Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Lengkap Menggunakan Wordwall dalam Membuat Soal

Wordwall adalah salah satu aplikasi paling populer untuk membuat soal latihan, ulangan, kuis bahkan materi pembelajaran kepada para siswa. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di wordwall, termasuk sebagai salah saatu media pembelajaran yang efektif. Lantas bagaimana cara menggunakan wordwall untuk membuat soal ulangan maupun materi pembelajaran?

Apa itu Wordwall dan Kelebihannya

membuat materi dan soal menggunakan Wordwall
membuat materi dan soal menggunakan Wordwall

Sebelum membahas mengenai cara membuat soal interaktif menggunakan Wordwall, terlebih dahulu mari kita berkenalan dengan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi atau situs Wordwall adalah suatu platform yang memungkin siapa saja untuk membuat kuis, materi maupun soal ulangan. Wordwall akan memberikan berbagai template yang menarik sehingga pertanyaan yang diberikan akan disajikan dalam berbagai bentuk yang variatif seperti layaknya memainkan sebuah video games.

Terobosan inilah yang membuat siswa pada akhirnya belajar seperti bermain. Mereka menjawab pertanyaan namun seperti serasa bermain. 

Dengan audio-visual yang menarik, platform ini menjadi salah satu alat yang canggih dalam membuat pembelajaran menjadi jauh lebih menyenangkan. 

Paket Gratis dan Berbayar

Apakah Wordwall gratis? Ada dua versi, yakni gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, maka pengguna bisa membuat maksimal 5 slot aktivitas. Sedang jika berbayar, maka pengguna bisa membuat aktivitas tak terhingga. 

Sedangkan untuk paket berbayar (premium), ada dua jenis, yakni standard dan pro. Untuk lebih lengkapnya, lihat info dibawah ini.

harga paket di Wordwall
harga paket di Wordwall

Bagaimana Cara Menggunakan Wordwall?

Pada dasarnya, untuk menggunakan wordwall dalam membuat soal latihan atau kuis tidaklah sulit. Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. 

Cara pendaftaran di Wordwall adalah sebagai berikut: 

  1. Kunjungi Wordwall.net
  2. Pilih daftar 
  3. Pada kotak yang tersedia tuliskan nama email dan password. 
  4. Tekan Ok.

Pengguna juga bisa memilih alternatif yang lainnya, yaitu masuk menggunakan Akun Google (pilih pilihan Sign in with Google). 

Setelah mendaftar, maka pengguna bisa langsung menikmati fitur dan layanan yang ada. Lalu bagaimana cara menggunakan wordwall untuk membuat soal dan materi pembelajaran? Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka platform Wordwall 
  2. Masuk dengan akun Google atau email.
  3. Pilih Buat Aktivitas.
  4. Pilih template yang disediakan. 
  5. Tulis pertanyaan dan jawaban. 

cara masuk wordwall
tampilan beranda Wordwall

berbagai template di wordwall yang bisa dipilih
berbagai template di wordwall yang bisa dipilih

Anda bisa mengganti pertanyaan atau template dengan cara mengeditnya nanti. Untuk mengetahui caranya, lihat di bagian bawah postingan ini. 

Panduan sign up, log in dan membuat soal menggunakan Wordwall (infografis). 

cara sign up dan login di Wordwall
cara sign up dan login di Wordwall

cara membuat soal dan materi di wordwall
cara membuat soal dan materi di wordwall

cara membagikan konten wordwall
cara membagikan konten wordwall

Sangat mudah bukan? Bisa dilihat bahwa ada banyak sekali template yang disediakan oleh platform ini. Silahkan pilih yang paling sesuai.

Cara Mengedit Konten Wordwall

Pengguna dapat mengedit konten yang ada di Wordwall lalu menggunakannya kembali. Adapun hal yang bisa diedit mencakup antara lain redaksional pertanyaan, jawaban, pengaturan waktu bahkan template.

Bagaimana cara mengedit konten wordwall yang sudah dibuat? Langkah-langkahnya sangat mudah. 

  1. Masuk ke Wordwall.
  2. Masuk ke Aktivitas Saya/My Activities 
  3. Pilih Aktivitas yang akan diedit.
  4. Klik tombol Edit.
  5. Lakukan edit atau perubahan yang diinginkan.

Cara Mengedit Template 

Khusus untuk mengedit template, maka ada dua pilihan. Pertama, pengguna bisa mengedit template dan langsung memainkannya. Namun ketika konten dibagikan, template yang dipakai adalah template awal saat pertama kali dibuat

Lalu bagaimana jika ingin mengganti template dan membagikannya? Caranya adalah dengan menduplikasi konten. Jadi, konten tetap sama, hanya mengganti template. Cara ini berarti pengguna membuat konten baru

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke Wordwall.
  2. Pilih Aktivitas.
  3. Tekan tombol tiga titik. 
  4. Pilih template yang ingin dipakai.
  5. Pilih Edit.
  6. Pilih duplikasi lalu edit sebagai menemukan kecocokan.
  7. Pilih selesai.

Mengubah Aktivitas menjadi Assignment 

Di Wordwall, pengguna juga bisa membuat assignment, sehingga melalui fitur tersebut akan ada deadline dan pengaturan lainnya seperti layaknya tugas sekolah atau PR.

Bagaimana cara mengubah aktivitas menjadi tugas/PR (assignment)? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Wordwall.
  2. Pilih Aktivitas.
  3. Tekan Tetapkan Tugas  atau Set Assignment. 
  4. Atur pilihan pengaturan yang ada: deadline, nama, dll.
  5. Pilih Selesai
cara mengubah konten menjadi tugas/pr
cara mengubah konten menjadi tugas/pr 

fitur pengaturan tugas/assignment
fitur pengaturan tugas/assignment

Pada dasarnya Wordwall bisa dibuka melalui aneka platform, seperti Ipad, Android, Tab, Laptop, Papan Tulis Pintar, PC, dll. Meski demikian, jika untuk membuat soal, maka akan cukup sulit apabila diakses menggunakan smartphone atau ponsel. 

Itulah tutorial untuk membuat soal di Wordwall, termasuk cara untuk mendaftar, masuk, mengedit konten dan mengubahnya menjadi tugas siswa. Penasaran seperti apa bentuk soal dari platform ini? Untuk contoh soal yang dibuat menggunakan Wordwall, silahkan lihat konten di bawah ini: 

Contoh 1 game Wordwall  

Contoh 2 game Wordwall 


Itulah cara lengkap menggunakan wordwall untuk membuat soal, kuis dan materi ajar. Baca juga tutorial lainnya, seperti cara menggunakan Odoo untuk tandatangan online.
Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Lengkap Menggunakan Wordwall dalam Membuat Soal"