digunakan.

pendekatan pembelajaran


Berbagai Macam Pendekatan Pembelajaran

Ada banyak sekali pendekatan pembelajaran dan semuanya tergantung dari teori pendidikan, model atau metode mana yang menjadi landasan utamanya. 

Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

Ini adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang sudah cukup lama diperkenalkan kepada dunia pendidikan di Indonesia, yakni sekitar pertengahan 1990an. Pendekatan ini mengambil akar dari konsep STSE atau science, technology, society and environment yang cukup populer di Eropa serta Amerika Utara. 

Silahkan baca artikel tentang Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat untuk mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut. 

Pendekatan Kontekstual

Pendekatan Kontekstual memiliki akar kuat dan berkiblat kepada teori pembelajaran kontekstualisme. Selain itu pendekatan jenis ini juga berdiri di atas landasan Contextual Teaching Learning Model yang mengandalkan keterkaitan antara dunia nyata dan apa yang dipelajari di dalam kelas. 

Pendekatan Konstruktivisme

Jika pendekatan kontekstual sangat erat kaitannya dengan CL learning model, maka pendekatan konstruktivisme memiliki hubungan erat dengan teori pembelajaran konstruktivisme. 

Di sini peran guru adalah sebagai penyemangat, fasilitator dan pendamping peserta didik agar bisa mengkonstruksikan konsep yang mereka pelajari. 

Pendekatan Saintifik

Hampir mirip dengan STM atau STSE, pendekatan saintifik menekankan dan berfokus pada cara berpikir ilmiah serta upaya membumikan pelajaran sains dan matematika kepada para peserta didik di sekolah. 

Pendekatan Deduktif

Pendekatan Deduktif adalah kegiatan berpikir menggunakan penalaran alias logika untuk memahami, mengenali dan memecahkan masalah dan pada tahap berikutnya menyusun kesimpulan. 

Pada dasarnya deduktif berarti mengambil kesimpulan dari umum ke khusus. Pada aktivitas pembelajaran pendekatan deduktif dimulai dengan pemaparan konsep dari mulai adegium, istilah, quote, ataupun definisi untuk selanjutnya membahas hal yang lebih lanjut. 

Pendekatan Induktif

Pendekatan Induktif merupakan kebalikan dari deduktif, dimana pembelajaran dimulai justru dari yang khusus menuju yang lebih umum. 

Lebih sederhananya proses induktif bila dideskripsikan dengan kata-kata adalah pengambilan suatu kesimpulan yang berasal dari elemen umum ke elemen khusus. Dalam penelitian aktivitas induktif berarti melakukan pengamatan selanjutnya mengambil kesimpulan dari pengamatan.

Dalam kegiatan belajar mengajar yang berbasis pendekatan induktif para pengajar wajib menyediakan contoh yang  spesifik untuk kemudian bisa disimpulkan kedalam suatu fakta, aturan atau hukum.

Pendekatan Konsep

Pendekatan konsep pada aktivitas pembelajaran bisa berupa penyajian langsung konsep kepada siswa tanpa mereka tahu cara mendapatkan konsep tersebut. Sehingga materi yang diberikan adalah materi yang telah jadi.

Pendekatan konsep adalah pendekatan yang mengarahkan peserta didik meguasai konsep secara benar dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi).. Konsep merupakan struktur mental yang diperoleh dari pengamatan dan pengalaman.

Pendekatan Konsep adalah salah satu jenis pendekatan pengajaran yang mana secara langsung menyajikan konsep dan meminta siswa melakukan belajar mandiri untuk menghayati dan memahami konsep-konsep tersebut lebih jauh.  

Pendekatan Realistik

Pendekatan realistik atau yang dikenal juga dengan Realistic Mathematic Education (RME) adalah pendekatan pengajaran yang bertitik tolak pada hal- hal yang nyata bagi para murid. Teori ini menekankan kecakapan, aktivitas saat siswa berproses, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan rekannya yang lain sehingga mereka dapat menemukan sendiri.

Pendekatan Open Ended Problem 

Dalam pendekatan open-ended guru sebagai fasilitator pendidikan, pembimbing dan pengajar menyajikan beberapa permasalahan kepada peserta didik dengan beberapa opsi penyelesaian. 

Fungsi Pendekatan dalam Pembelajaran

  • Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah metode pembelajaran yang akan digunakan.
  • Memberikan garis-garis rujukan untuk perancangan pembelajaran.
  • Menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
  • Mendiaknosis masalah-masalah belajar yang timbul, dan
  • Menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan.

Referensi Penting

Silahkan baca artikel menarik seputar dunia pendidikan : 





Belum ada Komentar untuk "Definisi Dan Aneka Macam Pendekatan Pembelajaran atau Teaching Approach"

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel