Widget HTML #1

Unduh Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PDF

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah langkah taktis dan sistematis untuk mengembangkan potensi peserta didik agar makin berkembang dan terampil sekaligus menjadi insan yang memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dalam implementasinya, satuan pendidikan perlu untuk menerapkan strategi dan pendekatan pembelajaran agar Profil Pelajar Pancasila benar-benar tertanam di dalam sanubari peserta didik.

Meski tidak mudah, namun pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin agar tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai dengan baik, salah satunya dengan menerbitkan buku panduan.

Buku Panduan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berisi peta konsep, langkah-langkah praktis dan aneka panduan praktis yang bisa diterapkan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Isi Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PDF
Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Apa isi Buku Panduan P5 untuk implementasi Profil Pelajar Pancasila?

Buku ini berisi panduan yang lengkap dan komprehensif dengan layout menarik dan ditulis secara sistematis agar satuan pendidikan benar-benar memiliki bekal untuk melakukan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Isinya antara lain :

Peta Konten untuk Memahami Kurikulum Merdeka

Memang pada dasarnya Profil Pelajar Pancasila tidak bisa dilepaskan dari penyusunan dan pengembangan Kurikulum Merdeka sebagai sebuah kurikulum terbaru pengganti K13.

Perbedaan K13 dan Kurikulum Merdeka antara lain adalah adanya program Profil Pelajar Pancasila, termasuk diantaranya proyek untuk implementasinya kepada peserta didik. 

Untuk memahami Kurikulum Merdeka, maka haruslah melakukan 4 langkah berikut

  1. Memahami garis besar Kurikulum Merdeka
  2. Memahami Pembelajaran dan Asesmen
  3. Memahami pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan dalam Kurikulum Merdeka
  4. Memahami pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila 

Memahami Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Bagian ini terdiri dari beberapa sub-bagian, yaitu; definisi Profil Pelajar Pancasila, latar belakang, gambaran, prinsip-prinsip dan manfaat dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Bagian ini penting untuk memberikan modal kepada satuan pendidikan dan pengajar berupa teori dan konsep nyata dari program tersebut.

Baca juga fungsi dan manfaat mengikuti Program Guru Penggerak

Menyiapkan Ekosistem Satuan Pendidikan 

Dalam bagian ini dijelaskan pentingnya membangun budaya di satuan pendidikan terkait Profil Pelajar Pancasila, termasuk juga memahami peran masing-masing elemen yang ada.

Selain itu bagian-bagian lain selanjutnya dari buku Panduan P5 ini juga berisi tentang : 

  • Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Mengolah Asesmen
  • Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Unduh Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PDF

Prinsip Dasar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Proyek P5 ini sangatlah baik dan berpotensi mencapai sasaran yang diinginkan. Hal ini bisa begitu meyakinkan, khususnya ketika melihat uraian tentang Prinsip Dasar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Prinsip itu adalah : 

  • Holistik
  • Kontekstual
  • Berpusat Pada Peserta Didik
  • Eksploratif

Tujuan Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Apa tujuan dari buku panduan P5 Pelajar Pancasila ini? Berikut kutipan singkat dari bapak Anindito Aditomo, Ph.D yang termuat di bagian pendahuluan. 

Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen dari fase PAUD hingga SMA/SMK. Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan tema
dan fase tertentu.

Demikianlah artikel kali ini, baca juga materi lainnya terkait Profil Pelajar Pancasila:

Download Buku Panduan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam bentuk PDF di sini.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Unduh Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PDF"