Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Tingkat SD Secara Menyenangkan

Banyak guru merasa kesulitan untuk menemukan cara mengajar Bahasa Inggris  untuk anak sekolah dasar yang paling tepat. Hal ini tidak mengherankan karena banyak siswa di Indonesia yang menganggap pelajaran Bahasa Inggris sebagai mapel yang susah dan menakutkan.

Padahal jika dilakukan dengan metode pembelajaran yang sesuai serta strategi pengajaran yang tepat, maka mata pelajaran Bahasa Inggris bisa menjadi sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Jika Anda adalah seorang guru yang sedang mencari bagaimana model pembelajaran Bahasa Inggris yang baik supaya anak-anak merasa gembira dan mudah mempelajarinya, maka selamat karena Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Dalam postingan kali ini, Esai Edukasi sebagai teman para guru dan orang tua Indonesia akan membagikan beberapa tips jitu mengajar Bahasa Inggris supaya lebih mudah, menyenangkan, enak, dan efektif.

Baca juga : Kritik Atas Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. 

Konsep Pembelajaran Bahasa Inggris

Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SD - esaiedukasi.com
Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SD

Sebelum kami berbagi langkah-langkah mengajar mapel B.Ing agar lebih mudah dan mencapai hasil optimal, terlebih dahulu mari kita samakan beberapa konsep berikut :

Target Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah untuk menyampaikan materi secara proporsional sehingga mampu memotivasi siswa dalam meningkatkan kompetensinya. Jadi tujuan pembelajaran adalah para murid, bukan untuk memuaskan ego Anda sebagai guru, seberapapun cerdas dan jeniusnya diri Anda.

TEFL

Bahasa Inggris bukan bahasa ibu anak-anak Indonesia, kecuali Anda mengajar di sekolah internasional macam Victoria Plus, JIS, SNA atau sekolah nasional plus seperti Petra, St. Maria, ataupun Penabur. Jadi sangat wajar jikalau mereka merasa asing dengan nyaris semua kosakata yang ada. Lebih-lebih para siswa tersebut masih level SD.

Praktek > Teori

Makin banyak praktek makin bagus. Grammar dan pelafalan memang sangat penting, tetapi jangan sampai hal tersebut justru membuat para siswa takut mempraktikkan hal yang sudah mereka ajarkan.

Konsisten

Tidak ada yang instan. Sebaik apapun kurikulum, secanggih apapun media pembelajaran, sehebat apapun teori pembelajaran yang Anda gunakan itu semua bukan jaminan untuk bisa membuat mereka mencapai standar yang sudah ditetapkan. Hargai setiap progres yang sudah mereka capai. Mungkin setelah lulus bangku SD, mereka jadi terpacu untuk menguasai B.Ing secara mandiri dan akhirnya bisa lebih fasih dari Anda nantinya.

English Fun Learning

Pembelajaran menyenangkan adalah kunci. Jangan siksa anak Anda yang merupakan Young Learners English / YLE atau pembelajar muda. Mereka punya karakter yang aktif, suka permainan (games), serta memiliki daya pikir yang belum sepenuhnya sempurna untuk diajak mengikuti materi secara abstrak.

Kapabilitas

Pastikan Anda sebagai guru B.Ing juga yakin dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. Sebelum mengajarkan kosakata, grammar ataupun pelafalan, maka Anda juga harus menguasainya dengan benar.

Baca juga : Cara Menjadi Guru yang Hebat

Tips Mengajar Bahasa Inggris Level SD

  Mengajar Bahasa Inggris untuk SD - esaiedukasi.com
Mengajar Bahasa Inggris untuk SD

Berikut ini Esai Edukasi akan membagikan beberapa tips praktis untuk Anda guru Bahasa Inggris agar bisa mengajar dengan lebih baik lagi.

British English atau American English

Ada banyak varian Bahasa Inggris, seperti British dan American. Walau nampak sepele, tetapi perbedaan antara keduanya cukup signifikan. Anda harus menentukan mana yang akan diajarkan.

Minimalisir Translasi

Sebisa mungkin jangan melakukan translasi dari B.Ing ke Bahasa Indonesia, terlebih Bahasa Daerah. Sebagai gantinya gunakan teknik pembelajaran TPR atau Total Physical Response. Jika masih belum dipahami oleh para siswa, gunakan bantuan flashcards, video animasi, ataupun realia.

Fokus Active Skills

Ada empat skill dalam ilmu bahasa, yakni membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Untuk kelas rendah, seperti kelas 1, fokuslah pada skill mendengar (listening) dan berbicara (speaking). Setelah akhir semester I atau awal semester II, Anda bisa mulai secara bertahap mengajarkan penulisan. Hal ini penting karena dalam B.Ing, tulisan seringkali berbeda dengan pelafalan.

Fun Learning

Terapkan model pembelajaran menyenangkan atau fun learning. Selalu sisipi dengan metode seperti games, lagu, menari, menggambar, ataupun menonton video pendek menarik.

Scaffolding

Lakukan pembelajaran secara terencana. Jangan sering melompat dari satu topik ke topik lainnya. Dalam hal ini, untuk kelas satu, fokus pada angka 1-20 (atau 1-100 untuk sekolah internasional / nasional plus). Jangan pindah ke topik berikutnya jika siswa belum paham.

Membaca Teks

Untuk anak kelas 2,3 dan 4, rajin-rajinlah mengajak anak membaca teks. Mulai dari teks dua paragraf hingga buku cerita pendek. Pilih bahan bacaan yang tepat dan sesuai dengan tingkatan mereka. Pastikan buku bacaan tersebut memang dibuat untuk TEFL atau Teaching English as Foreign Language.

Maksimalkan Media Pembelajaran

Jika memungkinkan, gunakan multimedia seperti video dan games edukatif online. Hal-hal seperti ini akan sangat membantu dan membuat pembelajaran B.Ing menjadi menarik.

Jangan Galak

Wajar jika siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Untuk SSN atau Sekolah Standar Nasional, lihat kembali kompetensi lulusan dan Standar Kemampuan Minimal (SKM). Jangan berlebihan dalam berekspektasi. Lebih baik melihat progres mereka dalam hal motivasi mempelajari B.Ing daripada nilai-nilai ketika tes.

Kerja Proyek

Jangan hanya melulu mengajar secara konvensional. Guru harus melakukan active learning, bukan hanya berpaku pada buku teks. Beri tugas proyek untuk menstimulus penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari untuk bercakap-cakap, bekerja sama, atau presentasi.

Feedback

Sebagai guru, pasti Anda sudah mendapat materi kuliah tentang pembelajaran dalam kelas, termasuk diantaranya pemberian respons balik / feedback. Ada berbagai macam feedback dan memang seorang guru harus memberi respon balik secara tepat. Jika murid Anda sedang membaca nyaring / reading loud, jangan melulu memberikan hotspot atau direct feedback. Tunggu sampai ia selesai lalu puji dan bahas apa kekurangannya.

Baca juga : Tutorial Menggunakan Metode Flipped Classroom.

Kesimpulan

Pembelajaran Bahasa Inggris Menyenangkan - Esaiedukasi.com
Pembelajaran Bahasa Inggris Menyenangkan

Tentu ada banyak lagi hal yang ingin kami bagikan terkait dengan cara mengajar Bahasa Inggris untuk murid SD. Tetapi kami tidak ingin pembahasan ini menjadi sangat panjang karena memang bisa menjadi sebuah buku diktat tersendiri.

Walau begitu kami berharap pembahasan dalam artikel ini cukup membantu Anda untuk melakukan
proses belajar mengajar dengan baik, khususnya melakukan pembelajaran Bahasa Inggris secara menyenangkan.

1 Response to "Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Tingkat SD Secara Menyenangkan"

  1. Tipsnya mantabs, tapi kalau ngajar sendiri lha saya aja gak bisa bahasa inggris, kan jadi mbulet masalhnya, hahaha...

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel