Langkah Membuat Ulangan dan Soal Online Menggunakan Google Forms

Pembelajaran Online - Sayang sekali sampai hari ini masih ada guru serta tenaga pendidik yang belum benar-benar memahami cara membuat soal ulangan online dengan Google Forms.

Padahal dengan adanya pandemik seperti ini, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah memutuskan bahwa satuan pendidikan wajib menyelenggarakan pembelajaran berbasis daring.

Tentu saja pembelajaran online ini tidak boleh mengurangi hak siswa dalam menuntut ilmu. Guru dan pihak sekolah wajib untuk terus berinovasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar walau tidak secara tatap muka.

Membuat soal online melalui Google Forms
Membuat soal online melalui Google Forms


Aplikasi Google Forms bisa sangat membantu baik guru maupun siswa dalam mengoptimalkan pembelajaran online, khususnya mengerjakan soal latihan maupun ulangan secara daring.

Jika sudah dioptimalkan dengan baik, maka Google Forms akan membantu para guru dalam hal akurasi waktu dan evaluasi serta analisis butir soal yang rawan salah karena dilakukan secara manual. Sebaliknya, dengan aplikasi ini, semua bisa berjalan secara otomatis.

Di pihak siswa, mengerjakan soal ulangan dari rumah melalui gadget maupun laptop akan sangat membantu memperkenalkan teknologi agar mereka makin familiar sedari dini. Selain itu ini bisa menghemat waktu siswa daripada harus datang ke sekolah.

Berikut kami dari Esaiedukasi.com sebagai sahabat para guru, orang tua dan siswa Indonesia akan memberikan panduan cara membuat soal-soal secara online menggunakan Google Forms.

Sebelumnya perlu kami jelaskan, kami akan menggunakan pengandaian Anda telah mengatur bahasa di perambang dengan Bahasa Inggris, karena umumnya memang demikian (default option).

Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan adalah perangkat komputer, jaringan internet dan akun Google Mail. Jika semua sudah tersedia, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Google Forms

Melalui browser atau peramban yang ada di personal computer maupun laptop Anda, silahkan kunjungi alamat Google Forms yakni di url https://docs.google.com

2. Masuk Melalui Akun Gmail

Ini adalah salah satu produk dari Google, maka untuk mengaksesnya silahkan masuk melalui akun Google Mail milik Anda. Ketik alamat email dan password. Jika langkah ini benar, maka Anda akan diarahkan menuju halaman berikut ini.

Beranda awal Google Forms - esaiedukasi.com
Tampilan Beranda Google Forms


3. Pilih Lembar Kerja

Ada beberapa template yang sudah disiapkan. Sekarang lihat pilihan pertama, yakni Blank. Arahkan kursor kesana lalu klik sekali saja. Jika langkah ini benar dan harusnya benar karena memang mudah, Anda akan diarahkan ke lembar kerja seperti di bawah ini.

Lembar membuat soal online Google Forms - esaiedukasi.com
Lembar Kerja Google Forms


4. Mengatur Mode 

Sebelum Anda bisa mulai menyusun soal, terlebih dahulu silahkan mengatur settingan agar ulangan ataupun latihan soal online yang dibuat bisa dikerjakan dengan baik oleh para peserta didik. Perhatikan beberapa langkah penting berikut.

  • Lihat bagian atas, di sebelah kiri tombol Send ada simbol roda gigi. 
  • Tekan simbol roda gigi, Anda akan diarahkan ke halaman yang punya tiga judul, yakni General, Presentation dan Quizzes.
  • Pilih tombol General. 
  • Centang Collect e-mail addresses. Centang Response receipts. Centang Always.
  • Lompati bagian Presentation. Langsung klik bagian Quizzes. Ini yang paling penting. 
  • Nyalakan tombol Make this a quiz. 
  • Pada bagian Release Grade, klik Immediately after each submission.  
  • Pada bagian Respondent can see, ada tiga opsi. Centang semuanya. Silahkan lihat tampilan gambar di bawah ini. 
setting pengaturan Google Forms - esaiedukasi.com
Setting pengaturan Google Forms

4. Mulai Membuat Soal

a. Menulis Judul Soal 
Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, maka sekarang saatnya untuk mulai membuat soal. Ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan sebelum menyusun ulangan online di aplikasi Google Forms ini. Ini akan sangat berguna, terlebih jikalau ternyata Anda berencana menghubungkan Google Forms dengan aplikasi Google yang lain semacam Calender, Google Suite Education ataupun Google Classroom. Lihat gambar untuk lebih jelas. Bagian yang diberi kotak merah adalah judul.

menulis judul soal di google forms - esaiedukasi.com
Menulis judul soal

b. Membuat Kolom Nama / Kelas / Nomor Absen
Apabila Anda benar-benar mengikuti langkah-langkah di atas, maka tidak akan ada gangguan, kesalahan ataupun kerancuan. Semua data akan secara otomatis tersimpan di Google Drive milik Anda. Namun meski demikian, Anda wajib membuat satu kolom di bawah judul soal yang berisi nama/kelas dan nomor absen.

Caranya sangat mudah :

  • Klik simbol salib/ tambah/ add question. 
  • Akan muncul baris baru. Klik pada bagian multiple choice, lalu pilih short answer. 
  • Ubah kotak question menjadi Nama/Kelas/No. Absent.
  • Klik/geser tombol Required.  Lihat gambar berikut untuk keterangan lebih jelas. 
Mengatur kolom untuk nama, kelas dan no absen - esaiedukasi.com
Mengatur kolom untuk nama, kelas dan no absen

Cara membuat kolom nama, kelas dan no absen - esaiedukasi.com
Cara membuat kolom nama, kelas dan no absen



c. Menulis Soal.
Silahkan mulai menyusun soal. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Multiple choice adalah untuk pilihan ganda. 
  • Short Answer adalah untuk soal jawab singkat.
  • Paragraph adalah untuk soal penjelasan / jawaban panjang.
  • Dropdown adalah untuk membatasi jawaban peserta didik hanya satu saja. Mirip multiple choice. 
  • File Upload adalah untuk mengunggah file.
  • Linier adalah untuk soal yang membutuhkan skala, yakni 1-10.
  • Multiple Choice Grade adalah jika Anda ingin membuat soal matching / menjodohkan dan siswa hanya bisa memilih satu jawaban untuk setiap barisnya.
  • Checkbox Grid adalah jika Anda ingin siswa menjawab lebih dari satu pilihan untuk setiap barisnya.
  • Date adalah jika jawabannya terkait dengan tanggal, bulan dan tahun.
  • Time adalah jika jawabannya terkait waktu dengan sistem AM/PM. 
Macam bentuk soal di Google Forms - esaiedukasi.com
Macam bentuk soal di Google Forms



d. Kunci Jawaban dan Bobot Soal
Pastikan Anda tidak lupa untuk mengatur kunci jawaban yang benar. Soal akan kacau jika kunci jawaban yang Anda masukan salah. Untuk itu berhati-hatilah, khususnya pada tipe short answer, paragraph dan checkbox grid. Perhatikan hurup kapital, spasi dan prediksi semua opsi jawaban benar.

Mengatur kunci jawaban dan bobot soal - esaiedukasi.com
Mengatur kunci jawaban dan bobot soal 


Bobot soal juga perlu Anda atur dengan tepat. Apakah setiap soal bernilai 10, 5 atau 1. Ini nantinya akan berpengaruh ke akumulasi nilai jawaban benar.

5. Cek Ulang

Sebelum Anda membagikan soal online ini kepada para siswa, hal wajib yang harus dilakukan adalah review atau cek ulang.

Klik tanda mata, lalu kerjakan seolah-olah Anda adalah siswa. Jika semua berlangsung lancar, termasuk tatabahasa, gambar, kunci jawaban, bobot soal dan lain-lain maka silahkan bagikan soal online ini kepada para siswa.

Cek ulang dan simulasi Google Forms - esaiedukasi.com
Cek ulang dan simulasi Google Forms


6. Membagikan Tautan 

Sekarang langkah terakhir. Supaya siswa dapat mengerjakan soal ini, mereka harus mendapatkan tautan yang menuju ke soal yang sudah Anda buat. Maka sekarang langkahnya adalah :

  • Cari dan tekan simbol tiga titik di pojok kanan.
  • Pilih Get pre-filled link.
  • Pilih Get link.
  • Kirim ke WA, email, SMS, ataupun sosial media. Siswa yang mengklik tautan itu dapat langsung mengerjakan soal online Anda.
Cara membagikan tautan Google Forms - esaiedukasi.com
Cara membagikan tautan Google Forms


Demikian tutorial membuat soal ulangan online menggunakan Google Forms ini kami buat. Esai Edukasi sungguh berharap para guru sebagai Sobat EsDu akan selalu bertanggung jawab, kreatif, inovatif serta tekun dalam meningkatkan kemampuan maupun menyusun program pembelajaran, khususnya di masa pandemik seperti sekarang ini. 

0 Response to "Langkah Membuat Ulangan dan Soal Online Menggunakan Google Forms"

Post a comment

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel