Menakar Kelebihan dan Kekurangan Metode Flipped Classroom.

Menakar Kelebihan dan Kekurangan Metode Flipped Classroom.

[Metode Flipped Classroom | Kelebihan dan Kekurangan Flipped Classroom] 

Sebagai sebuah metode pendidikan, flipped classroom tidak lepas dari kekurangan. Walau metode ini menjadi salah satu ikon revolusi pendidikan secara global menuju era education 4.0, namun nyatanya terdapat beberapa celah yang tidak bisa disepelekan.

kelebihan dan kekurangan flipped classroom / esaiedukasi.com


Menakar Kelebihan dan Kekurangan Metode Flipped Classroom.
Pada kesempatan sebelumnya, esai edukasi dot com sudah membedah secara mendalam sejarah kemunculan metode flipped classroom, mulai dari ide seoang Alison King hingga penemuan tidak sengaja yang dilakukan J. Bergman dan Aaron Sams. (Baca di sini)

Kali ini kami mengajak anda semua untuk melihat lebih dalam kelebihan sekaligus kekurangan metode pendidikan flipped classroom.

Semoga dengan hal ini mampu menambah wawasan kita semua untuk memilih metode yang tepat dalam memfasilitasi proses belajar mengajar bersama para siswa di kelas. Selain itu diharapkan bahasan kali ini dapat menjadi stimulus untuk membangkitkan inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia sesuai cita-cita kami.

Kelebihan Metode Flipped Classroom.

Efesiensi waktu. Dengan adanya materi yang diberikan sebelum kelas dimulai, maka jelas akan terjadi efisiensi waktu. Apapun bentuk media yang digunakan, mulai dari audio-visual di sebuah aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone siswa, atau sebuah modul lengkap dengan latihan dan anjuran referensi lanjutan, semuanya bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaran.

Eksplorasi dan elaborasi dapat lebih luas dan dalam. Ini karena guru tidak perlu lagi menyampaikan pengenalan materi, semacam lead-in yang akan menjembatani materi awal dan materi utama. Guru dan siswa akan lebih punya kesempatan untuk membahas hal-hal yang substansial atau bahkan memperluas cakupan materi.

Proses pembelajaran akan lebih menarik. Hal ini tidak lepas dari digunakannya media pembelajaran yang variatif, seperti video atau aplikasi digital. Siswa akan lebih menikmati jalannya pembelajaran selagi menyerap materi yang diberikan.

Sebuah stimulus untuk memacu kreatifitas guru. Ini karena guru akan tertantang membuat konten yang bermanfaat dan menarik. Alhasil guru akan mengerahkan segala daya imajinasi dan kreatifitasnya untuk melakukan hal tersebut.

Kekurangan Metode Flipped Classroom.

Lalu apakah metode flipped classroom ini sudah sempurna? Tidak ada gading yang tak retak. Metode Flipped classroom-pun demikian. Berikut adalah beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut.

pengertian dan definisi flipped classroom / esaiedukasi.com


Sarana dan prasarana yang tidak menunjang. Tidak semua sekolah, guru, terlebih siswa memiliki sarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan metode flipped classroom. Hal ini adalah kenyataan sekaligus bukti bahwa sebaik apapun flipped classroom, khususnya yang menitikberatkan pada IT, memiliki celah yang begitu lebar.

Berpotensi menjadi beban bagi guru. Karena selain harus mengurus administrasi serta menyiapkan rencana pembelajaran, guru juga harus membuat konten untuk diunggah ataupun menulis modul untuk dipelajari sebelumnya.

Memicu stress pada siswa. Jelas siswa akan memiliki tambahan ‘beban’ untuk mempelajari materi. Tentu saja tidak semua siswa mampu dan mau untuk melakukannya. Justru kemungkinan yang terjadi, siswa bisa saja menjadi stress.

Ekstra monitoring dan pendampingan. Kecuali memakai media LMS ataupun aplikasi interaktif, tidak ada yang bisa memastikan siswa benar-benar membaca atau setidaknya menonton video yang sudah dibuat oleh guru.

Jika dilihat dari pembahasan di atas, maka jelas terdapat kelebihan sekaligus kekurangan dalam metode flipped classroom ini. Hal ini bersifat global sekaligus kausatik. Dalam kasus dan skala tertentu, misal kurangnya sumber daya manusia, pelaksanaan flipped classroom yang dipaksakan hanya akan mengarah pada kegagalan. Terutama jika guru yang bersifat guru dinosour, yakni tidak siap terhadap perubahan jaman.
Refleksi Sebelum Melangkah [Beberapa Masukan Dari Esai Edukasi Dot Com]
Sebelum memilih suatu metode pembelajaran, pihak sekolah atau guru setidaknya harus berefleksi dan melihat kenyataan, bukan hanya berpegang pada cita-cita semata. Apakah semua sumber daya manusia dan teknologi sudah mumpuni?

Esai Edukasi Dot Com sebagai sahabat guru dan orang tua dalam memajukan pendidikan Indonesia, merangkum beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan masukan dalam konteks pelaksanaan metode flipped classroom.
  • Menggunakan Learning Management System (LMS) untuk memantau perkembangan pemahaman siswa. (di lain kesempatan kami akan membahasnya lebih dalam dan terperinci).
  • Berkolaborasi dengan orang tua/ wali murid untuk memantau proses pembelajaran mandiri yang dilakukan siswa.
  • Senantiasa mengevaluasi progress dari metode flipped classroom secara berkelanjutan.
  • Menampung saran dari siswa dan orang tua dalam memantau keberhasilan maupun kegagalan dari metode ini.
  • Melakukan cek silang antar guru/supervisor terhadap semua materi/konten yang dibuat guru.
  • Memberikan tugas yang bersifat proyek agar benar-benar dapat memantau progress dari siswa. 
[Konklusi : sebagai sebuah metode, flipped classroom memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Semua komponen dan elemen harus benar-benar mengerti apa itu flipped classroom jika serius memilih metode ini dalam proses belajar mengajar. Di artikel berikutnya esai edukasi dot com akan membahas mengenai tutorial penggunaan metode flipped classroom dalam proses pembelajaran.]

Dukung Kami.
Esai Edukasi Dot Com adalah sebuah blog kecil dengan mimpi yang besar. Kami ingin membangun Indonesia melalui Pendidikan, khususnya menghadapi era Industri 4.0

Kami tak mungkin melakukannya sendirian, tetapi bersama anda kita pasti bisa melakukan sesuatu.

Dukung Esai Edukasi untuk terus memberikan artikel-artikel pilihan dengan cara memberi komentar di kolom komentar.

Share juga artikel dari kami agar semakin banyak orang yang bisa menikmatinya.

Ini sangat berarti bagi kami.

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-



Subscribe juga ke blog kami untuk mendapatkan update post dan info menarik lainnya. 

  


Rock You As Always

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-

Post a Comment

1 Comments

  1. Bagus sekali, sebuah metode memang tidak ada yang sempurna...

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)