Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Media Pembelajaran Google Classroom : Tutorial, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Google Classroom adalah sebuah media pembelajaran yang sangat efektif, efisien dan menarik dalam membantu guru menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran jarak jauh.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan mengupas tuntas cara optimalisasi Google Classroom sebagai media pembelajaran sekaligus sarana manajemen kelas sehingga proses belajar menjadi jauh lebih berkualitas. 

Daftar Isi:

Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran

Media pembelajaran google classroom
Logo Google Classroom

Apakah Anda termasuk guru yang punya jam terbang cukup tinggi serta sudah mengajar lebih dari 10 atau 15 tahun? Jika ya, maka Anda pasti merasakan perubahan dunia pendidikan yang luar biasa.

Semakin hari, dunia pendidikan semakin terintegrasi dengan teknologi. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi model pembelajaran hingga teori pendidikan yang ada. 

Kemunculan e-learning, yakni penggunaan teknologi informasi sebagai bagian dari metode pembelajaran pada akhirnya tidak bisa dihindari lagi. Dan salah satu contoh dari e-learning yang makin populer saat ini adalah penerapan penggunaan Google Classroom atau biasa disingkat GC. 

Mengapa Memakai Google Classroom?

Google Classroom adalah sebuah produk dari Google yang memiliki potensi dan fitur luar biasa untuk mendukung KBM antara guru, siswa, orang tua. 

GC memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan yang sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Berbagai Fitur Google Classroom

Berikut adalah beberapa fitur dari GC yang bisa dimanfaatkan dalam KBM, baik PJJ maupun pembelajaran normal.

Classes 

GC mampu menjadi sebuah wadah bagi para siswa dan guru. Bukan hanya itu saja, GC juga memiliki sebuah keunggulan yang disebut Classes. Dengan fitur ini, Anda sebagai guru bisa membagi GC menjadi kelas-kelas.

Jadi bisa dibilang, Google Classroom adalah sebuah virtual school yang mampu di-partisi menjadi kelas-kelas, baik itu berdasarkan jenjang maupun level.

Calender

GC terintegrasi dengan Google Calender, sehingga Anda tidak akan melewatkan tugas, agenda maupun rencana kegiatan yang ada di classes. 

Hal ini sangat membantu dan harus dioptimalkan agar kinerja Anda, baik dalam hal perencanaan, reviewing, evaluating, grading hingga sekedar mengingatkan siswa atau diskusi menjadi lebih baik dan efektif. 

To Review / Reviewed

To Review / Reviewed adalah fitur dari Google Classroom yang benar-benar sangat membantu guru dalam hal class management. 

Guru bisa mengevaluasi, menganalisa dan merencanakan tugas ataupun materi berikutnya. Laman To Review berfungsi untuk menunjukkan tugas yang belum dievaluasi. Sedang laman Reviewed berisi daftar tugas siswa yang sudah Anda review. 

Stream

Stream adalah beranda dari GC yang memungkin guru memberikan pengumuman, bahan pembelajaran hingga berdiskusi dengan siswa. 

Siswa juga bisa saling berdiskusi dan menggunggah file berupa video, dokumen maupun gambar sehingga sangat efektif dalam menunjang active learning yang memang sangat cocok untuk pembelajaran abad 21 ini. 

Classwork

Classwork adalah fitur unggulan dari Google Classroom yang memungkinkan Anda untuk meletakkan tugas agar bisa dilihat, diunduh ataupun dikerjakan oleh siswa. 

Classwork di GC sangat istimewa, karena : 

  • Guru bisa mengatur due date atau batas waktu pengumpulan.
  • Guru bisa mengatur kapan tugas tersebut bisa muncul dan mulai dikerjakan. 
  • Guru bisa memberikan tugas dalam berbagai bentuk dan platform, termasuk embed dari Youtube, Google Forms ataupun website. 

People

GC memiliki laman People yang mana akan membantu Anda untuk melihat semua siswa dan guru yang ada di Classes. Bisa dikatakan People adalah digital students list yang sangat efektif. Selain berbentuk digital dan paperless, tampilannya juga enak dilihat. 

Melalui laman People ini, Anda juga akan mudah mengirim e-mail kepada satu atau lebih siswa, karena GC sudah terintegrasi dengan gmail. 

Kolom People juga memiliki tombol + yang berfungsi untuk menambah student ataupun teacher yang ingin dilibatkan.

Grades

Dengan Grades, Anda sebagai guru menjadi sangat mudah untuk mengelola penilaian siswa berdasarkan tugas-tugas yang diberikan. Anda tidak butuh lagi legger, buku nilai dan bahkan kalkulator. 

Tampilan Grades di GC sangat bagus, simple tetapi juga jelas. Anda akan dengan mudah melihat nilai dari setiap siswa dalam bentuk kolom-kolom. Pada akhirnya Anda juga bisa mengumpulkan data-data lainnya yang lebih mendetail, bahkan termasuk siswa yang terlambat, tidak mengerjakan hingga progress dan improvement yang sudah dicapai. 

Tutorial Menggunakan Google Classroom

Berikut ini adalah beberapa tutorial terkait mengelola pembelajaran melalui Google Classroom. Silahkan baca dan praktikkan.

Membuka Kelas

  1. Masuk ke Google Classroom menggunakan akun Anda.
  2. Tekan simbol + di pojok kanan atas.
  3. Pilih Buka Kelas.
  4. Beri nama dan pilih gambar cover / tema.
  5. Selesai. Selanjutnya tulis deskripsi kelas.
  6. Buka kelas. 
  7. Klik Tentang.
  8. Tulis deskripsi.
  9. Buat folder untuk arsip kelas di Google Drive. 
  10. Untuk menambahkan Student, klik pilihan Siswa.
  11. Klik kontak. Masukkan email siswa. (Centang). 

Membagikan Materi

  1. Pilih Stream.
  2. Tulis deskripsi.
  3. Jika materi dalam bentuk file, maka klik add, lalu pilih sumber file. 
  4. Pilih Post untuk langsung mengunggah materi. Atau pilih Schedule untuk mengunggah nanti sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

Membagikan Soal

  1. Pilih Classwork.
  2. Pilih Create.
  3. Pilih Assignment. 
  4. Tulis judul dan deskripsi soal.
  5. Atur Schedule.
  6. Atur Due Date.
  7. Atur Points.
  8. Tambahkan file (Google Forms, PPT, dll) dengan tombol Add.
  9. Selesai. 

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Sekarang saatnya Esai Edukasi akan berbagai mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Google Classroom, khususnya sebagai media pembelajaran. Kami akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda semua. 

Kelebihan Google Classroom

Seperti yang sudah dibahas panjang lebar di atas, GC memiliki banyak sekali keunggulan dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Kelebihan itu antara lain : 

  • Mudah diakses. Ini karena Google Classroom memiliki versi desktop dan mobile, sehingga bisa digunakan pada komputer, laptop, tablet, dan ponsel pintar. 
  • Terintegrasi dengan berbagai produk Google lainnya. Sebagai bagian dari Google LLC, maka jangan heran jika GC bisa terhubung dengan Google Forms, Google Drive, Gmail, Google Hangout ataupun Google Search Engine.
  • Gratis. Anda tidak perlu membayar apapun. Inilah salah satu layanan terbaik dari Google. Bahkan Google menyediakan storage yang cukup besar dalam Drive, termasuk versi unlimited untuk Google Edu. 
  • Simpel. Pada dasarnya sangat mudah untuk menggunakan, memaksimalkan dan memanfaatkan Google Classroom, asalkan memahami prinsip dasar serta fitur yang ada. 
  • Stabil. Jarang sekali bahkan nyaris tidak pernah ada gangguan saat menggunakan GC dikarenakan faktor maintenance atau server down. 
  • Kerapihan data yang baik. Dengan GC, Anda sebagai guru bisa dikatakan memiliki tugas yang lebih mudah, karena proses input dan penyimpanan data, file, materi, nilai termasuk agenda sudah ter-cover dengan baik, khususnya karena ada fitur Calender, Drive maupun Spreadsheet. 

Kekurangan Google Classroom

Meski demikian, sebagai sebuah aplikasi ataupun tools, GC juga memiliki beberapa kelemahan, khususnya kaitannya dengan isu pemerataan kualitas pendidikan.

  • SDM guru yang perlu ditingkatkan, sehingga tidak hanya melulu melihat pembelajaran daring sebagai sebuah metode memberi tugas belaka tanpa adanya proses pengajaran dan pembimbingan. 
  • Kecakapan guru dalam memanfaatkan semua layanan yang ada di GC. Ini tentu butuh waktu, effort dan pendampingan/pelatihan yang cukup mengingat sebagai negara berkembang, Indonesia masih belum memiliki kualitas pendidikan yang merata. Khususnya di bidang IT.
  • Ketersediaan ponsel atau gadget lainnya yang menjadi prasyarat bagi penggunaan GC, khususnya bagi siswa.
  • Kurangnya kemampuan dalam hal monitoring pengerjaan tugas dari guru ke siswa. Faktor ini sendiri adalah suatu hal yang umum dalam proses belajar jarak jauh. Bisa diminimalisasi dengan kombinasi PJJ dan pembelajaran offline.

Tips Menggunakan Google Classroom

Sekarang Esaiedukasi.com sebagai sahabat para guru dan orang tua akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan potensi pembelajaran melalui penggunaan Google Classroom. 

Tips Dasar

Jikalau selama ini Anda menggunakan metode pembelajaran konvensional, maka GC adalah hal yang baru. Untuk itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui, mempelajari dan menguasai langkah-langkah dasar. 

Beberapa langkah berikut harus Anda kuasai :

  • Membuat kelas.
  • Membagikan materi di Stream.
  • Membagikan soal di Classwork.
  • Membuat berbagai jenis soal.
  • Mengatur jadwal dan due date.
  • Menilai hasil kerja siswa. 
  • Mengirimkan pesan pribadi. 

Kuasai beberapa langkah di atas agar Anda nantinya mampu memaksimalkan semua kelebihan dan keunggulan Google Classroom dengan baik.

Flipped Learning Model

Google Classroom bisa sangat menunjang pelaksanaan model pembelajaran flipped classroom. Anda bisa memberikan materi kepada siswa di laman Stream sebelum sesi tatap muka. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan terkait dengan pelaksanaan flipped learning menggunakan GC yang bisa menjadi referensi untuk Anda : 

  • Berikan peta konsep atau garis besar materi pembelajaran dalam satu topik kepada siswa melalui laman Stream sebelum memulai suatu unit / tema yang baru.
  • Selalu minta siswa untuk berkomentar ketika selesai mengunduh atau membaca materi yang ada. Ini sebagai indikator siswa sudah membaca materi tersebut.
  • Berikan tautan atau link menuju referensi yang relevan, lengkap dan aman agar siswa bisa mengelaborasi materi lebih lanjut. Hal ini juga sesuai dengan pendekatan CTL dan pendekatan Konstruktivisme.
  • Sesekali minta siswa atau beberapa siswa untuk menuliskan hasil belajar mandiri siswa (merangkum) di kolom diskusi.
  • Selalu tulis pesan kepada siswa di akhir minggu mengenai pembelajaran di minggu berikutnya.

Itulah beberapa hal terkait pelaksanaan pembelajaran flipp yang akan berpotensi meningkatkan kualitas KBM Anda.

Fun Learning 

Beberapa tips berikut akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini : 

  1. Berikan tugas berupa pengamatan, analisa, presentasi atau eksperimen berupa video dan minta mereka mengunggah ke Stream.
  2. Setiap orang akan menilai dan memberi komentar hasil karya temannya.
  3. Anda bisa memberikan reward berupa stiker, topi, atau hadiah lain kepada presenter terbaik.

Metode Drill

Salah satu metode yang cukup populer hingga hari ini adalah drilling. Anda bisa membuat bank soal, karena file yang diunggah ke Classroom akan automatis terarsip. Anda bisa menggunakan soal-soal yang sudah pernah diberikan untuk diulang kembali. 

Pengayaan dan Remedial

Anda juga bisa meminta siswa mengunggah proyek/portofolio ke GC sebagai sarana untuk pengayaan dan remedial. 

Refleksi Pribadi

Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk evaluasi dan refleksi demi peningkatan kualitas mengajar yang sudah Anda miliki : 

  1. Lihat video yang pernah Anda buat dan unggah ke GC. Teliti dan analisa hal-hal yang perlu ditingkatkan. 
  2. Lihat tabel penilaian siswa di Spreadsheet untuk menganalisa tingkat kesulitan ataupun pemahaman siswa.
  3. Buatlah angket melalui Google Forms untuk mengetahui pendapat siswa.
  4. Evaluasi secara umum bagaimana proses belajar mengajar Anda. Gunakan data seperti jumlah siswa yang terlambat mengumpulkan tugas, daftar nilai dan hasil karya siswa untuk mengetahui apakah KBM sudah sesuai ekspektasi Anda. 

Kesimpulan

Ada satu hal yang bisa disimpulkan dari uraian di atas, yakni bahwa Google Classroom bisa menjadi media pembelajaran yang bagus demi meningkatkan kualitas KBM yang ada. Untuk mencapai hasil yang maksimal, ketahui beberapa tips dasar dan jangan ragu untuk terus berinovasi. 

Semoga bermanfaat untuk Anda semua. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Media Pembelajaran Google Classroom : Tutorial, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan"

Model Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran

Media Pembelajaran

Beasiswa

Berlangganan via Email