Macam Macam Model Pembelajaran Terbaru Untuk Anak Generasi Z

Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran? Lalu bagaimana contoh dan macam-macamnya? Seperti apa model pembelajaran terbaik yang bisa diterapkan dalam proses belajar kepada anak-anak masa kini?

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas lengkap perihal pengertian, fungsi dan contoh dari model pembelajaran lengkap dari klasik hingga yang terbaru yang ada dan populer baik di Indonesia maupun dunia.

Pengertian Model Pembelajaran

Macam-macam model pembelajaran
Macam-macam model pembelajaran

Model pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir kegiatan belajar mengajar.

Dengan kata lain, model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.

Namun demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering rancu dan kemudian disamakan dengan istilah metode ataupun strategi pembelajaran.

Definisi lain dari model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

Model pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi peserta didik, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya.

Fungsi Model Pembelajaran

Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi pengajar dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa setiap model yang akan digunakan dalam pembelajaran menentukan perangkat yang dipakai dalam pembelajaran tersebut.

Selain itu, model pembelajaran juga berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada strategi, metode, atau prosedur pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi, metode, atau prosedur. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Ciri Model Pembelajaran

Model pembelajaran memiliki ciri sebagai berikut :

1. Rasional teoritik yang logis , disusun oleh para pencipta atau pengembangnya;

2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai);

3. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil;

4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai

Macam-macam Model Pembelajaran

Berikut ini beberapa contoh model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif, sehingga dapat Anda jadikan sebagai acuan dalam kegiatan pengajaran keterampilan di kelas, yaitu:

1. Model pembelajaran kolaborasi (collaboration learning)

2. Model pembelajaran sikap

3. Model pembelajaran bermain

4. Model pembelajaran individual (individual learning)

5. Model pembelajaran multimodel

Pada prinsipnya ada 5 jenis model pembelajaran. Namun di lapangan, guru bisa melakukan kreasi dan modifikasi sehingga model pembelajaran tadi menjelma menjadi ratusan dengan masing-masing memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa contoh model pembelajaran yang mengacu pada lima hal diatas adalah sebagai berikut :
  • COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
  • Inside-Outside The Circle
  • Contextual Teaching and Learning
  • Realistic Mathematics Education
  • SAV
  • Teams Games Tournament
Itulah artikel kali ini mengenai macam-macam model pembelajaran yang ada. Blog Esai Edukasi sebagai sahabat para guru dan orang tua terus berkomitmen untuk menghasilkan berbagai konten menarik dan bermanfaat seputar pendidikan, parenting dan pengembangan diri.

Post a comment

0 Comments