Cara Membuat Profil Linkedln Yang Menarik Dan Powerfull

Bagaimana cara untuk membuat profil LinkedIn yang menarik sehingga dapat membuat banyak orang melirik akun Anda? Ternyata caranya sangatlah mudah.

Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas 5 cara sederhana namun efektif yang dapat meningkatkan personal branding dan membuat akun LinkedIn menjadi lebih menarik.

Membuat Profil LinkedIn yang menarik
Membuat Profil LinkedIn

Sekilas Linkedln

Apa itu LinkedIn? Apakah Anda sudah pernah mendengarnya? Atau sudah menjadi pengguna aktif cukup lama?

Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, LinkedIn adalah nama salah satu media sosial yang cukup populer dan memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia.

LinkedIn menjadi menarik karena dianggap sebagai sebuah media sosial profesional dan mengutamakan personal branding. Hal ini wajar mengingat banyak orang menggunakan LinkedIn dengan tujuan mendapatkan pekerjaan atau sebaliknya, merekrut karyawan baru.

Bagi Anda pengguna LinkedIn, apakah sudah mendapat manfaatnya secara maksimal? Jika belum, jangan-jangan karena profil LinkedIn Anda tidak menarik.

Jika itu yang terjadi, jangan khawatir. Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan membahas secara lengkap tips untuk membuat profil LinkedIn menjadi lebih menarik dan powerful.

[Tips Membuat Profil Linkedln Yang Menarik | Tutorial Meningkatkan Personal Branding Di LinkedIn Secara Maksimal]

1. Gunakan nama asli.

2. Identitas asli.

3. Foto profil kasual dan menarik.

4. Lengkapi semua data pendukung dengan baik.

5. Tulis moto, caption dan ringkasan profil dengan simpel namun berkesan.

Lalu bagaimana langkah-langkah detail untuk membuat profil LinkedIn menarik dan powerful? Berikut ulasannya untuk Anda.



Gunakan Nama Asli


Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah profil LinkedIn yang menarik dan memikat.

Selalu gunakan nama asli Anda. Mungkin Anda bisa menulis nama 'keren' atau nama kecil Anda di tengah dengan menggunakan tanda petik, tetapi hindari menulis menggunakan nama palsu, alias atau nama alay.

LinkedIn berbeda dengan facebook atau twitter. Orang-orang di LinkedIn cenderung tidak punya waktu untuk menggubris seseorang dengan nama yang tidak jelas, aneh, alay, dan bukan merupakan nama aslinya.

Anda berhak menggunakan gelar untuk memperkuat kesan. Jika terlalu panjang, singkat pada bagian yang tepat.

Pasanglah foto dengan gaya kasual, tidak perlu terlalu resmi. Tersenyum akan membuat wajah Anda menarik. Tidak perlu untuk menunjukkan kekayaan Anda, namun usahakan foto Anda menunjukkan keahlian dan skill Anda.

Insight


Fakta membuktika bahwa LinkedIn merupakan salah satu media sosial terbesar dan terpenting disamping facebook, twitter, VKontakte, dan Instagram.

Jumlah pengguna sosmed terus meningkat secara drastis dan bahkan menurut Mashable, pada tahun 2017 saja, jumlah orang

yang menggunakan LinkedIn mencapai lebih dari 500 juta.

Sekitar seperempat akun LinkedIn yang ada adalah tipe berbayar atau premium.

LinkedIn diakui sebagai sarana kau milenial untuk menunjukkan skill dan keahliannya di mata perusahaan besar dan rekruiter.

Pengguna Linkedln didominasi oleh para profesional, akademisi, pemilik perusahaan dan mahasiswa tingkat akhir.

Ada ratusan ribu artikel di LinkedIn dan menurut BuzzSumo, postingan yang paling banyak dibaca adalah yang membahas

mengenai 5P (Personal, Practical, Portraying, Professional dan Past Experiences).

Berdasarkan hasil penelitian ResumeGo, para pelamar dengan profil LinkedIn yang komprehensif memiliki kans untuk diterima

hingga 71% dibanding mereka yang tidak memiliki akun di sosial media ini.



Identitas Asli


Selain nama asli, identitas yang tercantumkan di LinkedIn sebaiknya mewakili siapa Anda sebenarnya di dunia nyata. Hindari menulis terlalu muluk-muluk jika tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Walau memang seharusnya menulis data dan identitas asli, Anda harus selektif. Tidak perlu semua identitas milik Anda tercantum di profil LinkedIn. Jika tidak perlu, tidak usah menulis alamat lengkap, no handphone dan email.



Foto Profil


membuat foto profil LinkedIn yang bagus
Contoh Foto Profil LinkedIn / Maxime Remilard

Foto profil adalah salah satu elemen terkuat yang membuat sebuah profil LinkedIn menjadi menarik, kuat dan mampu memberi kesan mendalam bagi pengguna lainnya.

Ada banyak tips dan trik seputar cara memasang foto profil yang benar di LinkedIn agar profil Anda menjadi menarik dan maksimal. Semua tips itu berkaitan dengan gender, tujuan, dan bentuk bisnis seseorang yang pastinya tidak sama satu dan lain orang.

Lalu bagaimana cara memasang foto profil yang benar di LinkedIn? Pasanglah foto dengan gaya kasual, tidak perlu terlalu resmi. Tersenyum akan membuat wajah Anda menarik. Tidak perlu untuk menunjukkan kekayaan Anda, namun usahakan foto Anda menunjukkan keahlian dan skill Anda.

Tips Meningkatkan Profil LinkedIn

Selain membuat profil LinkedIn yang menarik dan relevan sesuai keahlian serta pengalaman nyata, Anda bisa juga melakukan beberapa tips berikut :

Membuat dan membagikan konten yang menarik, seperti esai, tutorial atau pengalaman penting Anda.

Mengikuti / follow beberapa akun LinkedIn berlatar belakang profesional yang cukup populer, seperti Bapak Peter Febian.

Berkomentarlah di suatu topik yang merupakan keahlian Anda.



Data Pendukung


Selain nama, foto dan identitas, ada beberapa data pendukung yang harus Anda lengkapi. Beberapa diantaranya justru akan membantu algoritma LinkedIn untuk menghubungkan Anda dengan orang-orang, group, ataupun konten yang tepat.

Beberapa data pendukung tersebut adalah pengalaman kerja, pendidikan, keahlian dan minat. Lengkapi semuanya dengan baik untuk membuat profil LinkedIn makin profesional.



Motto Dan Caption


Motto dan caption adalah kata-kata yang menunjukkan visi, karakter, tujuan dan diri Anda secara lebih jelas kepada para pembaca Anda.

Jangan sia-siakan kolom tersebut. Tulis dengan kalimat yang sederhana namun kuat. Ada beberapa formula yang bisa Anda pakai seperti :

"Seorang ahli K3 dan pemegang sertifikat keterampilan managemen dari BSNP. Menyukai tantangan dan hal baru".

Programer komputer dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Menguasai berbagai software desain dan edit foto. Selalu bekerja dan melayani dengan sebaik mungkin".





Kesimpulan


LinkedIn adalah salah satu media sosial populer saat ini. Linkedln memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara rekruiter dan

pencari kerja.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal di LinkedIn, buatlah profil yang menarik dan berkesan.

Profil yang menarik adalah sebuah ringkasan mengenai diri seseorang secara lengkap, tidak dibuat-buat namun tetap

menunjukkan sesuatu yang khas dan berkesan bagi orang lain.

Untuk dapat membuat profil LinkedIn yang menarik, semua kolom harus diisi dengan baik, lengkap dan benar.

Beberapa hal yang bisa membuat profil LinkedIn menjadi menarik adalah data diri, identitas, foto, caption dan informasi pendukung.

Di masa depan, teknologi dan sains akan memainkan peranan yang sangat penting. Seperti apa dunia kerja ketika anak-anak

Anda dewasa nanti? Baca artikel tentang 12 Pekerjaan Paling Menjanjikan Di Masa Depan yang mengulas mengenai beberapa jenis profesi idaman dan diperebutkan banyak orang.

Demikianlah artikel Esai Edukasi kali ini tentang cara membuat sebuah profil LinkedIn yang menarik dan bisa menarik banyak orang untuk melihat akun dan postingan Anda di LinkedIn.

Post a Comment

0 Comments