7 Tips Meningkatkan Produktivitas - Baca Dan Rasakan Sendiri Bedanya!

Produktivitas dipengaruhi oleh banyak hal. Kenali tujuh tips penting yang akan membuat kinerja dan kualitas diri Anda melambung tinggi.

Apakah Anda Sudah Cukup Produktif?


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Sudah Produktifkah Anda?

Salah satu isu terpenting dalam dunia kerja adalah produktivitas. Banyak pekerja dan profesional mengelu mengenai hal ini. 'Mengapa saya semakin tidak produktif?' adalah salah satu contoh pertanyaan yang sering muncul perihal profesionalitas.

Sebelum kita nanti membahas 7 tips penting untuk dapat meningkatkan produktivitas Anda, maka satu pertanyaan yang harus Anda jawab! Apakah Anda sudah cukup produktif? Jika ya, bagaimana cara untuk melambungkannya agar makin meningkat lagi?

Harus diketahui bahwa produktivitas menyangkut banyak aspek. Beberapa diantaranya adalah kesehatan, pola kerja, psikologis, sosial, inovasi, dan ketersediaan sarana pendukung. Tips produktivitas yang baik harusnya holistik, artinya mencakup semua aspek tersebut.

Pentingnya Meningkatkan Produktivitas


Lantas kenapa Anda harus produktif? Jika ternyata Anda sudah memahami tips untuk meningkatkan kualitas kerja, namun tidak memiliki dorongan yang kuat untuk menjadi lebih produktif, maka semua akan sia-sia.

Sebenarnya, siapapun Anda, meningkatkan produktivitas adalah suatu keharusan. Baik Anda yang sekarang berada di level karyawan, manager, direksi bahkan owner sekalipun. Tanpa kemauan yang keras untuk meningkatkan produktivitas, maka sebenarnya Anda sudah kalah.

Di tempat lain, para kompetitor kita akan bekerja ekstra keras untuk bisa melambungkan usahanya dan meningkatkan kualitas kerjanya. Hidup memang sebuah kompetisi dan hanya yang terus bertumbuh yang layak menjadi pemenang. Untuk itu, maka mau tidak mau Anda juga tak boleh berhenti bertumbuh.

Tujuan Dari Artikel Ini


Goal dari tulisan sederhana ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu Anda meningkatkan diri sehingga menjadi beberapa langkah lebih maju. Tentu di luar sana ada ratusan bahkan ribuan artikel. podcast, buku, video hingga tutorial hebat yang bertujuan sama. Tetapi di artikel ini, kami memberikan sesuatu yang bisa saja sangat berbeda.

Ketujuh tips untuk meningkatkan produktivitas ini disusun berdasarkan sebuah kesadaran bahwa produktivitas adalah sebuah proses yang tak boleh berhenti. Menjadi produktif bukanlah sebuah pilihan, namun keharusan.

Inilah landasan utama dari tulisan ini.

Selain itu kami memberi tips yang mencakup semua aspek dalam meningkatkan produktivitas, tidak melulu hanya tips untuk menjadi lebih efisien atau bagaimana caranya dapat terus fokus.

Maka bisa dikatakan tujuan dari artikel sederhana ini adalah :

  • Memotivasi Anda untuk terus bertumbuh dan meningkatka kualitas dan produktivitas
  • Membantu Anda meningkatkan produktivitas melalui tips praktis
  • Memberi wawasan mengenai cara untuk meningkatkan produktivitas

Sekarang, apakah Anda sudah siap? Jika YA, mari kita mulai 7 tips untuk meningkatkan produktivitas dengan mudah dan cepat!

1. Berolah Raga Rutin


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Berolahraga Teratur

Olahraga adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang ingin mempertahankan kebugaran. Tubuh yang sehat merupakan langkah awal untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Untuk itu maka lakukan latihan fisik secara teratur dan rutin.

Memang bagi sebagian orang, berolahraga bukan perkara mudah, khususnya untuk mereka yang terlampau sibuk dan memiliki jadwal kegiatan super padat. Namun itu semua kembali kepada Anda. Olahraga dan latihan fisik sangat mempengaruhi kualitas kerja Anda. Jika Anda menyadari ini, maka seharusnya jadwal yang padat bukan halangan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan
  • Bangunlah lebih pagi. Udara pagi yang belum tercemar sangat baik untuk tubuh, khususnya sistem pernafasan. Bangun lebih pagi juga akan memberikan waktu lebih awal untuk mempersiapkan diri.
  • Lakukan beberapa gerakan sederhana sebelum mandi pagi, seperti sit up, push up, pull up maupun peregangan ringan
  • Beberapa hal sederhana bisa Anda anggap pengganti olahraga, seperti menggunakan tangga alih-alih lift. Berjalan-jalan ketika istirahat. Bersepeda sesekali untuk berangkat ke kantor.

Pilih Olahraga Yang Tepat


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga. Pertama, jangan langsung memaksakan diri untuk berolahraga berat. Pilihlah olahraga ringan terlebih dahulu.

Kedua, ada baiknya Anda bergabung dengan sebuah klub yang menyediakan seorang pembimbing atau pelatih. Hasil latihan fisik Anda pasti akan lebih cepat menampakkan hasil.

Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda pilih antara lain :
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Senam
  • Tenis meja
  • Badminton

Rutin Dan Teratur Adalah Kuncinya


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak ada gunanya sama sekali jika hari ini Anda memutuskan berolahraga dengan keras, namun cedera dan kemudian berhenti sama sekali. Itu justru akan memberi masalah baru yang tidak perlu.

Kuncinya adalah rutin dan teratur. Jadikan olahraga sebagai sebuah gaya hidup. Cobalah dengan aktivitas yang ringan lalu tingkatkan intensitasnya begitu tubuh Anda siap.

Ketika Anda sudah terbiasa berolahraga, maka tubuh akan terjaga dan secara tidak langsung itu akan meningkatkan kesempatan untuk lebih produktif. Bayangkan seseorang dengan tubuh yang kaku dan sering diterpa sakit.

Tentu saja mobilitasnya tidak akan seluwes mereka yang bugar dan sehat.

2. Perhatikan Pola Makan


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Miliki Pola Mahan Sehat

Kita adalah apa yang kita makan. Untuk itu jangan pernah biarkan makanan yang tidak sehat masuk kedalam tubuh. Pelajari sedikit tentang apa itu makanan seimbang termasuk kandungan dari beberapa jenis makanan olahan yang tidak bisa Anda hindari. Tujuannya, setidaknya Anda bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.

Pilih Makanan Dengan Gizi Seimbang


Banyak orang paham apa itu gizi seimbang, tetapi sangat jarang ada yang menjadikannya gaya hidup. Padahal tentu saja apa yang kita makan akan menentukan seperti apa kinerja tubuh dan pikiran kita. Bahkan termasuk mood dan perasaan Anda.

Ada banyak program diet maupun formula yang dianggap baik dan mewakili gizi seimbang. Kami akan merangkum beberapa untuk Anda pertimbangkan.

  • Makanlah lebih banyak sayur dan buah segar
  • Kurangi konsumsi soda, minuman kaleng atau minuman manis
  • Konsumsi kopi dan teh dalam tahap wajar dan tidak berlebihan
  • Cobalah sumber karbo alternatif selain nasi putih.

Miliki Pola Makan Sehat


Selain apa yang Anda makan, bagaimana Anda memakannya juga harus diperhatikan. Jangan sampai memiliki jadwal makan yang kacau. Sarapan seharusnya adalah sesuatu yang tak boleh Anda lewatkan. Begitupula dengan makan siang dan makan malam.

Selain itu, jika memang Anda bekerja fisik dengan cukup keras, maka susu juga bisa jadi pertimbangan. Jangan melewatkan makan siang lalu kemudian makan malam dengan gila-gilaan. Itu akan membuat tubuh Anda menderita.

3. Rencanakan Segalanya


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Rencanakan Segalanya

Perencanaan adalah sesuatu yang sangat penting namu bukan satu-satunya. Ada dua hal yang harus ditekankan di sini. Pertama, perencaan yang baik adalah yang tepat sasaran. Jangan memberi target terlampau tinggi atau jadwal yang sangat padat. Hal itu justru akan membebani diri Anda. Kedua, dalam merencanakan sesuatu, selalu selipkan plan B, C, D, dan seterusnya.

Pentingnya Buku Harian


Salah satu ciri orang sukses adalah memahami sesuatu secara keseluruhan sekaligus mengerti detail penting dari apa yang ia amati.

Untuk itu Anda perlu buku harian. Ini bukan hanya sebagai sarana untuk mencatatat agenda kegiatan, namun juga merangkum momen penting yang mungkin akan hilang begitu saja jika disimpan di otak.

Di lain waktu, ketika Anda santai, bukalah catatan di buku harian Anda. Semuanya akan membantu untuk memberi inspirasi baru, menghindarkan Anda dari apes berulang atau sekedar pengingat bagaimana perjuangan yang sudah dijalani.

Tetapkan Target


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, target adalah sesuatu yang penting. Tetapan target yang wajar dan tidak terlampau muluk-muluk. Ketika nyatanya Anda sudah mampu melewatinya, maka di lain waktu tak ada salahnya untuk meningkatkan target tersebut.

Gunakan Aplikasi Digital


Di era Industri 4.0 ini, akan sangat rugi jika tidak memanfaatkan kemudahan yang ada, termasuk aplikasi. Gunakan aplikasi yang cocok dengan sistem di gadget Anda. Aplikasi yang seharusnya ada di ponsel pintar Anda antara lain : to-do-list, penyimpanan berbasis awan, planner, hingga tools pengolah dan penampil data.

4. Manfaatkan Waktu


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Manfaatkan Waktu

Tips keempat adalah perihal tentang memanfaatkan waktu. Salah satu hal yang tak akan bisa kembali lagi adalah waktu. Untuk itu maka akan sangat rugi jika Anda menyia-nyiakannya.

Anda bisa menambahkan banyak hal di daftar to-do-list namun tak mungkin untuk menambah waktu. Sehari adalah tetap 24 jam, sebanyak apapun tugas yang harus Anda kerjakan.

Ada beberapa langkah praktis dan hal yang harus diperhatikan mengenai penggunaan waktu yang efisien :
  • Hindari bermain ponsel atau games. Itu sungguh tidak berguna. Simpan ponsel Anda ketika sedang bekerja.
  • Pekerjakan orang untuk melakukan kegiatan yang akan mengacaukan jadwal Anda, seperti mencuci baju, mencuci mobil atau membeli makanan. Ini bisa jadi alternatif jika memang ada sesuatu yang harus Anda lakukan  dengan fokus tinggi
  • Milikilah kebiasan untuk meletakkan barang pada posisi yang seharusnya. Tidak layak waktu Anda terbuang hanya untuk mencari kunci sepeda motor atau flashdisk.
  • Milikilah jam tangan.
  • Hindari mengobrol hal yang tidak perlu yang akan menarik minat Anda untuk memperluas topik pembicaraan alih-alih mengerjakan tugas.
  • Stop berlangganan internet dari provider buruk. Investasilah. cari provider yang mampu menyediakan internet cepat.

Konsisten


Konsisten juga adalah kunci untuk efektif dalam memaksimalkan waktu yang ada. Tantang diri Anda untuk tidak mengobrol atau meninggalkan meja sebelum suatu pekerjaan selesai dilakukan. Belajarlah untuk mematuhi apa yang Anda rencanakan.

Fokus


Untuk bisa meningkatkan daya fokus, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

  • Bersihkan meja kerja Anda. Jauhkan hal-hal tak penting yang bisa mengganggu konsentrasi
  • Pastikan ruangan kerja cukup bersih, rapi, teratur dan nyaman untuk digunakan
  • Pasang quotes atau gambar yang mampu meningkatkan daya fokus Anda
  • Latihah kemampuan fokus dengan bermain permainan papan, kartu, atau sodaku.
  • Menulislah. Buat artikel pendek atau laporan hasil rapat. Coba latih diri anda untuk mampu fokus mengorganisasikan alur pemikiran, logika dan menarik kesimpulan.

Teknik Podomoro


Teknik Podomoro adalah sebuah teknik manajemen yang sangat terkenal. Isinya antara lain mengenai membagi suatu tugas ke dalam beberapa interval dimana setiap interval diselingi dengan istirahal pendek. Banyak orang menganggap teknik ini cukup produktif. Esai Edukasi sendiri sudah pernah membahas perihal teknik Podomoro. Silahkan anda baca di sini.

5. Quality Time

7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Quality Time

Ini bukan hanya tentang rekreasi atau berlibur, namun bagaimana Anda memberi hadiah kepada diri sendiri dengan cara yang tepat. Pastikan istirahat Anda bermutu. Isi jam-jam relaks dengan bercengkrama atau bergabung dalam komunitas yang baik.

Jangan Lupakan Keluarga

Jika Anda sudah memiliki keluarga, habiskan waktu senggang bersama mereka. Tunjukan bahwa Anda bekerja keras demi memberikan yang terbaik baik anak-anak dan keluarga Anda di masa kini dan masa depan. Mereka harus tahu bahwa Anda selalu memprioritaskan keluarga di atas segalanya.

Beristirahat Cukup


Istirahatlah yang cukup. Usahakan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam semalam. Pastikan Anda tidur siang ketika Sabtu atau Minggu. Jangan larut dalam games online atau pekerjaan lainnya, melainkan benar-benar berisitirahat.

6. Tingkatkan Skill

7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Tingkatkan Skill

Untuk menjadi produktif maka Anda harus menjadi pintar. Ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini bergerak dengan sangat cepat. Anda tak boleh ketinggalan kereta.

Terus Asah Kemampuan Anda.


Pelajari bidang baru, kuasai aplikasi terkini, bacalah penelitian mutakhir, semuanya yang berhubungan dengan pekerjaan haruslah Anda lahap.

Cari Bacaan Bermutu


Pemikiran dan bahkan hidup Anda tergantung dari apa yang Anda baca. Pastikan selalu untuk menikmati buku-buku bermutu. Bacalah artikel menarik dari blog berkualitas, seperti Esai Edukasi yang senantiasa menyediakan konten bermanfaat untuk para pembacanya.

Berdiskusi


Anda juga harus menyediakan waktu untuk mengobrol dengan kawan sekerja atau orang yang paham lapangan kerja Anda. Ajak mereka minum kopi sembari menyerap ilmu yang mereka punya.

7. Evaluasi Dan Progress


7 tips meningkatkan produktivitas / esaiedukasi.com
Evaluasi dan Progress

Tips terakhir adalah selalu lakukan evaluasi. Dari sana, lihat seberapa jauh Anda sudah melompat. Apakah sudah cukup tinggi? Tetapkan hal-hal baru yang harus Anda lakukan. Jangan pernah berhenti untuk berevaluasi.

Kesimpulan


7 Tips Meningkatkan Produktivitas / esaiedukasi.com
Tips Meningkatkan Produktivitas

Demikianlah 7 tips yang akan membantu meningkatkan produktivitas Anda. Jika kita rangkum, maka ketujuh tips itu adalah :

1. Berolahraga Rutin

2. Perhatikan Pola Makan.

3. Rencanakan Segalanya.

4. Fokus.

5. Quality Time.

6. Tingkatkan Skill.

7. Evaluasi dan Progress

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Call To Action


Apakah Anda mendapat manfaat dari artikel yang ada di Esai Edukasi? Jika YA, Anda bisa membantu kami dengan cara membagikan (share) postingan ini ke sosial media Anda. Hal sederhana itu akan benar-benar menolong kami untuk terus memproduksi konten bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments