Perbedaan Model, Metode, Teknik, Pendekatan, Teori Dan Strategi Pembelajaran

Apa bedanya model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran? Memang sekilas semuanya nampak sama, padahal tentu saja ada perbedaannya.

Meski demikian, tidak banyak pendidik dan pengajar yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam perihal definisi dari model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran.

Justru mereka yang tertarik dalam menyelami serta memahami istilah-istilah itu adalah :

  • Mahasiswa yang akan membuat skripsi jurusan FKIP.
  • Mahasiswa yang akan membuat penelitian.
  • Dosen yang ingin menulis buku.
  • Mentor lembaga pelatihan guru.
  • Pemerhati pendidikan independen.

Padahal tentu saja yang harusnya paham dan mengerti betul adalah guru. Dengan memahami semuanya itu beserta contoh-contohnya, diharapkan para guru mampu menjaga kualitas proses belajar mengajar yang mereka lakukan di sekolah.

Perbedaan Model, Metode, Teknik, Pendekatan, Teori dan Strategi Pembelajaran

Dalam rangka menyelenggarakan pembelajaran, penting bagi guru untuk mengetahui definisi dari model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran. Hanya mengandalkan pengalaman mengajar tentu saja tidak cukup, terlebih jika ingin dikatakan sebagai guru profesional.

Untuk itu dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas secara tuntas dan jelas perihal pengertian dan perbedaan dari istilah-istilah pedagogis tersebut.  Kami sangat berharap artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, baik guru maupun calon guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan.

Jadi, ketika membahas mengenai model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran, dari mana kita harus memulai?

Tentu saja dari pemahaman bahwasanya teori dan praktik harus berjalan secara beriringan demi tercapainya sebuah pembelajaran dan proses belajar mengajar yang terarah.

Semua uraian ini tidak akan bermanfaat bila hanya dihafalkan semata namun tidak diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar atau keseharian Anda di kelas.

Justru semua bahasan ini HARUS digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang nantinya bermuara pada lebih termotivasinya siswa dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya dalam mengelola kelas.

Perbedaan dari masing-masing istilah tersebut tidak terlalu signifikan dan sering tertukar. Bahkan di artikel yang dipublish oleh media maupun hand-out seminar. 

Kami berharap setelah membaca artikel ini akan menambah wawasan Anda di bidang pedagogi, psikologis, akademis, dan tentu saja edukasi sehingga melahirkan berbagai variasi baru serta inovasi di bidang pendidikan.

Dalam artikel ini, Esai Edukasi akan membahas perihal definisi dan perbedaan dari 

1. Model Pembelajaran (Learning Model)

2. Metode Pembelajaran (Learning Method)

3. Strategi Pembelajaran (Learning Strategy)

4. Teknik Pembelajaran (Learning Technique)

5. Pendekatan Pembelajaran (Learning Approach)

6. Teori Pembelajaran (Learning Theory)

Silahkan klik tautan atau kalimat yang berwarna biru untuk menuju ke artikel yang membahas istilah tersebut dengan lebih lengkap.

Model Pembelajaran (Learning Model)

Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran? Ternyata masih banyak guru dan praktisi pendidikan yang belum mengetahui definisi dari model pembelajaran.

Model pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang disusun oleh fasilitator pendidikan atau guru.

Dapat dikatakan model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pelaksanaan suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran. Memang pada dasarnya istilah model pembelajaran ini memiliki makna yang jauh lebih luas daripada metode, strategi dan teknik pembelajaran.

Lalu apa saja contoh-contoh model pembelajaran yang patut untuk diketahui? Beberapa model pembelajaran yang cukup populer antara lain : model pembelajaran CTL dan Direct Instruction.

Untuk lebih jelasnya mengenai definisi dan macam-macam model pembelajaran, silahkan baca artikel Esai Edukasi berikut >>> 10 Macam Model Pembelajaran Terbaik Beserta Langkah Melakukannya.

Jadi, ketika membahas mengenai model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran, dari mana kita harus memulai?

Tentu saja dari pemahaman bahwasanya teori dan praktik harus berjalan secara beriringan demi tercapainya sebuah pembelajaran dan proses belajar mengajar yang terarah.

Semua uraian ini tidak akan bermanfaat bila hanya dihafalkan semata namun tidak diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar atau keseharian Anda di kelas.

Metode Pembelajaran (Learning Method)

Metode pembelajaran adalah suatu cara atau proses penyampaian materi dan pengetahuan yang disusun secara sistematis serta terukur kepada peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar demi mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.

Dari hal ini dapat kita lihat perbedaan dari model pembelajaran dan metode pembelajaran secara lebih jelas dan gamblang.

Adapun beberapa contoh metode pembelajaran antara lain teacher centered method dan student centered method.

Untuk memahami lebih jauh perihal definisi, jenis dan macam-macam metode pembelajaran yang ada, silahkan telusuri di >>> 153 Metode Pembelajaran Terlengkap

Strategi Pembelajaran (Learning Strategy)

Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan dan pelaksaan yang bersifat sistematis untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran.

Dari pengertian strategi pembelajaran di atas, maka perlu digaris-bawahi adalah upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran. Seorang guru profesional harus mampu menganalisa secara cukup baik perihal keadaan kelas, anak didik dan fasilitas yang ada.

Strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan group-individual learning. 

Sedangkan apabila dilihat dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

Metode pembelajaran adalah suatu cara atau proses penyampaian materi dan pengetahuan yang disusun secara sistematis serta terukur kepada peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar demi mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.

Apakah kebetulan Anda sedang menyusun skripsi, tesis, desertasi atau penelitian tentang strategi pembelajaran. Maka artikel tentang definisi, ruang lingkup dan jenis strategi pembelajaran ini merupakan referensi yang sangat baik. 

Teknik Pembelajaran (Learning Technique)

Apa itu teknik pembelajaran? Apakah sama dengan model pembelajaran atau metode pembelajaran? Atau merupakan bagian dari strategi pembelajaran.

Mungkin disini Anda mulai pusing, namun seperti itulah memang jalan menjadi seorang guru profesional. Banyak istilah yang sebenarnya sangat mirip, termasuk istilah teknik pembelajaran ini.

Ada berbagai macam teknik pembelajaran. Secara garis besar, teknik pembelajaran merupakan langkah atau tindak lanjut daripada strategi pembelajaran dan bersifat lebih praktis.

Teknik pembelajaran adalah upaya dari guru untuk melakukan dan memilih strategi pembelajaran yang digunakan pada suatu proses pembelajaran di kelas dengan keadaan yang khas.

Ada jutaan teknik pembelajaran, tergantung dari karakter guru (dan cenderung tidak terkait secara erat dengan kurikulum, namun lebih kepada gaya khas seorang guru sebagai penyaji materi, sumber belajar dan fasilitator pendidikan).

Ada guru yang memiliki teknik pembelajaran aktif dengan membawa benda-benda asli ke kelas lalu menjelaskannya. Ada juga yang hanya menonton video 2 jam penuh lalu meminta siswa menyalin, memahami bahkan mengkoreksi sendiri jawabannya.

Untuk lebih memahami perihal ini, silahkan baca di tulisan berjudul 10 Teknik Pembelajaran Terbaru Beserta Kelebihan dan Kekurangannya.

Pendekatan Pembelajaran (Learning Approach)

Sebenarnya agak sulit untuk menjelaskan perihal pendekatan pembelajaran. Pada hakikatnya pendekatan pembelajaran adalah cara seorang guru dalam melaksanakan metode secara terperinci dan lebih detail.

Dibanding metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran lebih kepada tindakan guru dalam melakukan suatu pembelajaran secara lebih khusus, seperti contoh dalam suatu momen dimana harus lebih berbeda dari hari biasannya.

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai hal ini, baca di Pengertian dan Jenis Pendekatan Pembelajaran yang ada. 

Teori Pembelajaran (Learning Theory)

Teori pembelajaran adalah seperangkat konsep yang berkaitan dengan landasan filsafat, sejarah, tujuan dan pandangan dalam kaitannya dengan proses pendidikan.

Ada banyak sekali teori pembelajaran dan nampaknya setiap tahun jumlah ini akan terus bertambah. Meski demikian ada beberapa yang sangat populer dan penting untuk dipahami.

Silahkan baca mengenai teori pembelajaran di artikel berjudul 5 Teori Pembelajaran Paling Populer.

Untuk memberi sedikit gambaran mengenai hubungan antara Teori, Model, Strategi, Metode, Teknik dan Pendekatan silahkan lihat infografis di bawah ini. 

Perbedaan Model, metode dan teknik pembelajaran

Demikian artikel Esai Edukasi kali ini tentang perbedaan model, metode, teknik, pendekatan, teori dan strategi pembelajaran. Semoga semua ini bermanfaat untuk sobat semua dalam meningkatkan proses belajar mengajar Anda di kelas bersama murid. 

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Model, Metode, Teknik, Pendekatan, Teori Dan Strategi Pembelajaran"

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel