Widget HTML #1

Unduh Buku Tunas Pancasila PDF untuk P5 dan P5BK

Buku Tunas Pancasila disusun oleh tim dari Kemdikbudristek sebagai upaya untuk memudahkan satuan pendidikan di semua jenjang menyampaikan materi, khususnya terkait landasan dan ideologi negara, yakni Pancasila sehingga peserta didik bukan hanya paham namun juga memiliki semangat untuk menjadi manusia unggul yang berkarakter.

Seperti diketahui bersama bahwasannya dalam Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan harus menyampaikan Profil Pelajar Pancasila kepada peserta didik sebagai sebuah mata pelajaran tersendiri melalui projek besar sebagai sebuah aktivitas pembelajaran.

Dalam upaya tersebut, maka telah diinisiasi sebuah gerakan bersama yang bernama gerakan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila atau P5. Hal ini berlaku untuk semua jenjang, dan bahkan untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya SMK Pusat Keunggulan, diterbitkan P5BK atau Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Budaya Kerja.

Tentu dalam rangka pelaksanaan semuanya itu terkait program Merdeka Belajar dan mewujudkan mimpi bersama membimbing peserta didik sehingga memiliki mutu lulusan yang baik namun tetap berkarakter, maka diperlukan pemahaman yang benar dan mendasar mengenai Pancasila.

Isi Buku Tunas Pancasila

Unduh Buku Tunas Pancasila PDF untuk P5 dan P5BK
Unduh Buku Tunas Pancasila 

Apa saja isi buku Tunas Pancasila? Secara umum buku ini berisi artikel, materi ajar dan refleksi mengenai penjabaran Pancasila dan kaitannya dengan proyek implementasi Profil Pelajar Pancasila.

Buku ini dibuka dengan sambutan dari Mas Mentri, yakni Bapak Nadiem Makarim. Uraian singkat dan padat tersebut menjabarkan latar belakang dan tujuan disusunnya buku Tunas Pancasila.

Secara umum tujuan Buku Tunas Pancasila berdasarkan uraian dari Mendikbud adalah sebagai sarana dan upaya untuk menanamkan pengertian-pengertian tentang Pancasila.

Tunas Pancasila  adalah istilah yang disematkan untuk anak-anak sekolah dasar yang sejak dini perlu diajarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Proses penyemaian Pancasila ini sangat penting dan harus diintegrasikan dalam dunia pendidikan.

Melihat dari daftar isi, maka Buku Tunas Pancasila tersusun atas 5 bagian, yakni:

  • Bagian 1 Pendahuluan
  • Bagian 2 Menggali Pancasila
  • Bagian 3 Memahami Makna Pancasila
  • Bagian 4 Menyemai Nilai Pancasila
  • Bagian 5 Penutup

Unduh Buku Tunas Pancasila

Demikianlah artikel kali ini, baca juga materi lainnya terkait Profil Pelajar Pancasila:

Untuk satuan pendidikan yang ingin mengetahui dan mempelajari isi dan materi dari Buku Tunas Pancasila, silahkan mendapatkannya dengan gratis. Cara unduh Tunas Pancasila ada di bawah ini. 

Silahkan download Buku Tunas Pancasila PDF.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Unduh Buku Tunas Pancasila PDF untuk P5 dan P5BK "