Widget HTML #1

3 Permainan dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Salah satu pendekatan pembelajaran yang sedang marak dilakukan saat ini adalah menggunakan pendekatan gamification, yaitu penggunaan game atau permainan dalam pembelajaran. 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari pemanfaatan game atau permainan dalam kegiatan belajar mengajar, antara lain: 

  1. Memberikan nuansa fun learning
  2. Membuat siswa memiliki perspektif positif dalam mengikuti pembelajaran
  3. Pembelajaran menjadi tidak kaku

Meski demikian, tidak semua permainan bisa cocok untuk semua tema atau topik. Terkhusus untuk pembelajaran Bahasa Indonesia, ternyata jauh lebih sedikit memiliki game daripada bahasa asing, misal Bahasa Inggris atau Mandarin.

Meski demikian, berikut ada 5 game untuk pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa dipakai dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Lupakan tentang Simon Says yang adalah bentuk TPR dan lebih condong ke pengajaran kosakata bahasa asing, permainan untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia ini juga tidak kalah seru. 

game pelajaran Bahasa Indonesia

Sambung Kata

Ini adalah permainan kata yang mudah diaplikasikan namun bisa membantu siswa meningkatkan kemampuan berbahasa dengan baik. Bagaimana caranya?

  1. Minta anak-anak berbaris. 
  2. Anak di barisan pertama harus mengeluarkan sebuah kata.
  3. Anak di barisan kedua harus mengucapkan kata yang cocok dihubungkan dengan kata dari anak sebelumnya. 
  4. Anak di barisan ketiga harus mengucapkan kata yang cocok dengan kata anak di barisan kedua.

Misal: 

  • Kucing
  • Kucing-hitam
  • hitam-manis

Mudah bukan. Lakukan ini sebagai brainstrorming atau pengantar dalam memulai suatu topik, misal yang membahas tentang formula pembentukan istilah dalam Bahasa Indonesia yaitu antar Diterangkan Menerangkan atau Menerangkan Diterangkan.

Kata Berima

Rima adalah faktor penting dalam puisi maupun sajak. Mengajarkan rima dengan permainan, mengapa tidak? 

  1. Pecah kelas menjadi beberapa kelompok.
  2. Tulis sebuah kata di papan tulis
  3. Tiap kelompok harus menulis kata lainnya yang serima dengan kata pertama
  4. Setelah 5 menit, hentikan permainan
  5. Kelompok dengan kata yang paling banyak yang menang. 

Seru bukan? Ini berpotensi membantu siswa untuk memperkaya kosakata yang mereka miliki sehingga literasi mereka juga akan meningkat. 

Wawancara Sederhana

Dalam permainan ini, mereka akan dilatih untuk berpikiri kritis sekaligus meningkatkan kemampuan komunikasi.

  1. Bagikan kartu kepada semua siswa.
  2. Kartu berisi nama orang terkenal, misal Presiden Joko Widodo
  3. Siswa lainnya berusaha menebak dengan memberi pertanyaan, seperti darimana asalnya, apa pekerjaannya, siapa anaknya, dll. 

Terdengar menantang, bukan? Itulah 3 permainan yang bisa digunakan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Baca juga artikel lainnya, seperti contoh game dalam pelajaran Matematika. Selamat berkarya!

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "3 Permainan dalam Pelajaran Bahasa Indonesia"