Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia

Maksimalkan Potensi Anda Dengan Sempurna


Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com


Kesuksesan adalah impian semua orang. Andapun pasti begitu, ingin kaya, sehat, sukses, bahagia dan terjamin secara finansial. Namun faktanya untuk menuju kesana tidaklah mudah.

Masih banyak yang belum memahami cara terbaik untuk menuju kesuksesan dan kebebasan finansial. Ini yang sangat disayangan. Usaha sekeras apapun nampaknya tidak akan membawa siapapun menjadi sukses jika tidak mengerti tipsnya.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan berbagi tips menarik yang akan membantu mendapatkan semua mimpi Anda, termasuk karir yang gemilang, kesehatan prima, bahkan keharmonisan.

Tentu saja semua harus dibarengi dengan usaha yang keras dan tekad yang bulat, namun dengan memahami konsep yang benar untuk meraih kesuksesan, maka akan membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang benar.

Rahasia Terbesar Insan Sukses

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Rahasia Manusia Sukses

Anda mengenal Jack Ma, Warren Buffet, George Soros, atau Elon Musk? Lihat betapa suksesnya mereka. Harta berlimpah, karir gemilang dan mendapat pujian banyak orang. Tentu bukan sebuah dosa untuk bisa seperti mereka. Dan ini rahasianya : Anda juga bisa.

Caranya sederhana, amati-tiru-modifikasi apa yang secara umum dilakukan oleh manusia-manusia superhebat tadi. Anda bisa membaca buku-buku mereka, mendengarkan podcast atau menonton ratusan jam video mengenai bagaimana mereka bisa memukau banyak orang : memiliki karir lancar, bebas secara finansial dan sukses dalam segala hal.

Atau...

Silahkan baca artikel berikut yang hanya berisi 9 hal yang harus diubah untuk bisa lebih sukses, sehat dan bahagia dari siapapun atau apapun Anda sekarang.

Mengubah Visi

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Ubah Visi

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan : memiliki visi yang benar. Tanpa ini, rasanya mustahil untuk menjadi orang sukses. Apapun itu.

Memiliki visi yang benar terdengar mudah namun pada hakikatnya adalah sulit bagi beberapa orang. Itulah mengapa hanya sedikit orang yang berhasil meraih kesuksesan yang mereka dambakan.

Jika selama ini Anda memiliki visi yang salah maka satu-satunya cara adalah : mengubah visi tersebut.

Visi sangat terkait dengan paradigma dan persepsi. Visi adalah tujuan, suatu perhentian di depan sana tempat kapal Anda harus berlabuh. Anda bukan hanya butuh visi, tetapi harus memiliki visi yang tepat.

Apakah selama ini Anda menganggap diri sendiri lemah, tak berdaya, dan tak bernilai jual? Itulah kesalahan awal. Itulah yang harus diubah.

Milikilah visi yang kuat. Selalu tanamkan bahwa Anda bisa meraih apa yang diinginkan. Penuhi pikiran dengan optimisme. Jangan biarkan sikap pesimis menguasai diri Anda.

Beberapa langkah praktis dalam membentuk visi

Hindari visi yang justru membuat hidup kacau dan terperosok. Tidak ada seorangpun yang berhak mengatur orang lain. Buang semua cap, label atau hal-hal buruk yang disematkan pada Anda. Tingkatkan rasa percaya diri dengan benar. Jangan biarkan orang lain terus-menerus mendikte Anda.

Untuk beberapa lagkah praktis, silahkan baca beberapa poin berikut.

1. Kenali visi Anda.

Bagaimana cara Anda memandang diri Anda sendiri. Apakah ada hal-hal yang ingin Anca capai? Seperti apa Anda melihat diri sendiri di masa depan, seperti 10 atau 20 tahun ke depan? Kenali visi Anda.

Untuk membantu mengenali visi Anda sendiri, silahkan baca artikel berjudul : Pentingnya Mengenali Visi Diri Sendiri - Sebelum Telambat

2. Tetapkan visi Anda.

Langkah kedua setelah mengenali visi adalah menetapkannya. Refleksikan itu semua. Apakah itu yang Anda inginkan? Jika perlu ubah visi lama dan miliki yang baru.

3. Tuliskan visi Anda

Belilah sebuah buku agenda, dan tuliskan visi hidup Anda di sana. Bisa juga menuliskannya di komputer, mencetaknya besar-besar dan menempelkannya di cermin. Intinya setiap saat Anda harus ingat ada sesuatu yang ingin dicapai.

4. Ubah visi menjadi rencana kerja

Tantang diri Anda, kapan visi itu harus terwujud. Bagaimana cara mengukur pencapaian Anda. Buatlah rencana kerja dari visi itu. Ikuti cara dan panduannya melalui artikel berjudul : Cara Menyusun Rencana Kerja Berdasarkan Visi

5. Perkaya referensi

Perkaya diri Anda dengan berbagai referensi dan informasi yang menunjang karir. Cari tahu apa bacaan dan buku bermutu yang harus Anda baca. Jika Anda kesulitan menyusun daftarnya, biarkan kami membantu. Baca : 20 Buku Yang Harus Anda Baca - Ubah Hidup Anda Sekarang Juga!

Artikel ini bisa sangat panjang. Silahkan klik poin mana yang ingin Anda pelajari lebih lanjut untuk bisa memahaminya.

Memiliki visi yang benar terdengar mudah namun pada hakikatnya adalah sulit bagi beberapa orang. Itulah mengapa hanya sedikit orang yang berhasil meraih kesuksesan yang mereka dambakan.

Mengubah Gaya Hidup

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan cerminan dari kehidupan seseorang. Banyak pilihan gaya hidup, ada yang memilih menjadi seorang hedonis, yang lain mencoba hidup minimalis.

Tetapi percayalah, gaya hidup yang baik bagi orang lain belum tentu cocok untuk Anda.

Maka mau tak mau Anda harus bereksperimen.

Semua orang ingin banyak uang, rekening gendut dan harta melimpah. Namun banyak yang gagal mencapai semua itu karena tidak mampu mengelola gaya hidupnya.

Bahkan fakta sedihnya, ada yang pernah mencapai puncak kesuksesan dengan aset besar dan kekayaan luar biasa namun hancur sekejap dikarenakan gagal memilih gaya hidup yang tepat.

Gaya Hidup Menentukan Garis Kehidupan

Waspadalah terhadap gaya hidup Anda. Jangan sampai Anda masuk daftar mereka yang gagal karena memburu gengsi serta prestise namun mengorbankan kehidupan mereka.

Anda bisa melihat di daftar orang-orang yang pernah sukses namun akhirnya bangkrut untuk mempelajari dimana letak kesalahan mereka. Baca dan renungkan.

Haruskah Memilih Gaya Hidup Minimalis?

Jawaban pendeknya tidak! Jawaban panjangnya ada di artikel berjudul Jebakan Gaya Hidup Minimalis Ala Selebritis. Kuncinya ada pada diri Anda sendiri.

Kembali ke poin 1 tentang Visi, maka sesuaikan gaya hidup Anda dengan goal yang ingin dicapai. Jangan menjadi terlalu minimalis jika itu menyiksa, namun hindari sikap boros berlebihan.

Gaya Hidup Seimbang Kunci Kebahagiaan

Di poin berikutnya akan dijelaskan lebih gamblang perihal apa itu gaya hidup seimbang. Intinya Anda harus membelanjakan apa yang seharusnya dibeli lalu tahu bagaimana cara memakai sesuatu dengan maksimal.

Sangat baik jika Anda kemudian menganggap ini sebagai semacam tantangan, yakni bagaimana tetap terlihat keren dan elegan namun mampu mengerem pengeluaran.

Berikut adalah beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan :

Milikilah beberapa setelan baju yang bagus dan membuat Anda berkelas. Tidak masalah jika harganya terlalu mahal namun sepadan dengan pendapat orang ketiak melihat Anda. Di samping itu, hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda meningkat.

Kuncinya, beli yang bagus namun rawat dengan baik. Ini lebih hebat daripada membeli baju murah namun terlihat lusuh dan warnanya cepat kusam hanya dalam beberapa bulan. Tidak perlu banyak, namun Anda mungkin butuh jas, sepatu, celana panjang (hitam, putih, coklat, dll), blouse, gaun, dll. Gunakan dan rawat dengan baik.

Latih insting Anda untuk mengetahui tempat-tempat yang benar-benar memberika diskon atau promo. Jangan tertipu dengan permainan angka. Pastikan selisihnya benar-benar cukup layak untuk disebut potongan harga.

Bepergian satu atau dua kali dalam setahun ke tempat-tempat populer akan membantu memperluas wawasan. Cukup baik jika Anda bisa mengunjungi beberapa negara tujuan wisata. Setidak-tidaknya obyek wisata lokal. Percayalah, hal ini nantinya akan membuat Anda tampak percaya diri dan tidak ketinggalan dari teman-teman Anda.

Tidak perlu rutin mengunjungi kafe yang mahal tetapi sesekali Anda harus mencoba mampir ke tempat-tempat semacam itu. Percayalah, orang kaya yang kini nampak sederhana di media juga melakukan hal ini. Ini bukan prestis atau gengsi, namun mendapat pengalaman satu dua kali mampir ke restoran atau kedai kopi mewah akan sangat bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya, baca Ubah Gaya Hidup Anda - 17 Langkah Menjadi Orang Sukses!

Mengubah Sistem Kerja

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Ubah Sistem Kerja

Bagaimana sistem kerja Anda selama ini? Pernahkah Anda mengevaluasinya? Apakah itu sudah cukup untuk memaksimalkan potensi yang Anda miliki?

Di jaman yang erat dengan kompetisi seperti sekarang ini, kerja keras saja tidak cukup. Anda juga harus kerja cerdas.

Jikalau selama ini sistem kerja Anda :

1. Tidak optimal
2. Tidak mencapai target
3. Membuat mudah lelah
4. Sering menemui hambatan
5. Membuat frustasi

Maka tidak bisa tidak, Anda harus mengubahnya. Sistem kerja yang tidak fokus, asal-asalan, tidak rapi, dan kacau hanya meninggalkan kelelahan serta rasa frustasi.

Lalu apa solusinya? Berubahlah!

Untuk mendapatkan apa yang belum pernah dimiliki, maka Anda perlu melakukan apa yang belum pernah Anda lakukan. Untuk mencapai sesuatu yang berlum pernah Anda capai, maka korbankan apa yang belum pernah Anda berikan. Kuncinya adalah perubahan.

Bagaimana sistem kerja yang mampu memaksimalkan potensi, meningkatkan produktivitas serta di waktu yang sama tetap membuat kesehatan terjaga? Esai Edukasi akan berbagi beberapa langkah praktis untuk bisa meningkatkan produktivitas sekaligus mencapai target hidup Anda.

Persiapan Matang. Bekerjalah dengan persiapan matang. Selalu persiapkan apa yang bisa Anda persiapkan sehari atau beberapa jam sebelumnya.

Target. Tulis target yang tepat. Bekerja tanpa target tidak akan pernah menghasilkan sesuatu yang maksimal dan terukur.

Fokuslah. Hindari semua distrakstor yang bisa menghambat kinerja Anda.

Pahami framework. Cari shortcut untuk bisa bekerja secara lebih efisien dan efektif. Gunakan aplikasi atau tools yang bisa membantu Anda bekerja lebih cepat dan akurat.

Evaluasi setiap progress. Anda harus berani mengukur kinerja Anda tanpa perlu menunggu rekan kerja atau atasan.

Untuk membantu Anda meningkatkan kinerja secara optimal, silahkan baca artikel kami yang lain dengan judul 7 Tips Meningkatkan Produktivitas. 

Mengubah Lingkungan

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Ubah Lingkungan

Ada dua macam lingkungan, yang berkaitan dengan benda dan manusia. Keduanya memiliki pengaruh yang besar bagi Anda.

Apakah selama ini Anda merasa mudah lelah. Sering malas untuk melakukan sesuatu. Gampang emosi karena sibuk mencari flashdisk? Ubah semuanya itu!

  1. Pastikan Anda memiliki sebuah wadah untuk meletakkan flashdisk, hard disk, memeory card, charger, atau pensil. Letakkan itu di posisi yang mudah dilihat atau dekat dengan jangkauan Anda ketika menulis.
  2. Jikalau kebanyakan waktu Anda dihabiskan di meja kerja, pastikan kursi Anda nyaman. Berinvestasilah dengan membeli kursi yang empuk, kokoh dan enak untuk diduduki.
  3. Pencahayaan juga penting. Pastikan cahaya yang ada cukup terang dan tidak membuat mengantuk.
Ada banyak sekali hal remeh namun berpengaruh besar untuk peningkatan kinerja. Jika tertarik, silahkan baca panduannya yang lebih lengkap di tulisan kami yang lain berjudul Panduan Membuat Ruang Kerja Nyaman - Sepele Namun Sangat Penting!

Seperti yang sudah kami katakan, ada juga yang namanya lingkungan sosial, yakni yang berkaitan dengan manusia. Untuk bagian ini Anda harus bijaksana mengingat bukan tidak mungkin semua orang yang ada di sekitar Anda memiliki kepentingan, pendapat, maupun visi yang bisa saja masing-masing saling bertentangan.

Silahkan kunjungi tulisan kami yang berjudul Tips Dan Trik Seputar Politik Kantor  yang tuntas membahas mengenai kondisi dan keadaan sosial di kantor beserta beberapa lifehacks untuk mengatasinya.

Mengubah Cara Berinvestasi

Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
Ubah Cara Berinvestasi

Semua orang sukses pasti berinvestasi, dan demikian juga dengan Anda. Walau begitu nampaknya banyak orang masih punya anggapan salah tentang investasi dan melulu hanya mengasosiasikannya dengan uang.

Padahal tidak demikian. Berikut adalah beberapa jenis investasi yang harus Anda ambil :

Pengetahuan. Sering-seringlah membaca buku. Ikuti seminar dan workshop yang bermutu. Nikmati informasi berharga dari berbagai blog dan website yang menyajikan wawasan berharga. Semakin pintar seseorang maka dirinya akan semakin menarik di mata orang lain. Kesuksesanpun akan makin mudah diraih.

Skill. Cobalah data keterampilan yang ingin Anda miliki lalu ikutlah kursus. Pelajari 10 skill terpenting yang wajib di miliki sesuai dengan daftar yang dirilir Forum Ekonomi Dunia / World Economic Forum di sini. Rajinlah mendengarkan podcast dan video tutorial. Belajarlah sepanjang hayat dan sesering mungkin.

Reksadana. Jika memang memungkinkan Anda bisa mencoba bermain di pasar reksadana. Ada berbagai pilihan menarik yang bisa Anda pertimbangkan. Keuntungan reksadana memang tidak secepat saham, namun resikonya juga kecil.

Asuransi. Ini adalah jenis investasi yang harus Anda coba mengingat resiko yang kecil dan manfaat yang besar, khususnya ketika ada kondisi yang tidak terduga terjadi. Sayangnya referensi mengenai hal ini dari sudut pandang yang netral sangat sedikit, sehingga calon peserta asuransi harus susah payah untuk mencari tahu. Untuk memahami seluk beluk asuransi, silahkan baca artikel berikut agar dapat menambah wawasan Anda dengan lebih baik.

P2P. Ini adalah model investasi terbaru dimana uang Anda akan digunakan untuk membantu para peminjam yang ingin mengembangkan usaha mereka. Hampir dipastikan resikonya sangat kecil, asal Anda menginvestasikan di perusahaan P2P yang tepat.

    Mengubah Cara Bersosialisasi

    Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
    Ubah Cara Bersosialisasi

    Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial. Anda harus menyadari hal ini sekaligus mengubah persepsi yang menganggap sesama hanya sebagai klien atau tambang uang.

    Kesuksesan tidak melulu mengenai cara mengubah sesuatu menjadi uang, namun bagaimana memastikan di masa depan potensi-potensi untuk bisa berkembang makin terbuka lebar.

    Inilah pandangan yang harus Anda ubah :

    Jadilah Menarik

    Orang yang menarik tidak perlu susah payah mencari kesempatan, justru kesempatan yang akan mendatanginya. Maka dari itu jadilah insan yang menarik. Ini adalah anak kunci emas yang akan membuka gerbang kesuksesan untuk Anda.

    Bagaimana caranya? Beberapa yang bisa Anda lakukan antara lain :

    Perhatikan Penampilan. Orang yang menarik pasti berpenampilan menarik. Tidak melulu harus membeli pakaian branded, namun tahu cara memadupadankan kostum, rapi dan murah senyum.

    Buat Orang Di Sekitar Anda Nyaman. Ini lumayan susah dan butuh latihan. Intinya jangan terlalu mendominasi pembicaraan, terlampau agresif, terlihat egois maupun melulu hanya mengejar keuntungan dari sebuah hubungan. Orang akan takut pada Anda. Lakukan yang sebaliknya.

    Miliki Lingkaran Yang Tepat

    Jangan berteman dengan hanya satu dua orang, tetapi miliki beberapa lingkarang yang terdiri dari setidaknya tiga orang. Pelihara lingkaran tersebut dan sirami dengan persabatan yang tulus. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari.

    Satu hal lagi, jangan pernah mengambil resiko dengan bersahabat dengan orang yang sulit, licik maupun egois. Mereka hanya akan membawa orang-orang di sekitarnya dalam masalah.

    Mengubah Cara Menikmati Waktu Luang

    Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
    Ubah Cara Menikmati Waktu Luang


    Hidup seimbang adalah inti dari kesuksesan. Apa artinya punya banyak uang namun tubuh Anda menjadi sarang penyakit. Maka dari itu penting untuk mengubah persepsi Anda, salah satunya mengenai waktu luang.

    Beberapa hal berikut bisa Anda pertimbangkan untuk dilakukan di waktu luang.

    1. Beristirahat.

    Selain tidur 5-8 jam sehari, usahakan untuk beristirahat ringan setelah pulang kerja atau di hari Sabtu. Tidur siang akan memulihkan tenaga Anda. Jangan bermain smartphone atau game ketika tubuh Anda sudah di atas matras, namun istirahatkan pikiran Anda agar mampu merefresh kembali ke kondisi yang optimal.

    2. Berlibur dengan keluarga / sahabat.

    Kunjungi taman kota, mall, atau pantai. Berliburlah setidaknya dua bulan sekali. Kuatkan kembali hubungan dengan keluarga dan sahabat setelah kerja keras yang melelahkan.

    3.Berolah raga.

    Berolah raga ringan juga sangat baik. Mungkin Anda bisa berpikir untuk mendaftarkan diri ke klub yoga atau sekolah tenis terdekat.

    4. Menulis.

    Menulis juga bisa menentramkan pikiran dan bahkan menyegarkan tubuh. Ketahui cara menulis yang benar untuk bisa menyegarkan pikiran Anda Atau Anda bisa juga menulis di blog. Baca artikel tentang cara membuat blog personal di sini. 

    5. Melakukan Hobi

    Lakukan hobi Anda. Bisa mengkoleksi action figures, menonton drama korea atau bersepeda. Seimbangkan pikiran agar tetap terus terjaga optimal.

    Mengubah Cara Anda Mengolah Informasi

    Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
    Ubah Cara Mengolah Informasi

    Di jaman internet seperti ini sangat disayangkan ada banyak hoax yang beredar. Kesuksesan Anda bisa terancam jika membiasakan diri termakan hoax. Sayang sekali bukan?

    Untuk itu, teliti kembali cara Anda menerima informasi. Selalu biasakan untuk mencari lebih jauh perihal berbagai informasi dan berita yang Anda dapatkan. Ini bisa berupa topik politik hingga gosip perselingkuhan atasan Anda.

    Lalu setelah itu olah informasi dengan baik sebelum Anda memanfaatkannya ataupun membaginya dengan baik.

    Mengubah Orang Lain

    Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
    Mengubah Orang Lain

    Bahkan jikalau Anda belum sukses, Anda berkewajiban untuk turut serta membangun masyarakat yang maju, beradab serta cerdas. Caranya dengan mengubah orang-orang di sekitar Anda. Jadilah berkat dan tunjukan kalau keberadaan Anda memberi dampak positif bagi sekeliling.

    Ini bukan berarti Anda berkewajiban membuat orang lain sukses, namun setidaknya Anda menjadi teladan yang baik bagi mereka. Pastilah orang-orang yang melihat sosok pekerja keras, handal, cerdas namun tetap bugar dan ceria seperti Anda akan makin mempercayai diri Anda.

    Kesimpulan

    Ubah 9 Hal Ini - Untuk Bisa Lebih Sukses, Sehat Dan Bahagia / Esaiedukasi.com
    Maksimalkan Potensi Anda

    Untuk mendapatkan apa yang belum pernah dimiliki, maka Anda perlu melakukan apa yang belum pernah Anda lakukan. Untuk mencapai sesuatu yang berlum pernah Anda capai, maka korbankan apa yang belum pernah Anda berikan. Kuncinya adalah perubahan.

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selalu baca konten menarik lainnya dari Esai Edukasi: blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri.

    Post a Comment

    0 Comments