Widget HTML #1

Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Lengkap

Pemerintah telah menerbitkan kumpulan dimensi, elemen dan subelemen profil pelajar pancasila sebagai panduan dalam penyusunan modul perencanaan projek P5 kurikulum merdeka. 

Pelajar Pancasila adalah salah satu inovasi terbaru yang dilakukan oleh kemendikbud. Dalam upaya untuk menanamkan karakter pada siswa Indonesia, maka pada kurikulum Merdeka terdapat sebuah projek yang dinamakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang memiliki dimensi, elemen dan subelemen yang sudah disusun secara sistematis sebagai bahan materi profil Pelajar Pancasila.

Pentingnya Memahami Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila 

dimensi, elemen dan subelemen pada profil pelajar pancasila
dimensi, elemen dan subelemen pada profil pelajar pancasila

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. 

Profil pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. 

Profil ini perlu sederhana dan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. 

Enam Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Berdasarkan pertimbangan tersebut, profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 

  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 
  2. mandiri,
  3. bergotong-royong,
  4. berkebinekaan global, 
  5. bernalar kritis, dan
  6. kreatif.

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila

Dimensi Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan Perkembangan Psikologis dan Kognitif Peserta Didik

Pendidik perlu mengembangkan keenam dimensi tersebut secara menyeluruh sejak pendidikan anak usia dini. Selain itu, untuk membantu pemahaman yang lebih menyeluruh tentang dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, maka setiap dimensi dijelaskan maknanya dan diurutkan perkembangannya sesuai dengan tahap perkembangan psikologis dan kognitif anak dan remaja usia sekolah. 

Selanjutnya, setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen dan sebagian elemen dijelaskan lebih konkrit menjadi subelemen. 

Elemen dan Subelemen untuk Projek P5

Selain memahami dimensi yang ada pada profil pelajar Pancasila, guru juga wajib untuk memahami elemen dan subelemen yang ada. 

Seperti diketahui, profil pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi, dan setiap dimensi terdiri dari elemen-elemen. Adapun setiap elemen juga dibagi menjadi subelemen.

Elemen-elemen ini telah disusun sedemikian rupa sehingga saling terkait antara satu fase dengan fase berikutnya sesuai dengan perkembangan peserta didik. 

Daftar Dimensi, Elemen dan Subelemen Lengkap Profil Pelajar Pancasila 

Untuk lebih memahami pembagian dan struktur lengkap dari profil Pelajar Pancasila, maka kemdikbud melalui Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan sudah menerbitkan materi berisi hal tersebut.

Berikut ini adalah materi dimensi, elemen dan subelemen Profil Pelajar Pancasila secara utuh dan lengkap dalam bentuk tabel dan infografis. 


Anda juga bisa mengunduh materi dimensi, elemen dan subelemen tersebut dalam rangka presentasi atau diseminasi kurikulum merdeka, khususnya mengenai topik pembahasan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sini. 

Cara untuk download PDF materi di atas: pergilah ke laman Pusat Data Download Administrasi Sekolah lalu kemudian pilih tautan berjudul dimensi, elemen dan subelemen Profil Pelajar Pancasila.

Demikianlah artikel kali ini, baca juga materi lainnya terkait Profil Pelajar Pancasila:

Itulah artikel kali ini, kiranya bisa membantu Anda dalam memahami dimensi, elemen dan subelemen dari profil pelajar pancasila

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Lengkap"