5 Cara Untuk Menghadirkan Fun Learning Di Kelas

Esai Edukasi - Fun learning atau pembelajaran yang menyenangkan adalah salah satu ciri dari model pendidikan abad 21.

Pembelajaran Fun Learning
Pembelajaran Fun Learning

Pendidikan memang seharusnya menyenangkan, tidak lagi menyeramkan dan menyiksa anak-anak. Dengan pendidikan yang menyenangkan atau fun learning, para siswa dapat lebih terlibat dalam proses belajar mengajar.

Lalu bagaimana cara menghadirkan fun learning di dalam kelas? Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan berbagai cara membuat pembelajaran yang menyenangkan di kelas.

Setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan oleh para guru untuk dapat melangsungkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak.

1. Games


Games atau permainan adalah salah satu ciri dari pembelajaran yang menyenangkan. Dengan adanya games diharapkan siswa dapat lebih terstimulus untuk menikmati pembelajaran yang dilakukan.

Selain itu, games juga membantu siswa untuk belajar bekerja sama, mengelola emosi serta terbiasa berkompetisi.

Meski ada banyak sekali keuntungan dari games, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua games cocok digunakan di kelas. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memakai games, seperti tujuan, kesesuaian materi, jumlah anak, luas kelas, dll.

Untuk panduang membuat games di kelas, silahkan baca artikel berikut ini. 

2. Multimedia


Penggunaan multimedia juga akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Proses belajar mengajar yang melibatkan, katakan saja film, akan membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk mengikuti materi yang ada.

Beberapa multimedia yang biasa digunakan di kelas antara lain : tv, komputer, audio player, projector, papan elektrik dan video player.

3. Diskusi dan Presentasi


Salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan di masa depan adalah komunikasi. Untuk itu maka perlu rasanya bagi sekolah membiasakan para siswa untuk berdiskusi dan melakukan presentasi.

Beri panduan tentang cara berdiskusi yang baik agar tujuan pembelajaran Anda dapat tercapai secara maksimal. Jadilah fasilitator dan terus catat hal yang menarik selama proses pembelajaran berlangsung.

4. School Project


Membuat proyek juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak dapat dilatih dan diajari untuk membuat suatu karya, baik secara bersama-sama maupun mandiri.

Bahkan di beberapa negara, school project dari anak-anak sering dilombakan atau setidaknya dipamerkan.

Membuat sebuah proyek sekolah akan mengjarkan kepada para siswa mengenai ketekunan, kreatifitas, pantang menyerah dan tentu saja disiplin ilmu atau materi yang berkaitan.

Untuk contoh yang palings sederhana, guru bisa mengajak siswa membuat sebuah reading corner di kelas. 

5. Visitasi


Visitasi atau karyawisata juga punya banyak manfaat. Selain dapat membuat siswa menerapkan ilmu dan materi yang sudah dipelajari, juga membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.

Demikianlah artikel tentang lima hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas. Baca terus tulisan menarik lainnya sepuar pendidikan, pengembangan diri dan karir hanya di Esai Edukasi.

Post a Comment

0 Comments