Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Perbedaan Kurikulum Merdeka dan K13. Pengembangan kurikulum dan penyempurnaan sistem pendidikan nasional terus dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan mutu dan kompetensi peserta didik. Salah satunya dengan menerbitkan Merdeka Belajar yang menjadi salah satu konsep utama perbedaan kurikulum merdeka dan K13 saat ini.

Perbedaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 sebenarnya cukup fundamental. Tidak hanya melulu masalah struktur dan tujuan, tetapi juga berdampak pada beberapa hal lain, seperti penilaian peserta didik, perubahan UN dan UNBK menjadi Asesmen Nasional serta perlunya mengubah instrumen pembelajaran seperti buku dan modul.

Dalam artikel ini akan dibahas tuntas perbedaan antara Kurikulum Merdeka (KM) yang akan dipakai secara nasional pada 2024 dengan Kurikulum 2013. 

Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka
perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka

Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum merdeka adalah terletak pada kerangka dasar, kompetensi yang dituju, struktur kurikulum, pembelajaran, penilaian, perangkat ajar dan perangkat kurikulum.

Beberapa aspek dalam kurikulum baru terasa sangat berbeda, termasuk juga kemudian munculnya istilah-istilah baru yang tidak dikenal sebelumnya. Berikut adalah penjelasan singkat apa bedanya Kurikulum Merdeka Vs Kurikulum 2013 : 

Kerangka Dasar 

Landasan utama dan kerangka dasar dari Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan pada KM, selain dua hal di atas juga ada satu lagi, yakni profil pelajar Pancasila.

Kompetensi yang Dituju

Dalam K13, kompetensi yang ingin dikembangkan disebut KD atau kompetensi dasar. Ada 4 jenis kompetensi dasar, yakni : 

  • Kompetensi Inti Spiritual (KI-1) 
  • Kompetensi Inti Sosial (KI-2) 
  • Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) 
  • Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) 

Sedang hal ini tidak dikenal lagi pada saat menerapkan KM. Justru yang ada adalah CP atau capaian pembelajaran. Sebagai pengganti KD, maka CP disusun atas fase. 

  1. Fase A (kelas 1-2)
  2. Fase B (kelas 3-4)
  3. Fase C (kelas 5-6)
  4. Fase D (kelas 7-9)
  5. Fase E (kelas 10)
  6. Fase F (kelas 11-12)

Struktur Kurikulum

Selanjutnya adalah dari sudut pandang struktur kurikulum, perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka makin jelas terasa. Pada kurikulum sebelumnya, JP (jam pelajaran) disusun perminggu dan menggunakan pendekatan tematik.

Sedangkan pada kurikulum merdeka, JP dapat diatur per mapel ataupun dengan pendekatan tematik. Mata pelajaran Informatika menjadi wajib di SMP. Selain itu ada IPAS yang merupakan gabungan dari IPA dan IPS.

Pembelajaran

Perbedaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dari sisi pembelajaran adalah pendekatan yang dipakai. Dalam K13, digunakan pendekatan saintifik untuk semua mata pelajaran dan pengorganisasiannya, khusus di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah, digunakan pendekatan tematik. 

Sedangkan pada Kurikulum Merdeka, guru dan sekolah bisa menggunakan berbagai macam pendekatan pembelajaran sesuai kondisi yang ada.

Penilaian

Pada KM, tidak ada pemisah antara penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Juga ditekankan asesmen formatif. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang ada dalam K13.

Asesmen Nasional dan Profil Pelajar Pancasila

Pembeda utama lainnya antara Kurikulum Merdeka dengan K13 adalah AN dan Profil Pelajar Pancasila.

Asesmen Nasional atau AN, khususnya ANBK digunakan sebagai sarana evaluasi belajar dan pemetaan mutu kualitas pendidikan. Sedangkan Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu capaian pembelajaran yang ingin dituju.  

Di dalam Kurikulum Merdeka juga terdapat materi berupa projek kerja yang disebut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Untuk menyusunnya dibutuhkan perencanaan yang tepat dan sistematis.

Baca selengkapnya tentang alur, proses, cara dan tahapan merencanakan projek untuk program Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mengetahui lebih lengkap perihal KM, silahkan baca artikel sebelumnya yakni penjelasan lengkap isi Kurikulum Merdeka yang akan segera diterapkan secara nasional di Indonesia pada 2024.

Unduh Dokumen Perbandingan Kurikulum 2013 Vs Kurikulum 

Merdeka Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka akan dilakukan di semua jenjang dan jenis pendidikan, yakni : 

  • PAUD SD / SDLB / MI 
  • SMP / SMPLB / MTs 
  • SMA / SMALB / MA 
  • SMK 
  • Pendidikan Kesetaraan 
  • Pendidikan Khusus 
Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana gambaran perbandingan sebenarnya dari isi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum terbaru secara terperinci, silahkan unduh dokumennya yang berjudul : Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka setiap jenjang.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka"