Menjadi Guru Yang Hebat

Menjadi Guru Yang Hebat


Insight : Dalam artikel ini, pertama-tama kita akan membahas mengenai apa, siapa dan mengapa harus menjadi guru yang hebat.

Semua pemimpin hebat lahir dan dibentuk oleh dua hal: pengalaman dan guru yang hebat. 


menjadi guru yang hebat / esaiedukasi.com


Benar, anda tidak salah baca. Judul seri ini adalah Menjadi Guru Yang Hebat. Siapapun anda, apapun latar belakang anda, dimanapun anda mengajar anda berpotensi menjadi guru yang hebat. Saya tidak berbohong. Mari kita katakan dengan lantang sebelum kita melanjutkan pembahasan ini.

“Saya bisa jadi guru yang hebat!”

Apakah suara anda sudah cukup lantang tadi?

Bagus, berarti anda siap sekarang.

Sebelum kita bersama-sama membahas cara-cara praktis dan benar-benar mudah untuk bisa membantu anda menjadi guru yang hebat, mari kita sepakat terlebih dahulu dari mana kita akan mulai, kemana kita akan pergi dan bagaimana ini semua akan berakhir.

Bukankah semua harus teratur dan terstruktur bukan?

Tepat, teratur dan terstruktur. Persis seperti alur pembelajaran yang anda semua lakukan.

Teratur dan terstruktur.

Perjalanan ribuan li dimulai dari satu langkah kedepan (anonim, kalimat bijak Cina).

Baiklah, berikut adalah peta petualangan kita bersama, dimana kita akan sama-sama menjelajah tempat-tempat baru atau mengeksplorasi tempat-tempat yang mungkin sudah anda kenal sebelumnya untuk mendapatkan hal-hal baru.

Dan terkadang hal-hal yang mengejutkan.

1. Mengapa harus menjadi guru yang hebat. 

Di sinilah kita akan mulai. Kita akan mulai dari mengapa, bukan apa atau bagaimana? Ingat, siapapun anda, anda berpotensi menjadi guru yang baik. Tapi mengapa harus anda? Mengapa harus menjadi guru yang hebat? Ya ada sesuatu yang sangat besar di sana. Dan bersama-sama kita akan bahas dan perdalam itu semua.

2. Ciri-ciri guru yang hebat. 

Tentu semua memiliki ciri-ciri. Anda punya ciri-ciri, sayapun punya ciri-ciri. Mahkluk hidup, sampai sistem pemerintahan, semua dibedakan dengan ciri-ciri, bukan? Persis seperti pelajaran di sekolah, guru yang hebatpun memiliki ciri-cirinya sendiri. Dan mari meyakini bahwa anda juga memiliki ciri-ciri tersebut

3. Tantangan untuk jadi guru yang hebat. 

Hampir semua murid menyukai permainan. Dengan permainan, pembelajaran terasa lebih menyenangkan, bukan? Ya tepat sekali, permainan membuat semuanya terasa mengalir dengan lebih seru. Tapi pasti ada tantangan dalam setiap permainan. Hal yang sama juga terdapat dalam proses kita menjadi guru yang baik.

4. 20 langkah untuk jadi guru yang hebat. 

Tidak terlalu banyak, bukan? Ingat ini adalah proses. Terkadang memang kita harus mengulang untuk mampu lebih memahami lagi. Persis seperti kita mengajar, terkadang kita harus mempelejari dan membaca beberapa bab tertentu lebih lama. Tenang, anggap saja ini juga sebuah tantangan.

5. Lakukan sekarang. :)

Itulah sedikit mengenai rencana petualangan kita menjadi guru yang baik. Apakah kita bisa memulainya sekarang? Baiklah, mari menuju ke poin pertama: Mengapa harus menjadi guru yang baik.

Konklusi : Banyak orang tidak menyadari potensi besar yang ada dalam dirinya. Mungkin anda salah satunya. Dan potensi besar anda mungkin saja akan memberi dampak besar bagi murid-murid anda.

Post a Comment

0 Comments