Panduan Membuat Ruang Kerja Nyaman - Tingkatkan Produktivitas Anda!

Kondisi ruang dan meja kerja akan berpengaruh pada kinerja seseorang. Sayang banyak yang mengabaikan fakta ini. Padahal seperti ditulis oleh Business Insider  kenyamanan dan kebersihan ruangan kerja dapat mempengaruhi tingkat produktivitas.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membagikan panduan untuk membuat ruang kerja Anda nyaman sehingga dapat menunjang kinerja serta meningkatkan produktivitas. 

1. Bersih

Meja dan ruangan yang bersih adalah sesuatu yang akan membantu meningkatkan mood para pegawai. Hal ini membuat perasaan menjadi lebih baik ketimbang meja berdebu, lantai kotor, dinding yang sudah tua atau ruangan yang berbau.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

Sempatkan untuk membersihkan meja dan ruang kerja Anda sebelum memulai aktivitas. Akan lebih baik jika Anda mengembangkan kebiasaan untuk tidak membuang sesuatu sembarangan atau meletakkan kue sembarangan. Hal ini akan mempermudah kerja Anda.

Selalu sediakan tisu kering dan basah di meja atau tempat yang mudah dilihat.

Sediakan tempat sampah atau asbak agar kotoran tidak tersebar ke seluruh ruangan.

Gunakan pewangi dengan aroma yang Anda suka dan membuat lebih bersemangat.

2. Rapi dan Tertata

cara menata meja kerja yang baik
Pastikan meja kerja rapi dan tertata.

Seperti dikutip dari situs Luxafor, 41% pekerja kantor percaya bahwa kerapian meja kerja akan mempengaruhi tingkat produktivitas. Bahkan penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa meja kerja yang kacau, dengan pensil dan kertas yang berserakan akan menghancurkan mood untuk bekerja.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

Letakkan semua pada tempatnya. Jangan biasakan untuk meletakkan pensil, flashdisk ataupun notes Anda di tempat yang tidak semestinya. Anda akan menjadi frustasi ketika harus membutuhkan semua itu namun tidak mendapatkannya.

Beri label yang tepat. Seperti contoh, beri label beberapa flashdisk dengan nama proyek, pribadi, deadline, dll.

Miliki folder untuk menyimpan berkas-berkas penting dan letakkan di lemari.

Taruh keranjang kecil untuk menyimpan hal-hal random seperti stappler, kertas, clip, dll.

Gunakan sticky notes untuk mengingatkan Anda pada tugas terdekat. Tempelkan itu di tempat yang mudah terlihat, seperti layar komputer, meja kerja ataupun papan pengumuman.

3. Berwarna

Gunakan warna agar ruangan kerja Anda lebih menarik. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Warnai dinding Anda dengan cat atau gunakan wallpaper Anda lebih enak dilihat.

Gunakan sticky notes warna-warni untuk mengingatkan Anda pada tugas terdekat.

Sampuli juga buku, laptop atau tempat pensil dengan warna-warna yang Anda suka.

Ganti lampu, vas, atau kursi dengan warna-warna tertentu yang bisa meningkatkan produktivitas.

Meja dan ruangan yang bersih adalah sesuatu yang akan membantu meningkatkan mood para pegawai. Hal ini membuat perasaan menjadi lebih baik ketimbang meja berdebu, lantai kotor, dinding yang sudah tua atau ruangan yang berbau.

4. Cukup Cahaya dan Udara

Ini hal yang sangat penting. Pastikan ruangan kerja Anda cukup cahaya agar mata tak cepat lelah. Selain itu udara segar juga penting agar tubuh dapat bekerja dengan optimal.

tips menata ruang kerja
Gunakan papan pengumuman yang menarik.

5. Jauhkan Dari Gangguan

Usahakan agar tempat kerja Anda jauh dari gangguan-gangguan yang membuat konsentrasi berkurang. Beberapa tips mengenai hal ini antara lain :

Simpan ponsel Anda di laci ketika bekerja.

Tuliskan quotes atau kata penyemangat agar tetap fokus.

Hapus games dan software yang tidak perlu dari komputer Anda. Sisakan beberapa saja yang memang dapat menunjang kinerja dan karir Anda, salah satunya LinkedIn. 

Simpan snacks ataupun makanan di lemari.

6. Tambahkan Sentuhan Personal

tips untuk membuat meja kerja nyaman
Buat ruang kerja yang nyaman.

Menempelkan foto keluarga atau pasangan di layar? Mengapa tidak. Penelitian mengatakan hal ini bisa meningkatkan semangat bekerja.

Letakkan barang-barang yang mampu membuat Anda lebih nyaman dan produktif, seperti buku-buku bacaan favorit, foto, rubik, atau agenda.

7. Variasi Lainnya

Beri sentuhan natural. Tambahkan tanaman hidup di ruangan Anda.

Gunakan screen filter untuk komputer.

Pastikan kursi Anda nyaman.

Letakkan kursi panjang atau sofa untuk melepaskan penat.

Itulah panduan singkat untuk Anda yang ingin menata ruang kerja. Semoga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja sehingga berdampak pada peningkatan karir Anda. Baca terus artikel menarik lainnya dari Esai Edukasi, seperti 8 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk resign. 

Post a Comment

0 Comments