Macam-Macam Teknik Pembelajaran Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Teknik pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru profesional harus memahami pengertian dari teknik pembelajaran beserta kelebihan dan kekurangannya. Hal ini untuk menunjang pembelajaran yang akan diberikan di kelas.

Jenis-jenis teknik pembelajaran
Macam-macam teknik pembelajaran
Esai Edukasi - Seperti yang sudah diketahui, ada berbagai macam teknik pembelajaran yang ada. Masing-masing teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lantas apa pengertian dari teknik pembelajaran? Lalu apa saja macam-macam teknik pembelajaran populer yang bisa dipilih oleh guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di sekolah?

Dalam kesempatan kali ini, Esai Edukasi akan membahas macam-macam teknik pembelajaran populer beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Teknik Ceramah

2. Teknik Diskusi

3. Teknik Tanya Jawab

4. Teknik Penugasan

5. Teknik Simulasi

6. Teknik Inquiry

7. Teknik Eksperimen

8. Teknik Karya Wisata

9. Teknik Tutorial

10. Teknik Problem Solving

Lalu apa saja pengertian dari masing-masing teknik pembelajaran di atas? Apa pula kelebihan dan kekurangannya?

Berikut adalah ulasan lebih mendalam tentang macam-macam teknik pembelajaran beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Teknik pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru profesional harus memahami pengertian dari teknik pembelajaran beserta kelebihan dan kekurangannya. 




1. Teknik Ceramah


Teknik Ceramah | esai edukasi
Teknik Ceramah


Pengertian Teknik Ceramah


Ini juga merupakan teknik pembelajaran paling populer dan hingga saat ini paling sering digunakan oleh para guru. pengertian dari teknik ceramah adalah teknik pembelajaran dimana guru memberikan materi di depan siswa secara lisan.

Kelebihan Teknik Ceramah


Teknik ceramah memiliki kelebihan antara lain : pembelajaran dapat berlangsung tertib, materi dapat disampaikan dengan jelas dan caranya pun sederhana.

Kekurangan Teknik Ceramah


Kekurangan dari teknik ceramah adalah siswa menjadi lebih cepat bosan. Alur pembelajaran juga monoton. Akhirnya motivasi siswa untuk belajar akan menurun.



2. Teknik Diskusi


Teknik Diskusi | Esai Edukasi
Teknik Diskusi

Pengertian Teknik Diskusi


Teknik diskusi adalah suatu teknik pembelajaran dimana guru menyajikan suatu permasalahan dan siswa diminta mengungkapkan ide, opini, argumentasi serta narasi yang berkaitan dengan materi tersebut.

Dibutuhkan guru yang benar-benar kreatif, komunikatif dan aktif dalam mengelola sebuah diskusi di teknik ini. Peran guru nantinya akan cenderung menjadi seorang narator.

Kelebihan Teknik Diskusi


Beberapa kelebihan dari teknik diskusi adalah mampu memberi kesempatan pada siswa untuk menyusun argumen, mengungkapkan opini dan saling beradu pendapat dengan sehat.

Selain itu kelebihan teknik pembelajaran diskusi lainnya adalah siswa dapat termotivasi dengan baik untuk menikmati sistem pembelajaran yang ada dan mengembangkan pengetahuannya.

Kekurangan Teknik Diskusi


Kekurangan teknik diskusi adalah, ketika guru gagal mengajarkan etika dan tata cara diskusi yang baik, maka pembelajaran akan kacau dan bahkan muncul perdebatan tanpa makna.



3. Teknik Tanya Jawab


Teknik Tanya Jawab | Esai Edukasi
Teknik Tanya Jawab

Pengertian Teknik Tanya Jawab


Pengertian dari teknik pembelajaran tanya jawab adalah suatu teknik dimana guru memberikan berbagai pertanyaan kepada siswa yang bertujuan membangun pemahaman mereka akan materi yang sedang dipelajari.

Kelebihan Teknik Tanya Jawab


Teknik tanya jawab memiliki kelebihan dibanding teknik lainnya, yaitu guru pada saat tersebut mampu mengetahui sejauh mana pemahaman siswa akan materi sehingga bisa menentukan untuk mengulang pembelajaran.

Teknik ini juga sangat baik untuk membantu siswa berlatih lebih berani mengungkapkan pendapat mereka serta melatih keterampilan berbicara secara lebih sistematis.

Kekurangan Teknik Tanya Jawab


Guru yang horor, terlampau tegas, suka mengintimidasi dan sayangnya juga kurang baik pola pengajarannya lebih baik jangan memakai teknik pembelajaran tanya jawab, karena siswa akan merasa takut untuk menjawab.

Selain itu jika pertanyaan ternyata tidak berhubungan dengan materi dan guru gagal membangun pemahaman, maka siswa tidak akan memperoleh apa-apa.



4. Teknik Penugasan



Teknik Penugasan | Esai Edukasi
Teknik Penugasan

Pengertian Teknik Penugasan


Ini adalah teknik pembelajaran paling populer yang sering dilakukan oleh para guru. Artik dari teknik penugasan adalah pemberian tugas / latihan soal / instruksi pada siswa setelah guru selesai memberi materi.

Kelebihan Teknik Penugasan


Kelebihan dari teknik penugasan adalah memberikan kemudahan bagi guru untuk menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, ataupun mengawasi jalannya pembelajaran.

Selain itu teknik itu dapat memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengungkapkan apa yang mereka pahami dari materi yang sudah diberikan oleh guru.

Kekurangan Teknik Penugasan


Membosankan, kaku dan tidak menarik adalah kekurangan dari teknik pembelajaran penugasan. Siswa akan cepat bosan dan merasa tidak betah berlama-lama belajar.



5. Teknik Simulasi



Teknik Simulasi | Esai Edukasi
Teknik Simulasi

Pengertian Teknik Simulasi


Teknik pembelajaran simulasi adalah suatu teknik pembelajaran dimana siswa seolah-olah mengalami sendiri suatu momen atau peristiwa. Diharapkan siswa dapat merasakan, menghayati dan memahami apa yang sedang mereka pelajari dengan cara mengalami sendiri kejadian tersebut,

Kelebihan Teknik Simulasi


Beberapa kelebihan teknik simulasi adalah : dapat membuat siswa senang dan tertarik untuk belajar. Selain itu dapat mengajarkan berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan materi dalam waktu bersamaan.

Kekurangan Teknik Simulasi


Kekurangan teknik simulasi adalah siswa harus benar-benar diberi gambaran yang pas tentang materi yang diajarkan. Ini bukan hal yang mudah karena menuntut kreatifitas tingkat tinggi dari guru.

Jika guru gagal dalam menyusun perencanan dan materi dengan baik, maka siswa tidak akan mendapat apapun dari teknik ini bahkan membuat keadaan menjadi kacau.



6. Teknik Inquiry

Teknik Inkuiri | Esai Edukasi
Teknik Inquiry

Pengertian Teknik Inquiry


Teknik pembelajaran inquiry pada dasarnya sudah sering dilakukan oleh para guru hanya saja mungkin langkah-langkahnya perlu dimodifikasi dengan lebih baik lagi.

Pengertian dari teknik pembelajaran inquiry adalah suatu teknik dimana siswa diminta membahas sebuah permasalahan bersama dengan temannya dalam kelompok kecil, lalu kemudian membuat sebuah laporan tertulis dan menyampaikannya di depan guru ataupun teman yang lain.

Kelebihan Teknik Inquiry


Ada banyak kelebihan dari teknik inquiry, antara lain mampu membentuk rasa disiplin, percaya diri dan tak putus asa. Siswa juga akan terbiasa dengan semangat untuk bekerja sama, saling berkompetisi dengan sehat.

Selain itu teknik inquiry memiliki kelebihan menghadirkan suasana belajar yang hidup serta mampu membuat siswa merasa semakin terangsang, khususnya dalam mengungkapkan pendapatnya.

Kekurangan Teknik Inquiry


Kekurangan dari teknik inquiry adalah berpotensi membuat kelas gaduh, ribut dan kacau. Anak-anak harus benar-benar dibiasakan untuk mendengarkan presentasi atau pendapat dari temannya serta diajarkan cara mengungkapkan gagasan dengan baik.

Insight !


Dalam memilih teknik pembelajaran untuk diterapkan di kelas, setidaknya seorang guru wajib untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut : 


  • Tingkat pemahaman anak
  • Jumlah siswa
  • Tingkat kesulitan materi
  • Ketersediaan fasilitas dan sarana / prasana
  • Estimasi waktu



7. Teknik Eksperimen / Demonstrasi



Tenik Eksperimen | Esai Edukasi
Tenik Eksperimen 

Pengertian Teknik Eksperimen / Demonstrasi


Pengertian teknik pembelajaran eksperimen / demonstrasi adalah sebuah teknik yang memberi kesempatan siswa melakukan praktik di dalam proses pembelajaran, baik berupa eksperimen maupun demonstrasi.

Dalam melakukan teknik ekspresimen / demonstrasi para guru wajib memperhatikan keselamatan dan efisiensi pembelajaran dari siswa maupun properti yang ada.

Kelebihan Teknik Eksperimen / Demonstrasi


Siswa dapat lebih memahami proses dan hasil. Ini merupakan sebuah hal yang sangat berharga, karena siswa tidak hanya mengingat saja.

Kekurangan Teknik Eksperimen / Demonstrasi


Di butuhkan biaya dan fasilitas tertentu untuk dapat membuat teknik pembelajaran eksperimen / demonstrasi ini dapat berlangsung dengan baik. Hal ini tentu saja perlu dipikirkan oleh semua guru dan fasilitator pendidikan yang ingin menggunakan teknik pembelajarann eksperimen atau demonstrasi.



8. Teknik Karyawisata



Teknik Karyawisata | esai edukasi
Teknik Karyawisata

Pengertian Teknik Karya Wisata


Ini adalah teknik pembelajaran yang juga sangat disukai para siswa. Maklum, karena teknik pembelajaran karya wisata ini merupakan sebuah teknik yang mengajak para siswa mempelajari materi bukan di dalam kelas, tetapi melalui kunjungan langsung ke sumber pembelajaran.

Sebagai contoh, guru bisa mengajak siswa berkarya wisata ke Bali untuk mempelajari budaya luhur orang Bali maupun sejarah dan pariwisatanya. Sungguh hal yang menarik bukan?

Kelebihan Teknik Karya Wisata


Kelebihan dari teknik pembelajaran karya wisata antara lain hadirnya pembelajaran yang menyenangkan dimana siswa selain dapat mempelajari materi secara langsung dari sumber pembelajaran juga dapat menikmati suasana baru di luar kelas.

Kekurangan Teknik Karya Wisata


Kekurangan teknik pembelajaran karya wisata adalah masalah biaya. Guru dan pihak sekolah harus benar-benar memperhatikan masalah ini.





9. Teknik Tutorial

Teknik Tutorial | Esai Edukasi
Teknik Tutorial

Pengertian Teknik Tutorial


Teknik tutorial adalah salah satu teknik pembelajaran populer di mana guru lebih mengedepankan peran sebagai seorang tutor atau mentor.

Dalam teknik ini, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok untuk kemudian memberikan suatu tugas tertentu, seperti eksperimen, pengamatan atau menciptakan suatu produk.

Guru nantinya tidak hanya memberi panduan serta landasan teori, namun juga mendampi para siswa sebagai mentor dan tutor serta memandu mereka jika ada pertanyaan atau ketidaksesuaian dengan materi atau hasil yang diharapkan.

Kelebihan Teknik Tutorial


Ada banyak sekali kelebihan teknik pembelajaran tutorial. Hal ini karena guru memberikan bimbingan dan panduan secara intensif. Penyampaian materi langsung dibarengi dengan aksi langsung atau praktik oleh siswa.

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan pemahaman siswa secara lebih baik lagi dibanding hanya pemberian materi secara teoritis dan klasikal.

Selain itu, teknik tutorial juga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan praktik kerja. Semua ini dan beberapa keuntungan lainnya bisa menjadi pertimbangan bagi guru untuk memilih teknik pembelajaran tutorial.

Kekurangan Teknik Tutorial


Kekurangan dari teknik pembelajaran tutorial adalah guru harus benar-benar mempersiapkan diri jika para siswa yang bekerja secara individu maupun dalam kelompok-kelompok kecil membutuhkan bantuan atau pendampingan.

Untuk itu setidaknya harus lebih ada beberapa mentor untuk memandu para siswa dalam berkegiatan. Ini penting agar keunggulan dari teknik pembelajaran tutorial ini dapat didapatkan secara maksimal.



10. Teknik Problem Solving


Teknik Problem Solving | Esai Edukasi
Teknik Problem Solving

Pengertian Teknik Problem Solving


Adalah suatu teknik pembelajaran dimana siswa diminta, diberi kesempatan dan dimotivasi untuk memecahkan suatu masalah yang sengaja disajikan dalam proses belajar mengajar.

Dalam teknik problem solving ini, siswa diminta untuk mengembangkan cara berpikirnya agar tidak hanya terpaku pada apa yang ada di buku pelajaran, tetapi mengkaitkan teori, materi dan ilmu yang sudah mereka dapatkan untuk bisa memecahkan permasalahan.

Kelebihan Teknik Problem Solving


Beberapa kelebihan dari teknik problem solving antara lain adalah membiasakan siswa untuk menganalisa suatu masalah, termasuk mencari hubungan sebab akibat serta mengkaitkan materi dan ilmu pengetahuan yang sudah mereka dapatkan ke dalam permasalahan yang di desain / diambil dari kehidupan nyata.

Selain itu teknik ini sangat baik untuk mengajar siswa dengan kecerdasan intelektual yang baik dan mampu mengembangkan kreatifitas mereka dalam mencari solusi-solusi alternatif yang bahkan mungkin belum pernah ditemukan sebelumnya.

Kekurangan Teknik Problem Solving


Kekurangan teknik problem solving ini sebenarnya bukan terletak pada siswa, melainkan guru. Para guru yang selalu mengajarkan materi dengan text book thinking serta drill / pemberian tugas-tugas sebaiknya berpikir ulang jika mau menggunakan teknik ini. Setidaknya persiapkan siswa Anda sebelum mengajar menggunakan teknik problem solving.

Pastikan Anda memilih masalah yang tepat untuk diselesaikan dan Anda sendiri sebagai guru memiliki suatu pemecahan yang pasti dan secara umum dapat diterima.

Berbeda dengan guru dan siswa yang sedari awal menikmati pembelajaran dengan penuh kreatifitas seperti riset, analisa, presentasi dan diskusi, siswa yang bahkan tidak berani untuk mengungkapkan pendapat akan sangat tersiksa serta tidak mendapat manfaat apapun dari teknik ini.

Kesimpulan :


Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwasannya :

  • Ada berbagai macam teknik pembelajaran.
  • Setiap teknik pembelajaran memiliki ciri khasnya masing-masing.
  • Masing-masing teknik pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya.
  • Guru harus bijak dalam memahami dan memilih teknik pembelajaran mana yang akan digunakan.
  • Guru wajib untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajarnya, salah satunya dengan membaca berbagai artikel pendidikan di Esai Edukasi.

aneka teknik teknik pembelajaran
Berbagai teknik pembelajaran untuk guru

Demikianlah pembahasan kali ini tentang macam-macam teknik pembelajaran beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai berbagai macam teknik pembelajaran populer.

Post a Comment

0 Comments