11 Sumber Ide Untuk Menulis Skripsi

11 Sumber Ide Untuk Menulis Skripsi

[Skripsi | Ide Menulis Skripsi] Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai sumber-sumber ide yang bisa kita gunakan untuk menulis skripsi/judul skripsi. Silahkan pilih yang paling cocok dengan anda saat ini. Semoga bermanfaat.


11 Sumber Ide Untuk Menulis Skripsi

Menulis skripsi kadang menyenangkan, tapi lebih sering menyebalkan. Selain harus meluangkan perhatian dan tenaga ekstra, skripsi tak jarang juga membuat psikologi mahasiswa menjadi kacau. Terlebih bila ada dalam keadaan stuck. Untuk itu, dalam artikel ini kami berikan sumber-sumber ide yang bisa digunakan untuk menulis skripsi, atau bahkan sejak dalam tahap pengajuan judul skripsi.



1. Sering-Sering Kunjungi Perpustakaan Kampus atau Kampus Lain.

Perpustakaan masih menjadi tempat terbaik untuk mencari ide seputar skripsi, entah itu judul maupun soal teknis lainnya. Mengapa? Karena di sanalah terkubur dengan tenang tersimpan dengan rapi karya-karya para mahasiswa.

Maka dari itu, tidak salah jika esai edukasi dot com menempatkan perpustakaan sebagai sumber ide nomor satu untuk penulisan skripsi.

Sayangnya banyak mahasiswa, mungkin juga anda, yang hanya berkutat di perpustakaan miliki kampus sendiri saja.

Padahal justru dengan berjalan-jalan di perpustakaan di kampus lain, ide-ide segar bisa bermunculan lebih besar. Maka dari itu sebaiknya mulai untuk membuat kartu perpustakaan kampus lain, atau berkorespondensi untuk menanyakan syarat-syarat meminjam buku dari kampus lain, khususnya anda yang sudah mendekati saat penulisan skripsi.

     2.   Bertanya Kepada Kakak Senior.

Berdiskusi dengan kakak senior juga merupakan langkah yang baik untuk mendapatkan ide perihal penulisan skripsi. Kakak senior pasti lebih berpengalaman dalam menulis dan membuat skripsi, entah itu masalah teknis maupun non teknis.

Silahkan mulai dari sekarang anda mencari atau mendekati kakak senior yang mumpuni untuk bisa dijadikan sumber ide penulisan skripsi. Sekali lagi, yang mumpuni.

3.  Bertanya Kepada Anggota Keluarga yang Sudah Lulus.

Tentu ada diantara keluarga besar atau handai taulan yang pernah berkuliah. Meminta nasihat mereka juga merupakan salah satu cara yang baik dalam mencari sumber ide perihal penulisan skripsi. Apalagi jika mereka ternyata antusias dalam memberi masukan, maka bukan tidak mungkin selain nasehat perihal penulisan skripsi juga mendapat nasihat lain, seperti cepat kawin tips mendapat pekerjaan, cara melamar kerja, dll.


Jangan salah, toko loak kadang memiliki harta karun yang tersembunyi berupa buku-buku kuno yang sangat bermanfaat. Maka jangan ragu untuk memasukkan toko buku/loak juga sebagai sumber ide dalam penulisan skripsi.

4.  Searching di Internet.

Sangat cocok untuk anda yang tidak suka berbasa-basi dengan manusia lainnya. Atau yang kampusnya tidak memiliki fasilitas perpustakaan. Internet adalah sebuah universe maha luas. Di dalamnya anda bisa mencari banyak hal tidak berguna yang bermanfaat sebagai sumber ide penulisan skripsi. Situs-situs seperti Medium, TED X, maupun Quora juga bisa jadi rujukan.

5.  Berlangganan Jurnal Ilmiah.

Agak mahal tapi semua butuh pengorbanan, bukan? Terlebih bagi anda yang ambisius dan ingin agar skripsi anda membuat semua orang yang membaca berdecak kagum karena tingkat intelektualitas serta cara penulisan yang luar biasa aneh hebat.

Jika anda adalah rakyat jelata mahasiswa yang mungkin belum memiliki cukup banyak uang, boleh memburu jurnal-jurnal bekas di toko buku/loak. Jangan salah, toko loak kadang memiliki harta karun yang tersembunyi berupa buku-buku kuno yang sangat bermanfaat. Maka jangan ragu untuk memasukkan toko buku/loak juga sebagai sumber ide dalam penulisan skripsi.
     
     6.  Membaca Buku Ilmiah.

Buku-buku ilmiah juga bisa menjadi sumber ide bagi penulisan skripsi. Ingat, buku ilmiah. Karena buku jenis ini tentu saja mengandung banyak hal yang sudah terverifikasi dan memiliki teknis penulisan selayaknya karya ilmiah.

Tidak hanya pada tahap pencarian ide judul skripsi, tahap-tahap selanjutnya dalam pembuatan skripsi juga akan sangat terbantu jika anda rajin membaca buku ilmiah yang sesuai. Maksudnya, jika andaadalah mahasiswa kedokteran, maka bacalah buku ilmiah mengenai cara membuat web kedokteran, medis, obat-obatan atau hal-hal yang terkait.

     7.  Membaca Majalah Populer.

Membaca majalah populer juga bagus. Majalah-majalah seperti playboy Tempo, Historia, Time sangatlah bagus dan layak untuk masuk sebagai salah satu sumber ide yang baik untuk judul skripsi. 
Bahkan jangan hanya yang terbitan terbaru, terbitan yang lama juga memiliki kandungan “gizi intelektual” yang tak kalah “lezatnya.”

8Mengobrol dengan Asdos.

Mengapa Asdos? Tentu mengObrol dengan dosen jelas jauh lebih baik. Tetapi itu dinamakan konsultasi, bukan mengobrol. Dan lebih banyak dosen yang tidak punya waktu buat andasibuk dengan urusan yang jauh lebih penting yang berkaitan dengan kemashalatan masyarakat luas daripada dosen yang bisa dijadikan teman ngobrol yang benar-benar hanya teman ngobrol. Khususnya ngobrol skripsi. Maka asdos bisa jadi alternatif. Kita asumsikan saja asdos pasti memiliki tingkat intelektual yang mumpuni dan mengerti mengenai karakter penulisan skripsi. Entah jika ada asdos yang berbeda dari itu, mungkin lebih cocok dijadikan teman mengobrol perkara sepak bola atau artis yang lagi ngetop.

9. Subscribe dan Ikuti Esai Edukasi Dot Com

Tentu saja. Blog yang fokus membahas isu-isu seputar pendidikan, teknologi dan pengembangan karir ini menempati posisi nomor satu sebagai situs yang wajib anda subscribe. Entah anda adalah mahasiswa, bapak/ibu guru, supervisor, pencari kerja, bahkan menteri sekalipun, tetap wajib untuk mensubscribe EsaiEdukasi Dot Com.

    10. Membentuk Grup WA

Ini bisa menjadi alternatif jika teman-teman yang anda masukkan dalam grup WA adalah tipe teman yang sama-sama ingin cepat lulus dan memiliki pengetahuan yang baik. Tetapi jika ternyata daftar dari teman anda lebih banyak yang bertipe sebaliknya, maka silahkan dipikirkan apakah cara ini termasuk cara yang baik untuk dijadikan sumber ide penulisan skripsi atau tidak.

 11. Mendaftar di Lembaga Bimbingan Belajar

Ada banyak LBB yang siap membantu anda para mahasiswa yang sedang dalam tahap penulisan skripsi. Jika memang membutuhkan bantuan dan bimbingan dalam penulisan skripsi atau sekedar ide, tidak masalah. Tetapi tentu saja semua itu tidaklah gratis.

Konklusi: Dalam menulis skripsi, kita membutuhkan banyak input ide. Ada yang sederhana, seperti berkunjung ke perpustakaan. Ada pula yang membutuhkan biaya, seperti membeli buku ilmiah atau berlangganan jurnal. Silahkan pilih mana yang paling baik dan cocok.

Untuk selanjutnya silahkan baca artikel yang juga tidak kalah penting, yakni panduan membuat judul skripsi.

Dukung kami

Kami butuh dukungan anda. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan komen dan share ke media sosial anda.

Subscribe juga ke blog kami untuk mendapatkan update post dan info menarik lainnya. 



Rock You As Always

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-



Post a Comment

0 Comments