Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tujuan Pendidikan

Setelah memahami arti dan pengertian pendidikan, maka satu lagi yang perlu dipahami adalah tujuan dari pendidikan. Hal ini penting agar segala proses serta upaya yang dilakukan tidak melenceng dari apa yang sudah digariskan. 

Tujuan Pendidikan Nasional

esai tentang tujuan pendidikan
Tujuan Pendidikan

Indonesia sendiri sudah mengkonsep sebuah sistem pendidikan nasional. Di dalamnya juga terkandung hakikat dan tujuan dari pendidikan nasional yang diselenggarakan baik secara formal maupun informal dalam berbagai jenjang yang ada.

Dalam undang-undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 dijelaskan bahwasanya tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Ada beberapa poin menarik merujuk pada arti serta penjabaran dari tujuan tersebut. Pertama, pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan potensi siswa. Jadi harus diakui bahwa subyek dan obyek dari pendidikan yang utama adalah siswa. Mereka memiliki potensi yang harus dikembangkan dengan baik melalui pemberian layanan pembelajaran, pengajaran dan bimbingan yang bermutu.

Adapun upaya pemberian layanan pengajaran tersebut tidak lain serta tidak bukan adalah untuk membentuk manusia Indonesia agar memiliki karakter, kemampuan dan keterampilan yang mumpuni yang dalam penjabaran di atas adalah : 

  • beriman serta bertakwa pada Tuhan YME
  • memiliki akhlak yang mulia
  • sehat
  • berilmu
  • cakap
  • kreatif
  • mandiri
  • berjiwa demokratis
  • bertanggung jawa

Memang mudah rasanya jika hanya membaca dan membahas saja tujuan tersebut secara teori, tetapi dalam pelaksanaannya sangatlah susah. 

Kerjasama Semua Pihak

Bukan Semata Pemerintah

Pemerintah memiliki domain penting dan utama dalam pelaksaan proses pembelajaran, termasuk diantaranya mencakup penyusunan undang-undang, membuat anggaran, mengembangkan kemampuan guru melalui berbagai program, menyediakan sarana pendidikan dan strategi lainnya. 

Namun tugas agar Indonesia bisa mencapai tujuan tersebut bukan hanya di benak pemerintah. Semua pihak harus turut bekerja dalam mencapainya. 

Guru dan Sekolah

Guru adalah ujung tombak dalam sebuah sistem pendidikan. Guru adalah sosok penting dimana menjadi penyelenggara pendidikan terdepan karena langsung bersinggungan dengan siswa serta orang tua.

Pelibatan guru dan pihak sekolah dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional adalah hal yang mutlak diperlukan. Jadi seyogyanya guru harus terus di-upgrade kemampuannya, khususnya dalam meningkatkan wawasan serta memperkaya teknik mengajar yang dimili. 

Masyarakat

Pun demikian masyarakat luas juga harus ambil bagian. Menyerahkan siswa semata kepada sekolah adalah sebuah tindakan tidak bijak serta hanya berujung kegagalan. Ingat bahawasannya pendidikan bisa jadi sebuah investasi terpenting bagi negara. Karena dengan pendidikan, generasi penerus masa depan dicetak. 

Untuk itu perlu adalah sinergi dari berbagai pihak termasuk : 

  1. Orang tua
  2. Dunia usaha
  3. Tokoh masyarakat
  4. Ahli dan cendekia

Semua orang harus mau terlibat demi bisa mensukseskan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, bermutu dan bisa menjawab tantangan jaman. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Tujuan Pendidikan "