20 Buku Pengembangan Diri Terbaik- Ubah Hidup Anda!

Daftar Buku Self Development Terbaik Sepanjang Masa

Cara untuk mengoptimalkan potensi adalah dengan membaca buku pengembangan diri. Selain berisi berbagai wawasan dan pengetahuan, juga akan memotivasi pembacanya untuk meningkatkan produktivitas.
 
Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas 20 buku terbaik yang akan membantu Anda untuk mengembangkan diri.

Para penulis dari buku-buku tersebut berasal dari berbagai latar belakang : psikolog, motivator, pengusaha sukses dan tokoh masyarakat. Garis merah dari semuanya adalah berbagai konsep, tips, motivasi dan formula yang mereka sajikan agar Anda dapat meningkatkan diri secara maksimal.

1. How to Win Friends and Influence People

Ini adalah salah satu mahakarya penting dari Dale Carnegie. Beliau adalah seorang penulis buku motivasi dan pengembangan diri terpenting. Banyak bukunya menjadi pegangan bagi para pebisnis dan tokoh penting, namun karya yang dianggap terbaik darinya adalah How to Win Friends and Influence People.

Di dalam buku ini, Anda akan disuguhkan berbagai trik praktis dan konsep luar biasa mengenai hubungan interpersonal, cara memenangkan kompetisi bisnis maupun formula memperoleh banyak relasi dan kustomer loyal. Semuanya itu memang adalah keahlian Dale Carnegie.

Walau terbit di tahun 1925, namun isi dari buku ini tetap layak baca hingga sekarang. Buktinya, situs Goalcast menempatkan How to Win Friends and Influence People lima besar buku terbaik sepanjang masa di bidang pengembangan diri.

Selain menerbitkan berbagai buku dan artikel, motivator ulung ini juga mendirikan Dale Carnegie Training Centre yang sudah tersebar hingga 80 negara. Anda bisa mulai menyerap ilmu dari Sang Master Pengembangan Diri itu dengan membaca mahakaryanya tersebut.

2. The 7 Habits of Highly Effective People

Buku karya penulis dan pelatih kepribadian, Stephen R. Covey sudah diakui kehebatannya. Banyak orang mengaku berhasil mencapai puncak potensi mereka setelah mempelajari poin-poin dari The 7 Habits of Highly Effective People.

Di dalam buku ini, Covey menjelaskan secara terperinci tujuh kebiasaan efektif yang akan membawa seseorang mencapai tingkat produktivitas dan kesuksesan.

Buku ini dibagi menjadi empat bagian, namun pembahasannya benar-benar holistik dan renyah. Pantas saja jika situs Lifehack merekomendasikan buku ini bagi siapa saja yang haus untuk selalu belajar.

3. Law of Attraction

Penasaran mengapa ada beberapa orang yang dengan mudah meraih simpatik serta terlihat selalu beruntung. Siapa tahu orang tersebut ternyata sudah memahami dan mengamalkan hukum ketertarikan dari buku fenomenal berjudul Law of Attraction.

Buku yang ditulis oleh Michael J. Losier berisi panduan praktis bagi Anda untuk mempraktekkan Law of Attraction atau Hukum Ketertarikan. Suatu formula yang dianggap sangat brilian dalam membantu seseorang yang ingin mengembangkan diri.

Hukum Ketertarikan adalah hukum yang berlandaskan positif dan negatif. Sesuatu yang negatif, baik yang berasal dari dalam atau dari luar diri kita, dapat menghambat langkah kita untuk maju.

Setelah mempelajarai buku ini, Anda diharapkan mampu mengubah getaran negatif menjadi getaran positif. Dengan menggunakan getaran positif itu, maka Anda dapat meraih apa yang Anda inginkan, baik dalam urusan bisnis maupun hubungan dengan relasi dan orang sekitar.

4. The Art of the Deal

Meski banyak dihujat dan memiliki musuh, namun dia bisa membuktikan bagaimana kepiawainnya dalam menyusun strategi jitu. Ya, dia adalah Donald  Trump, Sang Presiden Amerika Serikat.

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis dan membutuhkan panduan, maka The Art of the Deal karya Trump ini patut dibaca. Di dalamnya ada penjelaskan secara rinci strategi untuk menciptakan bisnis, lengkap dengan contoh-contoh kehidupan serta menceritakan bagaimana ia membuat penawaran, bernegosiasi dengan para partner, dan membuat keputusan.

Buku ini menjadi hebat karena merupakan mahakarya dari seorang praktisi bisnis sejati, yang mana tentu saja sudah menghadapi sendiri semua aral rintangan dalam upayanya membangun usahanya. Sungguh buku pengembangan diri yang sangat menginspirasi.

5. Business @The Speed of Thought

Jauh sebelum dunia dibuat terheran-heran dengan start-up dan munculnya berbagai perusahaan teknologi di berbagai negara, Bill Gates sudah meramalkannya. Ini adalah bukti bahwa pria terkaya nomor dua sejagad versi The Week itu adalah seorang visioner.

Terbit di tahun 1999, Business @the Speed of Thought ini  yang berisi bagaimana seharusnya bisnis terintegrasi dengan teknologi itu membuktikan kebenaran dalilnya di masa ini. Ribuan perusahaan berbasis teknologi bermunculan dan siap berkompetisi di pasar bisnis.

Walau banyak membahas mengenai bisnis dan teknlogi, namun buku ini juga akan membantu Anda dalam memahami alur berpikir Bill Gates. Tentu saja inilah yang Anda butuhkan dalam proses pengembangan diri.

6. Think and Grow Rich

Jika Anda ingin kaya, maka buku ini mungkin bisa jadi rujukan. Dilihat dari judulnya saja, buku Think and Grow Rich ini sangat menarik. Setidaknya bagi mereka yang sedang dalam mimpi untuk bertumbuh secara finansial.

Apakah buku ini lantas akan mengajarkan Anda untuk bertumbuh secara cepat dan mendapatkan kebebasan finansial?

Asal diketahui, buku ini merupakan salah satu buku klasik karya penulis hebat Napoleon Hill. Banyak yang merasa ada nuansa 'mistis' di sana, namun memang karna itulah buku ini menjadi mahakarya luar biasa. Hill memaparkan banyak rahasia fundamental dalam memulai usaha dan meraih kesuksesan.

Pemikiran Napoleon Hill sangat unik. Idenya memiliki karakter tersendiri. Buku ini wajib dimiliki siapa saja yang memiliki mimpi besar tentang apapun, termasuk yang ingin bertumbuh dan berkembang secara positif.

7. Open Society : Reforming Global Capitalism

Ini adalah kejutan dari seorang George Soros, salah satu raja investasi dunia. Sepak terjangnya dalam dunia bisnis tidak perlu diragukan lagi, tetapi Open Society : Reforming Global Capitalism benar-benar membuat dunia terkejut.

Di sini Soros secara terang-terangan mengkritisi sistem keuangan dunia dan laju perekonomian yang benar-benar seperti mabuk pada kapital dan modal.

Jika Anda tidak hanya berniat bertumbuh dan berkembang, namun juga ingin menambah wawasan seputar makro-ekonomi dan bagaimana sistem keuangan global bekerja, segeralah baca buku berjudul Open Society : Reforming Global Capitalism karya George Soros.

8. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Satu lagi sebuah karya fenomenal yang tak boleh Anda lewatkan. Sebuah buku pengembangan karakter dan pembentukan kepribadian yang akan mengupas perihal hubungan intrapersonal, sosial, psikologis beserta segala macam dinamikanya. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat sangat kami rekomendasikan.

Buku ini penting bukan hanya karena menjadi salah satu best seller dunia hingga sekarang, namun benar-benar memberikan perspektif baru.

Di tulisan yang lain, Esai Edukasi juga membahas cara untuk menjadi lebih percaya diri. Baca artikelnya di sini. 

Mark Manson, blogger dan pemikir kultur pop kenamaan itu memang piawai dalam memainkan alur dan menyusun ide-ide segar. Maka tak salah jika bukunya itu mendapat pujian banyak kalangan, termasuk New York Times.

9. Non-Obvious

Dunia bisnis erat hubungannya dengan persaingan dan inovasi. Jika benar-benar ingin mengembangkan kemampuan dan insting, buku berjudul Non-Obvious ini sangat cocok untuk dibaca.

Ingin memiliki kemampuan menemukan pola tren yang terjadi di konsumen lebih dulu dari pada pesaing ? Nah, Rohit Bhagarva sudah menjelaskan secara gamblang fenomena yang patut Anda perhitungkan, seperti feminisme militan, passive loyalty, moonshot entrepreneuship, dan lainnya.

Rohit juga mengajari para pembacanya untuk mengidentifikasi tren yang berkembang – degan membuang informasi yang tidak penting atau bahkan melihat ke informasi yang dilewatkan oleh orang lain – seperti dirinya. Ini benar-benar bacaan wajib mereka yang ingin meningkatkan insting dan skill di bidang marketing.

10. The Purpose Driven Life

Menjadi fokus adalah kunci dari keberhasilan hidup. Tanpa itu, sangat mungkin seseorang akan mudah keluar dari tujuan hidupnya dan kemudian gagal total.

Buku hebat karangan Rick Warren ini memaparkan bagaimana Anda seharusnya menjalani kehidupan dengan fokus yang benar. Ditulis dengan motode agenda kerja harian, The Purpose Driven Life akan menjaga Anda untuk terus berada di jalur yang tepat dan konsisten dalam bertumbuh.

11. How I Raised Myself from Failure to Success in Selling

Berbeda dari beberapa buku pengembangan diri dan panduan bisnis lainnya, How I Raised Myself from Failure to Success in Selling hadir dengan narasi dan story telling yang menarik.

Buku ini berkisah tentang seorang pria Amerika yang luar biasa sekaligus sang author, Frank Bettger. Ternyata kesuksesannya berawal dari sebuah perjalanan panjang nan sulit hingga akhirnya berhasil menjadi salah satu agen komersial dengan bayaran tertinggi di dunia.

Ia berbagi rahasia cara mencapai kesuksesan setelah berkali-kali gagal. Buku ini wajib dibaca mereka yang ingin memotivasi diri agar tidak menyerah setelah gagal dalam meraih sesuatu.

12. Life Without Limits: Inspiration for a Ridiculously Good Life

Satu hal yang sering terlupa ketika seseorang terlampau ambius dalam mengejar mimpinya : rasa bersyukur. Akibatnya ketika cobaan datang, banyak yang depresi. Dan buku berjudul Life without Limits ini akan menyadarkan Anda kembali pentingnya untuk terus bersyukur dan berjuang.

Buku ini berisi kisah hidup Nick Vujicic yang meraih sukses, meski kondisi fisiknya terbatas yakni tidak memiliki lengan dan kaki. Hal tersebut tak menghalangi Nick untuk memiliki kehidupan yang lengkap.

Ia memiliki dua gelar sarjana, menikah, aktif menulis buku, dan pandai berenang. Buku ini merupakan kisah inspiratif dan emosional tentang bagaimana mengatasi kesulitan dan keputusasaan, kepercayaan terhadap diri sendiri, dan cara menjadi bahagia.

Nick merumuskan 'aturan kehidupan' yang telah membantunya dan dengan senang hati membaginya kepada pembaca.

13. Thinking Fast and Slow

Apakah Anda termasuk golongan manusia yang susah bersikap tegas? Maka Anda harus baca yang satu ini : Thinking Fast and Slow.

Dampak dari sikap tidak tegas sangat banyak. Diantaranya adalah mengulur waktu, mengalami lebih banyak risiko, dan lamban maju. Manusia terdiri dari dua sisi, yaitu sisi naluriah dan sisi rasionalnya.

Daniel Kahneman, sang penulis sekaligus ekonom handal menyampaikan trik dan tips bagaimana agar kombinasi nalar dan rasio itu berperan dengan sangat baik dalam proses pengambilan keputusan.

Thinking fast and slow akan membantu Anda memberikan visi tentang bagaimana membaca situasi dengan baik dan bagaimana solusi mengatasinya sematang mungkin dengan tempo waktu yang seefisien mungkin. Sangat cocok untuk mereka yang ingin mempelajari bisnis dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan

 Buku Pengembangan Diri Terbaik
Tingkatkan kepercayaan diri dan wawasan. 

14. Oh My Goodness

Kreatifitas adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Masalahnya, bagaimana untuk meningkatkan jiwa kreatif dalam diri seseorang? Yoris Sebastian punya jawabannya.

Yoris Sebastian memang seorang pakar di bidang kreatifitas. Bahkan, menurut Andi F. Noya, Yoris ini merupakan seorang spesialis penerima award. Beberapa award prestisius yang pernah diterimanya antara lain adalah : International Young Creative Entrepeneur of the Year Awards 2006 dari British Council di London, Indonesian Young Marketer Awards 2003, dan lain-lain.

Apa yang ditawarkan oleh Oh My Goodness? Buku ini enyajikan berbagai contoh dan fakta menarik tentang kreatifitas yang ada di dunia ini. Benar-benar sebuah sumber inspirasi bagi jiwa dan pikiran kita.

Salah satu konsep yang paling super adalah konsep “Thinking out of the box, but execute inside the box.” Ingin tahu apa maksud konsep itu? Silahkan nikmati keseruan di buku ini dan jadilah insan kreatif sukses berikutnya

15. The Achievement Habit

Ini adalah salah satu buku pengembangan diri terbaik yang pernah ditulis. Dalam buku ini, Bernard Roth mengajak pembaca untuk belajar banyak hal, antara lain : mengapa mencoba saja tidaklah cukup dan betapa hal itu jauh berbeda dari yang sungguh-sungguh melakukan, mengapa alasan ( bahkan yang meyakinkan sekalipun) hanya merugikan diri sendiri, bagaimana mengubah citra diri anda menjadi seseorang yang melakukan sesuatu dan mendapatkan hasilnya, serta mengapa hal ibi penting dilakukan, bagaimana perubahan bahasa sekecil apapun dapat menghalau dilema dan halangan yang ada untuk bertindak,

Dalam buku ini mengajak kita sebagai pembaca menyadari kekuatan dalam diri untuk mengubah kihudupan kita menjadi lebih baik. Dengan menjauhkan diri dari berbagai masalah yang menghalangi kita mencapai potensi seutuhnya, maka kita akan jadi lebih percaya diri untuk melakukan semua yang kiya inginkan selama ini.

Dengan memadukan pemikiran desain, pemecahan masalah, kreativitas, keterampilan berkomunikasi, penyesuaian hidup, kita semua akan belajar dan kita bisa mencari cara dan mengendalikan niat untuk menciptakan kebiasaan yang membuat hidup jadi lebih baik.

The Achievement Habit juga mengajarkan Kepuasan hidup didefinisikan sebagai proses kognitif di mana individu menilai kualitas hidup mereka atas dasar kriteria unik mereka sendiri (Pavot & Diener, 1993, hal. 164).

Jadi kepuasan hidup seseorang berbeda-beda karena yang menjadi patokan kebahagiannya pun berbeda. Seperti pada anak usia dini yang mayoritas kepuasaan hidupnya akan dirasakan ketika orang-orang di sekitarnya memberikan kesempatan serta perlindungan yang membuatnya nyaman untuk mengembangkan semua potensi yang dimilikinya. Tentu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan diri.

16. The Power of Habit

Kenapa bernama The Power of Habit? Karena kebiasaan akan sangat menentukan jalan hidup seseorang. Mereka yang terbiasa melakukan hal-hal buruk terus menerus akan berakhir dengan kegagalan.

Buku karya Charles Duhigg ini mengajarkan banyak hal. Mulai dari pembahasan secara mendalam apa itu kebiasaan, bagaimana cara kerjanya, cara mengubahnya dan mengapa kebiasaan berperan penting dalam hidup kita. Ini karena setiap kebiasaan yang kita lakukan akan membawa hasil, entah itu baik atau buruk, tergantung dari kebiasaan kita. Jika kita selalu menerapkan kebiasaan yang baik, tentu hasil baik yang akan menjadi hadiah nya, dan sebaliknya.

Ngomong-ngomong, di artikel kami yang lain Esai Edukasi sudah membahas tuntas perihal kebiasaan yang mampu membuat Anda menjadi jauh lebih cerdas. Baca dan pelajari hal itu di : 4 Kebiasaan yang Membuat Anda Menjadi Lebih Pintar.

Apakah sekarang Anda mulai berniat mengubah kebiasaan Anda? Langsung saja baca mahakarya Duhigg, The Power of Habit.

17. Mestakung

Ditulis dengan penuh kesungguhan oleh Prof. Yohanes Surya, buku berjudul Semesta Mendukung atau Mestakung ini benar-benar layak dikoleksi.

Sebagai seorang begawan fisika terbaik saat ini, Prof. Yohanes Surya menjelaskan bagaimana sebenarnya dalam keaadan kritis, semesta akan turut campur tangan untuk membantu hingga kondisi berubah menjadi stabil.

Buku ini layak menjadi bacaan Anda yang haus akan motivasi dan sedang lapar mencari formula kehidupan. Di dalamnya akan diuraikan rahasia untuk memaksimalkan potensi ketika dalam keadaan kritis.

18. Unlimited Power

Anthony Robbins akan menjelaskan kepada Anda bahwa ada kekuatan hebat yang sedang bersembunyi. Kekuatan itu harus dibangkitkan untuk bisa Anda gunakan meraih kesuksesan gemilang, membentuk jiwa leadership dan mempertajam insting bisnis.

Alih-alih hanya berisi serangkaian kalimat motivasi indah, Unlimited Power menguraikan berbagai tips praktis yang didukung banyak bukti ilmiah dari berbagai penelitian.

Fokus bahasan dari buku ini adalah pada pemanfaatan ilmu Neuro Linguistic Programming. Ada pendekatan personal, kemampuan berbahasa, dan kemampuan komunikasi yang kemudian menjadi alasan kenapa seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih unggul dibandingkan yang lain.

19. The Magic of Thinking Big

Penulisnya, David Schwartz menulis buku ini dengan penuh optimisme. Buku yang ditulis menitikberatkan pada kemampuan kita untuk berpikir “besar” dan pandai membaca peluang.

Selain itu, The Magic of Thinking Big juga mengajari kita cara fokus pada etika atau cara bersikap yang benar. Jika ingin sukses, seseorang tidak seharusnya berpikiran picik.

Saat seorang pengusaha sepatu mengutus dua orang anak buahnya pergi ke Afrika untuk membaca peluang pasar, secara fakta di lapangan mereka tidak melihat adanya warga setempat yang memakai sepatu. Lalu, kembalilah si anak buah menghadap big bos.
Anak buah pertama berkata:

“Waduh Bos, jangan!. Nanti nggak laku! Disana nggak ada yang pakai sepatu”. Big Bos pun diam tak memberi komentar.
Anak buah kedua menghadap dan berkata

“Kesempatan besar nih bos, kalau sampai kita bisa mengubah kebiasaan warga yang semula tidak bersepatu menjadi bersepatu. Bisa bos bayangkan profit yang didapat, luar biasa”

Buku ini benar-benar membantu pembaca untuk membentuk mental yang kuat dan berpikir visioner. Anda akan merasakan sebuah semangat dan optimisme baru. Sangat cocok untuk mereka yang fokus merintis usaha atau para calon pengusaha sukses.

20 Buku Personal Development dan motivasi terbaik
Meraih kesuksesan bukan hal yang mustahil.


20. Hug Your Hater

Buku dengan judul yang terdengar aneh di telinga ini juga layak masuk daftar baca siapapun yang ingin sukses di bidang bisnis dan marketing.

Dengar saja salah satu tesisnya : konsumen yang komplain pada jasa atau produk Anda sebenarnya adalah aset terbesar perusahaan. Terdengar aneh bukan? Tapi itu benar. Itulah formula jitu yang belum tentu diketahui para eksekutif, manajer maupun CEO.

Kebanyakan konsumen yang tidak puas jarang menyampaikan keluhan mereka dan tanpa sepengetahuan kamu, mereka sudah berpindah ke brand lain.

Sementara dengan komplain yang kamu terima dari konsumen, kamu dapat mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan dan produk yang kamu miliki. Karena itulah mengapa menurut sang penulis, yakni Jay Baer, konsumen yang mau komplain adalah aset perusahaan.

Di dalam Hug Your Hater, penulis mengungkaplan dua tipe haters yang akan ditemui dalam bisnis apapun dan memberitahu cara bagaimana untuk menghadapi mereka. Sungguh sebuah pelajaran bisnis yang sepele namun berharga.



Itulah kedua puluh buku pengembangan diri terbaik versi Esai Edukasi. Silahkan pilih mana yang paling menarik bagi Anda. Satu kunci yang harus diperhatikan : membaca tak akan merubah apapun, kecuali Anda bertindak dengan segera. Selamat berproses semoga sukses!

Belum ada Komentar untuk "20 Buku Pengembangan Diri Terbaik- Ubah Hidup Anda!"

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel