Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Antara Pendidikan dan Pengajaran

Apakah pendidikan dan pengajaran adalah dua hal yang sama persis? Pertanyaan ini cukup menggelitik dan mungkin banyak yang tidak bisa menjawab dengan lugas karena memang terdapat persamaan sekaligus perbedaan yang signifikan antara mendidik dan mengajar

Pendidikan Vs Pengajaran

Untuk memahami lebih jauh perbedaan pendidikan dan pengajaran, maka perlu meneliti, menelisik dan mengulas kembali pendapat yang sudah dikemukakan oleh para ahli di bidang pedagogi maupun kependidikan.

Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan berasal dari kata didik. Adapun artinya adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. (Untuk definisi pendidikan lainnya, silahkan baca artikel kami mengenai arti pendidikan terlengkap.)

Sedangkan masih dari sumber yang sama, pengajaran berasal dari kata ajar. Adapun artinya adalah :

  1. Proses, cara, perbuatan mengajar atau mengajarkan
  2. Perihal mengajar; segala sesuatu mengenai mengajar
  3. Peringatan.

Bisa disimpulkan bahwa kedua kata tersebut memiliki kesamaan, yakni sama-sama kata benda dan punya arti yang cukup mirip, yakni memberi tahu. Namun pendidikan memiliki arti dan makna yang jauh lebih luas dari pengajaran. 

Pengajaran lebih kepada proses transfer ilmu dari guru maupun sumber belajar kepada siswa. Sedangkan dalam ranah pendidikan, terjadi upaya untuk membentuk karakter serta membimbing agar menjadi manusia yang berkualitas. 

perbedaan pendidikan dan pengajaran
perbedaan pendidikan dan pengajaran

Itulah perbedaan pendidikan dan pengajaran. Sekarang bacalah artikel tentang tujuan pendidikan agar dapat lebih memahaminya dengan baik. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Pendidikan dan Pengajaran"