Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Pengayaan : Pengertian, Tujuan dan Bentuk Pelaksanaannya

Program pengayaan merupakan salah satu upaya guru meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pemahaman materi bagi siswa yang telah mencapai skor ketuntasan minimal.

Seperti apa pengertian dari program pengayaan? Apakah benar tujuan dari program pengayaan hanya semata untuk memberi kesibukan bagi siswa sementara guru fokus membina peserta didik yang sedang melakukan remidial?

Banyak anggapan keliru tentang program pengayaan yang terlanjur berkembang di masyarakat, termasuk di benak guru dan siswa. 

Untuk itu kiranya penting menelisik kembali definisi dari program pengayaan, termasuk juga bentuk pelaksanaannya di lapangan.

Pengertian Program Pengayaan

Program pengayaan adalah program yang disusun oleh guru dan ditujukan kepada para siswa yang sudah mencapai atau melampaui standard kompetensi minimal. Biasanya dilakukan setelah post test

Fokus dari kegiatan pengayaan adalah pendalaman materi agar siswa mendapat pengetahuan yang lebih dalam, terperinci maupun komprehensif terhadap suatu materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Sedang untuk siswa yang belum mencapai kualifikasi minimal maka akan diberikan program remidial untuk membantu mereka mencapai kompetensi yang ditetapkan. 

Tujuan Program Pengayaan

Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat dari program pengayaan yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki ketangkasan dan kemampuan cepat dalam memahami materi : 

  • Sebagai sarana bagi peserta didik untuk lebih mendalami materi tertentu.
  • Memfasilitasi mereka yang memang memiliki bakat dan kemampuan yang baik dalam menguasai materi.
  • Memperkaya pengetahuan yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
  • Sebagai stimulus untuk terus meningkatkan performa dalam belajar. 
program pengayaan
program pengayaan

Bentuk Pengayaan 

Lantas bagaimana dengan bentuk program pengayaan yang bisa dilakukan di kelas? Berikut adalah beberapa contoh praktis bentuk pengayaan yang bisa dilakukan : 

  1. Memberikan kembali pre-test dan post test untuk dikerjakan ulang. Selain itu bisa dengan memberikan soal-soal latihan kepada siswa yang memang sudah memahami dengan baik suatu materi. 
  2. Memberi penugasan berupa membaca referensi yang berisi informasi yang lebih mendalam terhadap materi yang sudah dipelajari. Mereka bisa diminta untuk ke perpustakaan dan membaca literatur yang ada. Bisa juga sambil mencatat hal penting dan menarik yang sekiranya mereka dapatkan dari bacaan tersebut. 
  3. Memberi tugas berupa kerja kelompok agar siswa makin memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi materi bersama dengan teman-temannya. Aktivitas di dalam kelompok antara lain bisa berupa diskusi, memecahkan masalah secara bersama-sama, menyusun argumen ataupun mengerjakan proyek yang sesuai dengan materi pengayaan yang ada. 
Itulah pengertian dan tujuan program pengayaan beserta dengan bentuk pelaksanaannya. Baca juga artikel lainnya, seperti 9 kode etik guru Indonesia terbaru

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Program Pengayaan : Pengertian, Tujuan dan Bentuk Pelaksanaannya"