Ciri-ciri Seorang Guru Yang Hebat

Ciri-ciri Seorang Guru Yang Hebat


Insight: Ini adalah artikel ketiga dari Seri : Menjadi Guru Yang Hebat. Dalam artikel ini, esai edukasi dot com akan membahas mengenai ciri-ciri seorang guru yang hebat. Kami percaya ciri-ciri tersebut ada dalam diri anda.

Ciri-ciri Seorang Guru Yang Hebat


Selamat datang kembali di blog sederhana kami, esai edukasi dot com.

Seperti yang telah kami janjikan, di artikel ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari guru yang hebat.

Jika anda melewatkan artikel sebelumnya, kami sarankan agar anda membacanya dahulu sebelum meneruskan petualangan kita.

Baiklah, mari sekarang kita bahas mengenai ciri-ciri seorang guru yang hebat.

Menginginkan Perubahan

Ini adalah ciri pertama dan mungkin yang paling utama. Guru yang hebat memiliki suatu panggilan yang tidak biasa. Ia tidak akan tenang melihat ketidakberesan terjadi. Tangannya selalu gatal untuk membenahi, pikirannya selalu berputar bagai gasing. Inilah keterbebanan. Sebuah panggilan khusus yang datang dan berasal dari lubuk hati yang paling dalam.

Ini bukan melulu perkara panggilan profesi atau pekerjaan. Guru yang hebat memiliki telinga dan hati untuk mendengar suatu panggilan yang jauh lebih murni dan lebih dalam. Panggilan kemanusiaan.

Baginya, ketidakberesan harus segera diselesaikan, khususnya yang menyangkut tentang dirinya dan murid-muridnya. Ini bisa banyak hal: keadaan murid yang makin jauh dari harapan, sekolah yang tidak tertib, rekan kerja yang malas, sampai pada tataran sistem.

Panggilan dari hatinya ia sambut dengan sukacita dan pada akhirnya bermuara pada keinginan akan adanya perubahan. Perubahan yang tentu saja mengarah pada keadaan dan kondisi yang lebih baik.

Walau begitu, satu hal yang harus kita bersama ingat, ada ‘sedikit’ perbedaan antara guru yang hebat, yaitu anda, dengan guru menyebalkan.

Tentu saja ada perbedaan antara guru yang hebat dengan guru yang menyebalkan. Guru yang menyebalkan adalah suatu istilah yang merujuk pada mereka yang sama-sama kritis, tetapi hanya sampai pada tataran menuntut, bukan memikirkan apalagi memberi solusi dan melakukan aksi nyata.

Guru-guru menyebalkan ini adalah mereka yang reaksioner namun sangat anti-kritik, menentang sistem jika itu merugikan dirinya tapi membela segala sesuatu asalkan itu menguntungkan baginya. Ia seolah-olah mirip dengan si guru hebat, yaitu anda, tetapi pada dasarnya panggilannya hanya terbatas bata membongkar sistem, bukan membangunnya.

Haus Untuk Meningkatkan Kemampuan

Bagi guru yang hebat, profesinya sebagai seorang pendidik justru mendorongnya untuk makin menambah ilmu dan wawasannya. Ia tak segan untuk bertanya bahkan kepada mereka yang lebih muda sekalipun. Inilah sebenarnya saripati dari pendidikan, dimana sejatinya pendidikan itu adalah suatu proses kesadaran seorang insan untuk senantiasa belajar.

Guru yang hebat tentu saja hobi membaca. Selalu ada buku untuk disantap. Baginya membaca adalah suatu kegiatan yang wajib.

Guru yang hebat juga tak ragu untuk mengikuti kursus atau pelatihan tertentu dan mengikutinya dengan serius, bukan terpaksa. Baginya, menambah wawasan dan skill berarti menambah senjatanya untuk memenuhi panggilannya sebagai seorang guru.

Ciri-ciri lain dari guru yang hebat adalah selalu mengevaluasi dirinya sendiri, baik dalam penyampaian materi, penyusunan rencana pembelajaran, maupun penilaian siswanya.

Baginya ada banyak hal yang harus dipelajari dan terlalu banyak kesempatan yang harus terbuang jika melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Waktu adalah suatu anugerah yang penting dan guru yang hebat tak akan menyia-nyiakannya.

Bagaimana, anda memiliki ciri-ciri ini bukan? Setidaknya jika anda setuju, maka anda harus yakin, andalah salah satu dari guru hebat yang sebentar lagi akan beraksi.

Menjaga Integritas

Ini juga adalah ciri-ciri wajib yang dimiliki seorang guru yang hebat. Guru yang hebat pastilah seorang yang lurus, dapat dipercaya dan bisa menjadi pemimpin yang baik. Terlihat terlalu berat? Sebenarnya tidak. Mari kita bahas satu persatu.

Tidak ada manusia yang sempurna, tapi selalu ada manusia-manusia hebat yang bangkit dari keterpurukan lalu bersedia untuk berjuang menjadi lebih baik lagi. Tak terkecuali seorang guru yang hebat.

Guru yang hebat adalah manusia biasa, bukan seorang dewa atau manusia super yang luput dari kesalahan. Tapi setidaknya tindakannya adalah lurus, tidak melenceng ke kiri dan kanan. Ia menghargai nilai-nilai yang ia pegang dan ia ajarkan pada murid-muridnya, lalu juga melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Maksudnya, ia tak akan pernah dengan sengaja melakukan tindakan asusila, amoral dan melanggar norma karena pada saat yang sama ia adalah seorang guru yang mengajarkan hal itu pada murid-muridnya.

Ia juga berintegritas dalam hal tindakan dan ucapan. Ia melakukan apa yang ia katakan dan ia katakan apa yang ia lakukan. Di jaman ini, nampaknya kejujuran menjadi suatu barang yang langka. Maka jika anda memilikinya atau berniat akan memilikinya, selamat, anda adalah guru yang luar biasa. Setidaknya akan menjadi demikian.

Karena memiliki integritas, maka seorang guru yang kita impikan ini pastilah juga seorang pemimpin yang hebat. Ia tidak hanya mengatur dan memimpin siswanya namun juga memiliki kewibawaan yang berasal dari karakternya yang lurus dan berintegritas itu. Di lain kesempatan kita akan membahas bahwa menjadi guru adalah juga menjadi seorang pemimpin.

Menginspirasi

Ia tidak hanya berbicara melalui kata-kata, namun juga tindakan nyata.

Ia mendorong siswanya untuk memaksimalkan potensi mereka, bahkan jika perlu melampaui pencapaiannya sendiri selama ini.

Ia tak henti-hentinya memberi nasehat pada mereka yang cerdas agar tetap rendah hati dan mau menolong teman yang kesusahan.

Ia juga tak pernah lelah menuntun yang lemah agar tidak putus asa dan mau untuk senantiasa bangkit.

Ia guru yang hebat. Ia menginspirasi.

Itulah ciri-ciri dari seorang guru yang hebat. Kami percaya anda memiliki ciri-ciri tersebut. Setidaknya anda berniat untuk memilikinya.

Maka mari sekarang kita lanjutkan petualangan kita. Di artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai tantangan yang akan anda hadapi.

Konklusi: Menginginkan perubahaan untuk kemajuan, haus akan wawasan dan pengetahuan, berintegritas dan menginspirasi adalah ciri-ciri guru yang hebat. 

Post a Comment

0 Comments