Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat Dan Benar

Mendapatkan pekerjaan adalah impian semua orang. Namun sayangnya masih banyak yang merasa kesulitan untuk mencari kerja. Bahkan ada yang akhirnya frustasi, stress hingga depresi.

Pada dasarnya mencari kerja bukanlah perkara mudah, namun bukan mustahil. Ada beberapa tips dan formula yang perlu Anda ketahui sehingga mampu mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat
cara mendapatkan pekerjaan 

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan benar. Ada 3 tahap penting yang harus Anda lakukan. Ikuti dan baca setiap tahapannya dengan baik.

Daftar Isi 
  1. Kenali Potensi Diri 
  2. Mencari Lowongan Kerja
  3. Tes dan Wawancara

Tahap 1 : Kenali Potensi Diri

Semua perusahaan atau institusi apapun pasti akan memberi Anda pekerjaan jika skill Anda cocok dengan yang mereka butuhkan. Ini adalah konsep yang harus dipegang. Memang pada dasarnya setiap orang pastilah memiliki kemampuan khusus yang menonjol, namun apakah hal itu pasti membuat sebuah perusahaan yang membuka lowongan kerja memilihnya? Tidak! Hal ini karena jumlah pelamar sering kali lebih banyak dari kuota posisi yang dibutuhkan. Lalu bagaimana tips untuk mengatasi hal ini? Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

Tingkatkan skill

Bayangkan Anda sebagai seorang HRD dan ada 3 orang yang ingin melamar sebuah posisi di perusahaan Anda. Tentu Anda harus memilih bukan? Anggap saja Anda seorang idealis yang menjunjung obyektivitas, maka pasti Anda akan memilih satu diantara ketiga orang tersebut yang paling cakap dan mumpuni. Inilah kunci pertama. Pastikan Anda memiliki sesuatu untuk bisa membuat perusahaan memilih diri Anda. Latih dan dalami satu atau beberapa saja bidang khusus dan jadilah seorang yang ahli. Setelah itu, latih dan tambah wawasan Anda dengan subyek yang masih berkaitan dengan bidang Anda. Apakah harus sesuai dengan ijazah? Tentu saja. Akan sangat lucu jika seorang lulusan sastra Mandarin tidak mampu berbahasa Cina dengan baik. Atau alumni fakultas akutansi tetapi tak bisa membuat laporan keuangan. Namun ada beberapa pengecualian khusus, semisal Anda lulusan fisika tetapi ahli koding atau jebolan psikologi dan juga jago fotografi. Ini akan menjadi nilai plus. Walau begitu, ada baiknya untuk memiliki sertifikat yang menunjukkan keahlian Anda. Ini adalah langkah awal yang penting. Dari ribuan lamaran, sertifikat akan membantu diri Anda agar mendapat perhatian dari rekruter. Beberapa sertifikat yang seharusnya Anda miliki antara lain adalah Ijazah, penguasaan bahasa Inggris, Internship, dll. Khusus untuk sertifikat penguasaan bahasa Inggris, silahkan baca artikel berjudul Perbedaan TOEFL, TOEIC dan IELTS agar Anda memahami definisi, tujuan dan karakter dari masing-masing tes tersebut.

Tingkatkan portofolio

Kita telah memasuki era internet dimana banyak fenomena yang berhubungan dengan dunia maya juga terjadi di berbagai bidang yang sebelumnya tidak kita kenal. Salah satunya adalah para headhunters. Headhunters adalah mereka yang diberi kontrak oleh perusahaan (users) untuk mencari para tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk berbagai posisi. Lalu bagaimana para headhunters ini bekerja. Tentu saja dengan berbagai cara, namun kebanyakan mereka memburu para calon karyawan hebat dari internet. Sekarang tugas Anda adalah membuat diri Anda terlihat di mata para headhunters maupun HRD perusahaan. Ada dua cara : 1. Aktif menghubungi para headhunters tersebut. 2. Membuat para headhunters menghubungi Anda. Kedua cara di atas bisa Anda dapatkan jika mereka tahu kualifikasi Anda. Untuk itu, buatlah portofolio yang menarik. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

Membuat Akun Sosial Media Profesional

Membuat profil LinkedIn yang powerful. LinkedIn adalah sosial media yang banyak dihuni para profesional, HRD, CEO, pebisnis dan pencari kerja. Untuk bisa mendapatkan perhatian para headhunters, buat profil linkedIn yang lain dari biasanya. Baca panduannya di artikel ini. Memaksimalkan Profil Facebook dan Instagram. Mulai sekarang perhatikan setiap konten yang Anda unggah di Facebook dan IG. Fokuslah untuk membuat konten yang menarik dan sesuai dengan kredensial Anda. Hindari membuat postingan spam atau bernada intoleran / kebencian.

Membuat Landing Page / Web Portofolio

Anda juga bisa meningkatkan portofolio dengan cara membuat web yang berisi berbagai karya atau pengalaman Anda. Sewalah hosting dan domain yang tepat lalu mulai pamerkan skill dan produk yang pernah Anda ciptakan.

Membuat blog di Medium.

Semakin hari media sosial Medium juga semakin diminati. Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat blog di Medium dan mulai menulis pengalaman, buah pikiran, opini atau hasil karya Anda di sana.

Tahap 2 : Mencari Lowongan Pekerjaan

Setelah Anda mengetahui apa skill Anda, sekarang saatnya mencari lowongan yang sesuai dengan kredensial maupun keinginan Anda. Ada dua jenis lowongan kerja. 1. Lowongan kerja untuk karyawan dengan skill khusus. 2. Lowongan kerja untuk umum (dari berbagai disiplin ilmu). Anda bisa mencoba keduanya, namun pastikan Anda memahami : -Profil perusahaan, termasuk budaya kerja, lingkungan, dll. -Gambarang umum posisi yang sedang dibutuhkan. -Tingkat kompetisi sesama pencari kerja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

Cari Lowongan Kerja di Internet

Website resmi. Ada banyak lowongan kerja bertebaran di internet. Anda bisa mencari langsung di website perusahaan. Biasanya perusahaan besar akan mencantumkan halaman khusus untuk mereka yang tertarik bergabung dengan perusahaan tersebut. LinkedIn. Seperti yang sudah dijelaskan, LindkedIn merupakan platform sosial media terbaik untuk para pencari kerja. Di sana Anda akan bertemu dengan banyak HRD dan headhunters. Cobalah membuka komunikasi dengan sopan. Bila perlu, segera kirim CV bila dibutuhkan. Situs Lowongan Kerja Ada juga situs yang khusus menampilkan berbagai lowongan kerja. Namun pastikan bahwa informasi tersebut bukanlah hoax.

Cari Lowongan Kerja di Koran dan Radio

Percaya atau tidak, ternyata masih ada perusahaan dan institusi yang mencari tenaga kerja melalui koran dan radio. Tak ada salahnya untuk menggali informasi mengenai lowongan kerja di sana.

Hubungi Relasi Anda

Cara mencari pekerjaan yang efektif berikutnya adalah dengan menghubungi teman dan saudara Anda. Tanyakan apakah mereka memiliki iinformasi mengenai lowongan kerja yang Anda butuhkan.

Mengikuti Pameran Kerja

Ikuti juga berbagai pameran kerja. Beberapa institusi seperti Depnaker dan Universitas biasanya rutin mengadakan bursa kerja. Bawalah persyaratan yang dibutuhkan.

Tahap 3 : Tes dan Wawancara

Jika ternyata lamaran Anda diterima dan bersiaplah untuk tes dan wawancara. Ada beberapa tips praktis untuk menghadapi tes dan wawancara kerja. 1. Jangan terlambat. 2. Jangan terlambat. 3. Jangan terlambat. 4. Pastikan pakaian Anda rapi. 5. Bawa semua kelengkapan berkas. 6. Jawab pertanyaan dengan jujur. 7. Gunakan bahasa yang tegas namun sopan dan ramah. 8. Siapkan sebuah story telling. Biasanya HRD meminta pencari kerja untuk bercerita tentang pengalaman, visi, atau skill. 9. Siapkan cerita tentang proyek atau karya yang pernah Anda buat. 10. Jangan Terlambat.

Semoga artikel mengenai tips mendapatkan pekerjaan dengan cepat ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel tentang ide bisnis sampingan untuk mahasiswa atau daftar program beasiswa untuk jenjang S1 dalam negeri. 

Post a Comment

0 Comments