Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Definisi Pendidikan Dari Berbagai Sumber

Banyak orang masih belum memahami pengertian, hakikat dan definisi pendidikan. Melalui artikel ini diharapkan kita bisa lebih tahu arti dari kata tersebut. 

Ada beberapa sumber yang bisa dipakai sebagai rujukan dalam mencari makna dan hakikat sejati dari pendidikan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

UU Sisdiknas No 20 tahun 2003

Menurut undang-undang sistem pendidikan nasional tahun 2003 nomor 20 dijelaskan dengan gamblang bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Hal ini bisa menjadi dasar bagaimana pengelolaan pendidikan di tanah air, baik melalui lembaga formal maupun non-formal seharusnya dijalankan. Sebagai sebuah proses pembelajaran, semua pihak harus turut aktif membantu peserta didik agar berhasil mendapatkan layanan pendidikan yang terbaik. 

Mengingat hal tersebut, maka dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran yang baik, pihak-pihak terkait perlu melakukan strategi pembelajaran yang terbaik untuk mendukung hal tersebut, termasuk juga memilih metode dan bahan ajar. 

Ki Hajar Dewantara

Sedangkan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah pembudayaan buah budi manusia yang beradab dan buah perjuangan manusia terhadap dua kekuatan yang selalu mengelilingi hidup manusia yaitu kodrat alam dan zaman atau masyarakat (Dewantara II , 1994). Dengan demikian, pendidikan itu sifatnya hakiki bagi manusia sepanjang peradabannya seiring perubahan jaman dan berkaitan dengan usaha manusia untuk memerdekakan batin dan lahir sehingga manusia tidak tergantung kepada orang lain akan tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.

Perlu diketahui jejak perjuangan Ki Hajar Dewantara sudah tidak perlu diragukan lagi. Kontribusi beliau terhadap masyarakat dan bangsa Indonesia sangatlah tinggi. Itu mengapa Pemerintah akhirnya memberikan penghargaan sebagai pahlawan sekaligus bapak Pendidikan Indonesia . 

John Dewey

Arti dan makna pendidikan juga bisa dirujuk dari definisi yang dikeluarkan para ahli, contohnya dari seorang penulis terkenal bernama John Dewey.

Dalam bukunya yang berjudul Democracy and Education, John Dewey menulis dengan baik makna dari edukasi sebagai sebuah layanan dasar untuk manusia. 

Pendidikan menurut John Dewey adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Hal yang unik di sini adalah ternyata pendidikan bisa berlangsung bahkan tanpa bantuan eksternal dari pihak lain alias dilakukan secara mandiri oleh peserta didik yang haus akan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang ingin dikembangkan dalam konsep pembelajaran discovery learning

Martinus Jan Langeveld

Sedangkan menurut ahli edukasi terkemuka dari Universitas Utrech Belanda bernama Martinus Jan Langeveld, pendidikan adalah upaya menolong anak untuk dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab secara susila. Pendidikan merupakan usaha manusia dewasa dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan.

arti dan makna pendidikan
Pengertian Pendidikan

Itulah arti dan penjelasan lengkap dari para ahli tentang definisi pendidikan. Selanjutnya mari kita ketahui apa sebenarnya tujuan pendidikan bagi umat manusia? Seperti apa dinamika yang dihadapi. Baca juga artikel lainnya tentang Blended Learning sebagai upaya memberikan layanan edukasi terkini. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "4 Definisi Pendidikan Dari Berbagai Sumber"