Blog Tentang Pendidikan Dan Pengembangan Diri

Breaking

10 June 2019

Metode Pembelajaran : Definisi, Jenis dan Fungsinya.

Esai Edukasi - Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? Apa saja jenis metode pembelajaran yang bisa diterapkan kepada para siswa?

Dalam artikel sebelumnya mengenai : Pengertian Model Pembelajaran, Esai Edukasi sudah membahas tuntas tentang beragam model pembelajaran yang ada beserta jenis dan manfaatnya. Kali ini kami akan membahas mengenai Metode Pembelajaran. 

pengertian dan macam-macam metode pembelajaran
Metode Pembelajaran


Pengertian Metode Pembelajaran

Secara umum, definisi dari metode pembelajaran adalah :  suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran.

Selain definisi di atas, kita bisa melihat beberapa definisi lain yang diungkapkan para ahli berikut :

a) Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana, metode pembelajaran merupakan cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar.

b) Sobri Sutikno

Menurut Sobri Sutikno, isitilah metode pembelajaran mengacu pada  cara-cara dalam menyajikan materi pelajaran yang diberikan kepada murid agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

c) Hasby Ashydiqih

Menurut Hasby Ashydiqih, metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan guna mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

d) Abdurrahman Ginting

Pengertian selanjutnya datang dari Abdurrahman Ginting yang mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya supaya terjadi proses pembelajaran pada diri siswa.

e). Ahmadi

Sedang menurut Ahmadi, metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang beberapa cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.

Fungsi Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya suatu pembelajaran. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari metode pembelajaran yang sudah dikenal secara umum :

1. Memotivasi Peserta Didik

Motivasi adalah suatu dorongan di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu, baik secara sadar maupun tidak sadar. Motivasi sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Suatu metode belajar dapat berperan sebagai alat motivasi dari luar  kepada peserta didik. Dengan begitu, maka siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.

2. Sebagai Sarana Dalam Meraih Tujuan Pembelajaran

Metode pembelajaran berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam meraih tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Metode pembelajaran laksana navigasi yang memberikan pemetaan yang jelas bagi guru sebelum melakukan proses pembelajaran.

3. Sebagai Sebuah Upaya Melakukan Pembelajaran Efektif

Pembelajaran yang efektif sangat diperlukan dan merupakan sebuah keharusan. Lawan dari pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang sia-sia, tidak jelas dan ngelantur.

Dalam mewujudkan pembelajaran efektif, perlu adanya kebijaksanaan untuk memilih jenis metode pembelajaran yang sesuai.

Tujuan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran memiliki beberapa tujuan. Adapun beberapa tujuan metode belajar adalah sebagai berikut:

  • Untuk membantu menemukan, menguji, dan menyusun data yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan disiplin suatu ilmu.
  • Untuk memudahkan proses pembelajaran dengan hasil yang baik sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai.
  • Untuk menghantarkan sebuah pembelajaran ke arah yang ideal dengan tepat, cepat, dan sesuai dengan yang diharapkan. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dalam suasana menyenangkan dan penuh motivasi sehingga materi pembelajaran lebih mudah dimengerti oleh siswa.
  • Menjelaskan pengertian tiap-tiap metode mengajar yang dibahas;
  • Menerangkan tujuan yang dicanangkan dari penggunaan setiap metode mengajar;
  • Untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan individualnya sehingga dapat mengatasi permasalahannya dengan terobosan solusi alternatif.
  • Untuk membantu proses belajar mengajar sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan cara terbaik.
  • Mengungkapkan relatif penggunaan tiap-tiap metode mengajar dalam pengajaran;
  • Menyebutkan berbagai kekuatan dan keterbatasan tiap-tiap penggunaan metode mengajar;
  • Menjelaskan prosedur penggunaan tiap-tiap metode dalam pengajaran; dan
  • Merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan tiap-tiap metode mengajar.

Macam-Macam Metode Pembelajaran

macam-macam jenis metode pembelajaran / esaiedukasi.com
Macam-macam metode pembelajaran


Ada berbagai macam metode pembelajaran. Karena satu dan lain hal, metode pembelajaran sering rancu dengan model dan teknik pembelajaran. Padahal kesemuanya ada istilah yang berbeda.

Pada dasarnya ada 4 jenis metode pembelajaran , yakni :

1. Teacher-Centered Method. (berpusat pada guru)

2. Student-Centered Method. (berpusat pada siswa)

3. Using Low-Tech. (Tidak menggunakan teknologi yang rumit)

4. Using High-Tech. (Banyak menggunakan teknologi canggih).

Demikianlah artikel tentang pengertian, jenis dan fungsi dari metode pembelajaran. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Di artikel selanjutnya Esai Edukasi akan membahas perihal macam-macam teknik pembelajaran. 

Kami juga menyarankan Anda membaca artikel lainnya berjudul Cara Untuk Tetap Fokus yang berisi berbagai tips menarik agar bisa selalu fokus.

Atau baca juga  artikel seputar teori pendidikan behavioristik di tautan ini. 

No comments:

Post a Comment