Pendekatan Realistik Dalam Proses Pembelajaran

Pendekatan realistik merupakan salah satu jenis teaching approach atau pendekatan pembelajaran yang sudah sangat populer di seluruh dunia dan dipakai oleh para ahli pendidikan, pedagogis maupun pengajar. Tentu saja hal ini dimungkinkan karena kelebihan dan keunggulannya.

Meski demikian nampaknya di dalam dunia pendidikan tanah air, hal ini kurang begitu populer. Untuk itu dalam rangka memperkaya kazanah pembelajaran maka perlu rasanya membumikan dengan lebih agresif pendekatan realistik.

Pengertian Pendekatan Realistik 

Definisi 

Pendekatan Realistik atau yang dikenal dengan Realistic Mathematics Education (RME) adalah suatu jenis pendekatan yang berbasis pada konsep bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika yang harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai suatu sumber pengembangan, peningkatan dan hal praktis yang aplikatif.

Latar Belakang 

Sejarah Awal 

Berdasarkan perkembangannya, pendekatan realistik atau Realistic Mathematics Education (RME) pertama kali berkembang di negeri Belanda sekitar 1970-an. Tokoh utama di balik perkembangan pendekatan pembelajaran ini adalah Freudenthal dan para peneliti dari Freudenthal Institute di Belanda. 

Freudenthal berpendapat bahwa murid tidak boleh dilihat sebagai seorang penerima konsep yang langsung jadi, melainkan harus diarahkan dan diberi kesempatan untuk menemukan kembali konsep-konsep matematika dengan cara mereka sendiri.

Realistic dalam RME disini artinya adalah membuat konsep-konsep matematika yang mungkin bisa sangat abstrak menjadi terlihat nyata di dalam kepala dan pikiran para siswa.

Perkembangan Pendekatan RME di Indonesia

Sejak tahun 1998, pemerintah Indonesia mulai tertarik dengan pendekatan RME. Hal ini terlihat dari program pengiriman mahasiswa S3 ke Belanda. 

DIKTI akhirnya melakukan uji coba pendekatan realistik di beberapa sekolah. Program ini juga melibatkan beberapa kalangan perguruan tinggi, antara lain UNESA, UNY, UPI dan Universitas Sanata Dharma. 

Konsep 

Pendekatan pembelajaran realistik berbasis teori RME memiliki tiga konsep utama, yakni : 

  • Guided Reinvention Dan Progressive Mathematization
  • Didactial Phenomenology
  • Self Developed Models
Menurut Zulkardi, pendekatan RME adalah konsep pengajaran yang bertitik tolak pada hal-hal yang nyata bagi siswa. Teori ini menekankan keterampilan proses, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri, sebagai kebalikan dari guru memberi dan pada akhirnya murid menggunakan matematika itu untuk menyeleseikan masalah baik secara individual ataupun kelompok. Pada pendekatan Realistik peran guru tidak lebih dari seorang fasilitator, moderator atau evaluator. Sementara murid berpikir, mengkomunikasikan argumennya, mengklasifikasikan jawaban mereka, serta melatih saling menghargai strategi atau pendapat orang lain.

pengertian dan penerapan pendekatan RME realistik


Keunggulan dan Kelemahan Pendekatan Realistik

Seperti pendekatan maupun metode pembelajaran pada umumnya, RME juga memiliki dinamikanya tersendiri yang terdiri dari kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Pendekatan Realistik

  1. Siswa akan lebih memahami bagaimana suatu konsep atau teori bekerja.
  2. Siswa akan lebih memahami bagaimana suatu soal atau masalah diselesaikan.
  3. Siswa akan lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah.
  4. Siswa akan termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami suatu konsep.
  5. Siswa akan termotivasi untuk menerapkan konsep itu sebagai sebuah sarana penyelesaian masalah.

Kekurangan Pendekatan Realistik

  1. Dibutuhkann guru yang mampu memotivasi siswa untuk memahami bukan hanya menghapal. hal ini tidak mudah karena siswa akan bekerja lebih keras.
  2. Pembelajaran berpotensi membutuhkan waktu yang lebih panjang. 

Bacaan lebih lanjut : 

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Berisi tips dan tutorial bermanfaat untuk para guru, pendamping belajar, orang tua maupun praktisi pendidikan di tingkat lapangan. Baca artikelnya untuk lebih memahami cara memberi motivasi yang tepat pada siswa. 

Tips Belajar Efisien Terbaik. Tidak perlu berlama-lama dan menghabiskan banyak tenaga, ternyata belajar akan sangat mengasyikkan dan lebih efisien dengan cara-cara ini. 

Pembelajaran Berbasis E-Learning. Dunia sudah berubah. Kecanggihan teknologi harus diintegrasikan dengan ranah pendidikan. Dapatkan tips dan cara meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai gadget, aplikasi dan teknologi terkini. 

Ini Hal Yang Harusnya Diajarkan Di Sekolah. Berisi kritikan dan saran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Cocok untuk Anda mahasiswa calon guru yang kritis dan berpikiran terbuka serta berjiwa visioner. 

Aneka Macam Strategi Pembelajaran Terbaik. Sebuah bacaan dan referensi yang sangat cocok dibaca mahasiswa fakultas pendidikan, calon guru, atau pemegang kebijakan seperti kepala sekolah, manajer sekolah dan direktur sekolah. Berisi berbagai macam strategi pembelajaran (teaching strategy) terkini yang bisa menjadi sarana meningkatkan kualitas pendidikan.  

10 Games Menarik Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris SD. Mencari inspirasi untuk pembelajaran yang menyenangkan? Maka artikel tersebut adalah jawabannya. Berisi 10 games menarik yang akan membuat pembelajaran menjadi hidup, interaktif dan tetap efisien. Cocok untuk dibaca semua guru bahasa Inggris yang selalu haus meningkatkan kualitas diri. 

Belum ada Komentar untuk "Pendekatan Realistik Dalam Proses Pembelajaran "

Posting Komentar

Silahkan Baca

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel