5 Teori Pendidikan Paling Populer

Teori pendidikan adalah suatu upaya untuk menjelaskan, menguraikan dan menarik kesimpulan perihal bagaimana dan apa saja hal-hal yang terjadi serta mempengaruhi jalannya proses belajar mengajar.

Teori pendidikan dikemukakan oleh para ahli yang merupakan hasil dari pengamatan atau eksperimen melalui metode yang sistematis terhadap proses pembelajaran yang sedang terjadi.

Ada 5 teori dalam dunia pendidikan yang menjadi acuan bagi banyak pihak. Semuanya memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Lantas mana teori pendidikan yang terbaik dan paling cocok untuk kondisi dewasa ini?

Seperti bidang yang lain, dunia pendidikan juga memiliki banyak sekali teori. Semuanya itu lahir dari penelitian yang mendalam sekaligus tercipta sebagai sebuah upaya menjawab berbagai problematika yang ada.

teori-teori pendidikan
Macam-macam teori pendidikan

Walau begitu sangat disayangkan ada banyak guru dan pendidik yang tidak mengenal atau bahkan mengetahui teori-teori tersebut. Padahal dengan mengetahuinya, setidaknya para pengajar akan memiliki gambaran untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas.

Lantas apa saja teori dalam dunia pendidikan yang harus diketahui. Berikut Esai Edukasi akan mengulas macam-macam teori pendidikan paling populer yang harus Anda kenal.

1. Teori Behaviorisme


Ini adalah teori pendidikan klasik paling populer dan terus diajarkan di berbagai universitas serta institusi lainnya.

Teori behaviorisme adalah sebuah teori yang berpendapat jika perkembangan peserta didik sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat ia berada.

Sedang menurut Gage dan Berliner dalam bukunya berjudul Educational Psychology mereka mengungkapkan bahwa teori behavioristik percaya bahwa perubahan tingkah laku merupakan hasil dari pengalaman manusia.

Beberapa kata kunci dari teori ini adalah stimulus dan respon. Keduanya merupakan suatu kesinambungan dan saling terkait.

Beberapa tokoh terkenal dari teori behaviorisme antara lain : Pavlov, Skinner, Thorndike dan Guthrie. Untuk uraian lebih lanjut tentang teori behaviorisme, silahkan kunjungi artikel berikut. 

2. Teori Kognitivisme


Teori kognitivisme adalah teori yang menyatakan perkembangan sangat berkaitan dengan bagaimana peserta didik membangun sebuah pemahaman yang ada di dalam pikirannya.

Teori ini sangat berkaitan erat dengan upaya untuk menanamkan pemahaman kepada peserta didik melalui proses pendidikan yang efektif.

Para penganut teori kognitivisme mengandaikan cara berpikir manusia seperti komputer, yakni ada proses input data, mengolahnya dan kemudian mengeluarkan hasil akhir.

Beberapa tokoh penting dari teori kognitivisme antara lain Jean Piaget dan Noam Chomsky.

3. Teori Konstruktivisme


Teori konstruktivisme adalah teori pendidikan yang mempercayai bahwa peserta didik mampu membangun pemahamannya sendiri asal mereka diberi kebebasan dan tanggung jawab untuk melakukannya.

Teori ini lebih mementingkan peran peserta didik sebagai subyek pembelajaran, bukan semata obyek yang hanya menerima materi dari guru.

Teori konstruktivisme menghendaki peran lebih luas dari guru yakni sebagai motivator dan fasilitator agar siswa dapat membangun pemahaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan.

Beberapa tokoh penting dari teori konstruktivisme adalah Dewey, Vygotsky dan Bruner.

4. Teori Humanistik


Teori humanistik dalam dunia pendidikan memainkan peranannya secara cukup signifikan khususnya paska perang dingin berakhir.

Teori humanistik adalah teori pendidikan yang berfokus pada kepercayaan bahwa peserta didik harus dibantu untuk menemukan dirinya sendiri sebagai seorang manusia seutuhnya.

Maka jangan heran jika teori humanistik berkaitan erat dengan filsafat kemanusiaan, yakni memandang pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia. Tokoh sentral dari teori pendidikan humanistik adalah Abraham Maslow.


5. Teori Pendidikan Abad 21


Ini adalah teori pendidikan terkini yang sedang naik daun seiring berjalannya waktu, semakin populernya internet dan datangnya era industri 4.0 yang mengguncang dunia.

Teori pendidikan abad 21 adalah teori yang menekankan pentingnya pembelajaran bermakna yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Teori ini juga menuntut guru untuk melangsungkan pembelajaran yang menyenangkan namun tetap efektif.

Dengan datangnya era digital dan robotisasi industri, maka peserta didik harus mendapatkan pendidikan terkini yang sesuai dengan skill yang dibutuhkan dan sesuai dengan tuntutan jaman.

Penggunaan media yang efektif serta materi yang terkoneksi dengan dunia nyata menjadi sebuah keharusan bagi teori pendidikan abad dua puluh satu atau 21st Century Learning.

Teori ini pula yang nantinya mempengaruhi berbagai model pembelajaran modern yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, seperti flipped classroom, e-class, atau Internet of Thing.

Beberapa tokoh yang bisa dikaitkan dengan teori ini adalah Salman Khan, Steve Jobs, Stephen Hawking, dan Elon Musk.



Itulah 5 macam teori pendidikan paling populer dan berpengaruh dalam dunia pedagogi yang harus Anda ketahui sebagai seorang guru, calon guru maupun aktivis pendidikan.

Lantas bagaimana menurut Anda? Manakah dari semua macam teori pendidikan tersebut yang paling baik? Apakah teori behavioristik, kognitivisme, humanistik, konstruktivisme atau konsep pendidikan abad 21?

Post a Comment

0 Comments