Widget HTML #1

Unduh Dokumen Perbandingan K13 dengan Kurikulum Merdeka Semua Jenjang

Dalam artikel ini Anda bisa mengunduh dokumen berbentuk PDF yang berisi tentang perbandingan lengkap kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka untuk semua jenjang satuan pendidikan.

Semua data dan informasi yang ada di dokumen ini sudah sesuai dengan sumber utama, yakni dari Pusat Kurikulum - Kemendikbud Indonesia.

Daftar Isi:

Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka semua jenjang

Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka


Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang PAUD 

Bisa terlihat jelas bahwa perbedaan utama dari jenjang PAUD adalah struktur kurikulum dan pembelajaran. Dalam KM, tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengatahuan dan keterampilan. Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang PAUD (Unduh)

Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SD/SDLB/MI

Untuk jenjang sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa dan juga madrasah ibtidayah, perbedaan utama terletak pada fleksibilitas. Guru dan sekolah berhak untuk memilih pendekatan yang dilakukan. Hal ini cukup berbeda karena di kurikulum sebelumnya, pendekatan yang dipakai adalah tematik dan saintifik

Pada jenjang ini pula disebutkan mengenai istilah fase, dimana yaitu fase A (kelas 1 dan 2), fase B (kelas 3 dan 4) serta fase C (kelas 5 dan 6). Selengkapnya lihat dan dapatkan di Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SD/SDLB/MI (unduh)

Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SMP/SMPLB/MTs

Selanjutnya kurikulum terbaru yang digagas oleh Mendibudristek Nadiem Makarim juga akan berlaku di jenjang sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah.

Perbedaan utama di jenjang ini dibandingkan dengan k13 sebagai kurikulum sebelumnya adalah dimasukkannya profil pelajar Pancasila sebagai salah satu pembelajaran utama disamping juga pembelajaran reguler. 

Dalam jenjang ini, siswa berada pada fase D (kelas 7sampai kelas 9). Lebih jelasnya, silahkan lihat di Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SMP/SMPLB/MTs (unduh).

Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SMA/SMALB/MA dan SMK

Bagaimana dengan jenjang sekolah menengah atas dan madrasah aliyah? Apa perbedaan di jenjang ini terkait pelaksanaan kurikulum terbaru?

Cukup banyak perubahan yang ada. Dalam konsep merdeka belajar ini, siswa diminta untuk bisa mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam memilih mata pelajaran. Jadi tidak ada lagi kelas IPA maupun kelas IPS.

Di jenjang SMA ini, ada dua fase. Fase E untuk siswa kelas 10. Bagaimana dengan kelas di atasnya. Untuk kelas 11 dan 12 akan masuk pada fase F.

Agar lebih jelas mengenai perubahan yang ada pada jenjang ini, silahkan baca di Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SMA/SMALB/MA (Unduh)

Sedangkan untuk jenjang SMK, silahkan baca di Perbandingan K13 dan Kurikulum Merdeka jenjang SMK (Unduh).

Demikian, semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga artikel lainnya terkait pengertian dan arti kurikulum sehingga Anda lebih memahami definisi serta tujuan dan fungsinya. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Unduh Dokumen Perbandingan K13 dengan Kurikulum Merdeka Semua Jenjang"