Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berbagai Macam Strategi Pembelajaran dan Pengertiannya

Macam-Macam Strategi Pembelajaran dan Pengertiannya. Strategi pembelajaran merupakan bagian krusial yang harus disusun sedemikian rupa dengan melihat potensi siswa, kondisi sarana dan prasarana serta tingkat kesulitan materi.

Salah satu unsur terpenting dalam proses belajar mengajar yang tepat serta efektif untuk mencapai target adalah strategi pembelajaran.

Strategi Pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi Pembelajaran dan Pengertiannya

Memahami arti dan definisi dari strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting, khususnya bagi mereka yang terjun langsung di dunia pendidikan.

Dengan mengerti hakikat dari strategi pembelajaran atau teaching strategy, diharapkan guru sebagai pendidikan dan fasilitator pendidikan mampu menganalisa masalah-masalah yang ada serta menemukan berbagai inovasi dan meningkatkan kualitas dalam kegiatan belajar mengajarnya. 

Pengertian Strategi Pembelajaran

Apa itu strategi pembelajaran? Strategi pembelajaran adalah suatu upaya menerapkan strategi yang sistematis dan dilakukan dengan efektif agar mendapatkan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran memiliki kedudukan yang penting sebagai rancangan serta metode agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Selain pengertian di atas, ada beberapa defisini strategi pembelajaran berdasarkan beberapa ahli pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut selengkapnya: 

Cropper (1998)

Pengertian strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.

Egger Kauchak dan Harder

Strategi pembelajaran menurut Kauchak dan Harder adalah jenis-jenis metode mengajar yang khusus direncanakan untuk mencapai tujuan khusus.

A.J. Romiszowski (1981)

Strategi mengajar adalah suatu pandangan umum tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.

Kemp (1995)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Kemp adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara efektif dan efisien.

Gerlach dan Ely (1990)

Menurut Gerlach dan Ely strategi mengajar adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri atas sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

Gropper (1998)

Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan.

Gilistrap Martin

Arti strategi pembelajaran adalah pola ketrampilan dan perilaku guru yang dimaksudkan untuk menolong siswa mencapai tujuan pengajaran.

Dick dan Carey (1990)

Arti strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Strategi pembelajaran bukan hanya sebatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Hamzah B. Uno (2008)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Hamzah B. Uno merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.

Hilda Taba

Strategi pembelajaran adalah urutan ataupun pola tingkah laku guru untuk bisa menampung semua variabel-variabel pembelajaran dengan sadar serta sistematis.

Raka Joni (1980)

Strategi pembelajaran adalah sebuah pola umum perbuatan guru siswa didalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar yang menunjuk kepada karakteristik abstrak dari pada rentetan perbuatan guru-siswa tersebut.

Alim Sumarno (2011)

Alim Sumarno berpendapat strategi pembelajaran merupakan kegiatan yang sengaja dipilih oleh pengajar pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan kemudahan fasilitas pada siswa atau pelajar supaya dapat mencapai pelajaran tertentu sesuai yang sudah ditetapkan.

J. R David (2008)

Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Miarso (2004)

Strategi pembelajaran adalah suatu kondisi yang diciptakan oleh guru dengan sengaja agar peserta difasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995)

Pengertian strategi pembelajaran adalah sebagai pola-pola umum kegiatan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Suparman (1997)

Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Sadiman, dkk (1986)

Arti strategi pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.

Kozma (2007)

Strategi pembelajaran merupakan cara yang dipilih dalam memberikan fasilitas maupun bantuan pada peserta didik untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Sanjaya, Wina (2007)

Strategi pembelajaran merupakan pola umum perbuatan guru-peserta didik di dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar. Sehingga strategi menunjuk kepada karakteristik abstrak rentetan perbuatan guru-peserta didik di dalam peristiwa belajar-mengajar.

Frelberg dan Driscoll (1992)

Pengertian strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.

Fungsi dan Tujuan Strategi Pembelajaran

Penerapan dan pemilihan strategi pengajaran tentu saja memiliki maksud dan tujuan. Berikut ini adalah fungsi dan tujuan strategi pembelajaran, yaitu:

  • Memberikan isi pembelajaran kepada pembelajar.
  • Menyajikan informasi atau bahan-bahan yang dibutuhkan dalam belajar untuk menunjukkan unjuk kerja.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik.

Jenis Strategi Pembelajaran

Macam-macam Strategi Pembelajaran
Macam-macam Strategi Pembelajaran

Ada berbagai macam strategi pembelajaran. Berbeda dengan metode maupun model pembelajaran, setiap guru bisa saja menciptakan aneka strategi pembelajaran.

Bahkan dalam satu KD, Tema ataupun Unit Materi, bisa saja guru menggunakan lebih dari 3 strategi untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Berikut adalah contoh dari macam-macam strategi pembelajaran yang bisa menjadi inspirasi dalam perencanaan kegiatan mengajar di sekolah. 

Berbagai Macam Strategi Pembelajaran yang cukup populer digunakan oleh guru: 

1. Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE) 

Dalam hal ini, guru mengambil peranan yang sangat penting karena sebagai sumber ilmu dan keterampilan. Strategi mengajar ini sering disebut chalk and talk. Metode ceramah dan tutorial bisa dipakai dalam strategi ekspositori

2. Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Jenis Strategi pembelajaran berikutnya adalah inkuiri yang merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran dengan cara menekankan proses berpikir kritis. 

Melalui strategi pembelajaran inkuiri, maka orientasi siswa akan lebih terbentuk. 

3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)

Pembelajaran SPBM merupakan contoh macam-macam strategi pembelajaran yang berisi rangkaian aktivitas pembelajaran yang telah menekankan pada proses penyelesaian masalah yang telah dihadapi secara ilmiah. 

Melalui strategi pembelajaran ini, maka secara perlahan siswa akan mulai berkembang lebih baik lagi. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan siswa terjadi melalui aspek efektif dan juga psikomotor.

4. Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir

Jenis strategi pembelajaran dilakukan dengan menekankan pada kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa. Materi yang diberikan tidak disajikan begitu saja, namun siswa akan dibimbing untuk mencapai proses supaya bisa menemukan sendiri konsep yang seharusnya dikuasai dengan melalui proses dialogis secara terus menerus dan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki siswa.

Untuk strategi ini memang mengedepankan pola berpikir, sehingga pembelajaran ini lebih bertumpu pada pengembangan kemampuan siswa dalam berpikir melalui fakta maupun pengalaman.

5. Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)

Pembelajaran kooperatif dikembangkan berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Dalam teorinya, Vygotsky percaya bahwa anak aktif dalam menyusun pengetahuan mereka.

Guru bisa memakai model Cooperative Learning untuk melakukan strategi ini. Salah satu implementasinya adalah strategi trading place atau pembelajaran berbasis pertukaran pengalaman. 

6. Strategi Pembelajaran Kontekstual

Strategi pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru antara situasi dunia nyata para siswa dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Secara tidak langsung strategi pembelajaran kontekstual dapat mendorong siswa menjadikan hubungan antara kehidupan dengan pengetahuan bisa diterapkan dengan baik.

7. Strategi Pembelajaran Afektif (SPA)

Dalam menyusun jenis-jenis strategi pembelajaran afektif, guru harus memahami nilai apa yang ingin dicapai. Observasi, interview dan pendekatan personal bisa dialkukan dalam melakukan hal ini. 

jenis-jenis strategi pembelajaran
jenis-jenis strategi pembelajaran

Bisa disimpulkan bahwa ternyata ada berbagai macam strategi pengajaran yang ada. Pemilihan strategi harusnya didasarkan pada kebutuhan dalam proses belajar, termasuk juga jenjang dan kemampuan siswa.

Demikian tulisan kali ini tentang teaching strategy. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca. Jangan ragu untuk memberi komentar seputar pendidikan atau macam-macam strategi pembelajaran.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Berbagai Macam Strategi Pembelajaran dan Pengertiannya"