Tips Untuk Memilih Jurusan Kuliah

Panduan Memilih Jurusan Kuliah Dengan Tepat

Memilih jurusan kuliah di universitas merupakan sesuatu yang sangat penting. Jika salah dalam memilih maka bisa jadi karir kedepannya akan terhambat.

Sebelum membahas tips dan cara memilih jurusan dengan baik, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam menentukan pilihan Anda.

Ikut-ikutan teman

Jangan pernah menentukan pilihan hanya karena ingin ikut-ikutan dengan teman Anda. Setiap orang membawa takdirnya masing-masing. Jikalau memang pilihan mereka sesuai dengan minat dan bakat Anda tidak masalah. Namun jika sebenarnya Anda tidak menyukai bidang tersebut, maka nantinya pasti akan mengalami kesulitan.

Memaksakan diri

Jangan terlalu memaksakan diri untuk memilih satu jurusan yang sebenarnya tidak sesuai dengan minat bakat Anda. Ada banyak orang yang terpaksa memilih jurusan karena dorongan orang tua, padahal tidak menyukainya. Hal ini akan memberikan banyak masalah selanjutnya. Selain itu akan ada rasa terpaksa yang tentu saja itu tidak baik.

cara memilih jurusan di universitas
memilih jurusan kuliah dengan benar

Lantas bagaimana cara yang benar untuk memilih jurusan kuliah? Dalam postingan kali ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk Anda agar bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan.

1. Perhatikan trend kedepan

Tentu semua orang menginginkan pekerjaan dengan cepat setelah lulus dan penghasilan menjanjikan di masa depan. Itu merupakan sebuah hal yang wajar. Trend dalam dunia kerja telah berubah dan pastinya akan mempengaruhi tingkat persaingan dari para pencari kerja.

Untuk itu penting memperhatikan prospek jurusan yang akan Anda pilih, apakah akan diminati oleh perusahaan atau sudah ketinggalan jaman dan sulit bersaing? Usahakan memilih jurusan yang lulusan dan disiplin ilmunya banyak dicari di masa depan.

2. Ketahui minat dan kegemaran

Poin selanjutnya adalah dengan mengetahui potensi diri Anda. Apakah Anda berminat dengan komputer, sehingga mengambil jurusan informatika? Sudah seharusnya jurusan yang Anda pilih selaras dengan minat dan kegemaran Anda.

3. Sesuaikan dengan skill dan kemampuan akademik

Selain minat, Anda juga harus mempertimbangkan bakat dan kemampuan akademik. Jangan sampai nantinya merasa kesulitan lalu berhenti di tengah jalan alias drop out. Mintalah pendapat guru BK atau konselor dan lihat perkembangan rapot akademis selama di sekolah. Ini akan jadi sesuatu yang sangat membantu anda dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

4. Pertimbangkan biaya dan kebutuhan

Hal lainnya adalah urusan biaya dan kebutuhan. Ada baiknya Anda dan keluarga mempersiapkan diri sehingga begitu lulus tidak terlalu kesulitan dalam perkara uang pangkal, SPP dan uang pendaftaran.

Namun jangan khawatir jika Anda merasa kesulitan dalam hal biaya kuliah. Ada banyak sekali program beasiswa dan kemitraan yang bisa Anda coba. Silahkan baca daftar program beasiswa rutin untuk jenjang S1 agar wawasan Anda bertambah luas.

5. Cari referensi yang tepat

Jangan ragu atau malu untuk bertanya pada alumni, guru, maupun pihak kampus perihal prospek dan fasilitas yang disediakan. Searching juga di internet dan situs-situs terpercaya agar Anda mendapat referensi untuk mempertimbangkan jurusan mana yang akan Anda pilih setelah lulus.



Itulah tips untuk memilih jurusan di universitas. Semoga bisa membantu Anda semua. Jangan lupa baca konten menarik lainnya dari Esai Edukasi, blog pendidikan - parenting - pengembangan diri.

0 Response to "Tips Untuk Memilih Jurusan Kuliah"

Post a comment

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel