Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Games untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD

Pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat siswa sekolah dasar cukup menantang. Di satu sisi para guru wajib menyelenggarakan pembelajaran yang efektif agar tujuan dan materi dapat tercapai. Namun di sisi lain, aktivitas belajar mengajar haruslah menyenangkan agar murid yang bukan penutur asli Bahasa Inggris tidak bosan atau takut.

Dalam menyikapi hal itu, maka salah satu strategi yang bisa dilakukan para guru untuk mengajarkan Bahasa Inggris di tingkat SD, yakni kelas rendah dan tinggi, adalah dengan menggunakan games.

Games atau permainan edukatif bisa sangat efektif dalam membantu menyampaikan materi maupun meningkatkan motivasi siswa agar lebih giat belajar.

Senada dengan hal itu, games juga bisa meningkatkan suasana positif di dalam kelas sehingga alur pembelajaran bisa berjalan dengan baik tanpa adanya ketegangan yang berlebihan.

[Games untuk mengajarkan Bahasa Inggris di SD | Sumber gambar]

Walau begitu ternyata masih banyak pertanyaan mengenai games apa yang cocok untuk mengajar Bahasa Inggris di SD?

Demi menjawab hal itu, maka Esai Edukasi sebagai partner para guru dan orang tua Indonesia akan berbagi 10 permainan edukatif yang mampu membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi maupun menghadirkan fun learning dalam proses belajar mengajar.

1. Tebak Gambar 

Permainan ini sungguh mudah. Anda menunjukkan flashcard pada siswa, lalu anak-anak akan berebut untuk menjawab arti dari gambar tersebut.

Games ini sangat baik untuk membantu menyampaikan materi tentang kosakata, baik itu noun, verb, atau bahkan adjective. 

2. Simon Says

Salah satu permainan populer yang banyak digunakan para guru seluruh dunia. Andapun bisa mencoba melakukannya. Permainan Simon Says ini adalah sebuah teknik aplikasi dari metode TPR atau total physical response.

Cara permainannya sungguh mudah. Anda menyebutkan beberapa kata perintah dan siswa mendengar lalu melakukannya hanya jika kalimat tersebut diawali dengan frasa 'Simon Says'. Jika tidak ada, siswa tidak boleh melakukannya. 

3. Scrabble 

Permainan ini cukup menarik namun Anda harus menyiapkan papan dan satu set huruf scrabble. Permainan scrabble sendiri dapat dimainkan dua hingga empat orang.

Untuk melakukan games ini, Anda wajib mengerti panduan resmi yang sudah ada. Intinya siswa diminta untuk merangkai kata dari huruf-huruf yang ada. Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda.

Akan sangat seru jika peserta dari permainan ini adalah siswa dengan kemampuan pemahaman kosakata yang cukup baik.

4. Pictionary 

Ini adalah games yang menarik untuk pembelajaran Bahasa Inggris di level sekolah dasar. Selain melatih kosakata juga dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Bagaimana cara bermain Pictionary? Guru akan membagi kelas menjadi beberapa tim. Setiap tim akan mengirim seseorang untuk menggambar sesuatu. Anggota tim yang lain menebak kata yang dimaksud dengan gambar tersebut. Tim yang paling banyak menjawab benar adalah pemenangnya.

5. Last Man Standing

Satu lagi permainan edukatif untuk merangsang daya kreativitas dan kecerdasan siswa. Last Man Standing sangat direkomendasikan setelah Anda menyelesaikan suatu topik.

Seperti apa cara melakukan permainan Last Man Standing? Seperti ini tahapannya : Anda meminta siswa melingkar. Seorang siswa diberi bola. Siswa tersebut lalu menyebutkan sebuah kata yang terkait dengan materi pembelajaran, misal firefighters (materi job and occupation). Ia lalu melempar bola tersebut.

Siswa yang menerima bola harus segera mengucapkan sebuah kata yang berkaitan dengan topik. Bagi yang mengulang kata yang sudah diucapkan berarti kalah dan harus duduk. Siswa yang berdiri terakhir adalah pemenangnya.

6. Hangman

Cara bermain hangman sangat simpel. Anda menulis sebuah kata rumpang dan meminta setiap iswa menebak sebuah huruf secara bergantian. Jika huruf itu terkandung dalam kata yang dimaksud, maka mereka mendapat poin.

Anda bisa membatasi dengan memberikan hanya 6 kesempatan untuk salah. Artinya jika mereka menebak lebih dari enam huruf yang tidak ada di kata kunci itu, mereka kalah.

7. Broken Phone

Telepon rusak atau broken phone juga sangat menarik untuk dicoba. Games ini sering digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di berbagai level, termasuk SD. Tentunya dengan tingkat kesulitan yang sudah dimodifikasi.

Siswa diminta membuat barisan. Anda memberikan sebuah kalimat pada satu siswa yang berdiri di belakang. Ia kemudian menyampaikan kalimat itu secara berbisik pada anak di depannya. Begitu seterusnya.

Lalu anak yang paling depan akan menuliskan kalimat yang dimaksud. Jika benar maka tim itu menang.

8. Charades

Dalam mengajar Bahasa Inggris untuk anak SD memang harus sering diisi dengan games agar terkesan menyenangkan dan tidak kaku. Salah satu permainan kreatif yang bisa dipilih adalah Charades.

Bagaimana cara menggunakan games Charades untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD? Tidak sulit.

Anda membagi siswa menjadi beberapa tim. Setiap tim akan mengirimkan seseorang untuk maju kedepan. Siswa pilihan itu akan diberi sebuah kata untuk diperagakan. Siswa yang lain menebak kata yang dimaksud.

9. Membuat Kalimat 

Salah satu ciri guru yang baik adalah memiliki tingkat kreativitas agar pembelajaran bisa berlangsun dengan baik dan menarik siswa untuk ikut aktif.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa menggunakan games membuat kalimat. Panggil dua orang maju ke depan. Beri mereka spidol. Lalu ucapkan sebuah kata. Mereka harus membuat kalimat dari kata yang diberikan. Siswa yang paling cepat dan kalimatnya benar adalah pemenangnya.

Ini adalah games untuk mengajar Bahasa Inggris di kelas 4, 5 atau 6. Bisa juga di kelas rendah asal Anda yakin siswa Anda mampu melakukannya.

10. Board Race

Ada banyak games yang bisa dipilih untuk melakukan proses belajar mengajar di kelas. Salah satu yang paling populer adalah Board Race.

Panggil dua orang maju kedepan. Beri mereka spidol. Ucapkan sebuah kata kunci. Masing-masing dari mereka harus menuliskan kata sebanyak-banyaknya yang terkait dengan kata kunci yang diberikan.

Ini adalah games untuk meningkatkan kemampuan vocabulary anak-anak level sekolah dasar. Selain menarik, mereka juga akan terbiasa dengan kompetisi dan mampu menumbuhkan rasa percaya diri.

Itulah kesepuluh games yang bisa Anda pilih. Ingat bahwa Anda mengajar di tingkat Sekolah Dasar dengan komptensi dan kemampuan siswa yang masih perlu terus dikembangkan. Memberikan permainan dengan peraturan yang terlampau ribet atau cara yang rumit justru akan menghilangkan faktor menyenangkan itu sendiri.

Di sisi lain, harus pula ditekankan bahwa games semata hanyalah salah satu metode pembelajaran atau sarana untuk menyampaikan materi atau sebagai upaya mengurangi ketegangan serta rasa bosan. Games bukanlah tujuan dari pembelajaran.

Sebagai guru Anda juga dituntut cerdas dan mampu memodifikasi sarana atau permainan tersebut agar bisa diaplikasikan di dalam kelas yang terdiri dari murid dengan berbagai latar belakang.

Semoga proses belajar mengajar  menjadi lebih menarik dan sukses dengan 10 games untuk pembelajaran Bahasa Inggris tingkat sekolah dasar tersebut.
Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "10 Games untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD"

Berlangganan via Email