Ide Bisnis Dan Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa - Mudah Namun Potensial

Di jaman internet dan industri 4.0 seperti sekarang ini, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa diambil oleh para mahasiswa. Beberapa diantaranya bahkan bisa sangat menjanjinkan keuntungan besar namun dengan modal minim.

kesempatan dan pekerjaan sampingan mahasiswa / esai edukasi
Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa


Apa saja ide bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi akan memberikan daftar 10 usaha sampingan yang cocok untuk anak kuliahan.

1. Kreator Konten


Ini adalah salah satu ide usaha yang paling menjanjikan sekaligus berpotensi mengembangkan karir kedepannya. Apa itu? Tidak lain adalah dengan menjadi seorang content creator.

Ada banyak mahasiswa yang menekuni pekerjaan sampingan sebagai seorang content creator. Secara umum, seorang kreator konten adalah mereka yang menciptakan hal-hal kreatif baik dalam bentuk tulisan, video, animasi, desain grafis, musik, hingga foto. Bisnis yang satu ini makin diminati seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang makin lekat dengan gadget dan internet.

Peluang bisnis sebagai kreator konten meliputi berbagai macam profesi, antara lain; blogger, vlogger, desainer, music creator, selebgram, youtuber, copywriter, dll.

Jika Anda memang seorang mahasiswa dengan imajinasi yang tinggi serta inovatif dalam menciptakan karya, nampaknya ide bisnis yang satu ini patut dicoba.



2. Bisnis Toko Online


Sudah bukan rahasia lagi apabila trend belanja masyarakat telah berubah, yakni menjadi semakin tergantung dengan online shop dan marketplace. Ini merupakan suatu kesempatan bisnis yang tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi Anda para mahasiswa yang tertarik terjun di dunia jual beli daring.

Semakin hari keberadaan toko daring semakin diminati. Sebagai kaum muda yang energik dan inovatif, Anda tinggal membaca peluang pasar dan menganalisisnya untuk kemudian ikut terjun ke dalamnya.

Peluang usaha toko online masih menjanjikan dan akan terus berkembang. Sudah banyak sekali contoh anak muda yang sukses berkat bisnis jual beli via internet ini.

Mereka pada awalnya menjadikan bisnis online shop sebagai pekerjaan sampingan, namun ketika dirasa pendapatannya sangat besar dan menjanjikan, akhirnya para anak muda ini serius menggarapnya.

Tertarik? Tunggu dulu! Silahkan baca artikel kami berjudul 4 Langkah Wajib Untuk Membuat Bisnis Online Anda Makin Berkibar. Disana kami membahas tuntas peluang bisnis online beserta strategi dan tantangannya.



3. Les Privat

Jika Anda tipe mahasiswa dengan intelektualitas bagus dan nilai akademik tinggi, maka peluang usaha untuk menjadi pengajar privat sangat terbuka lebar. Anda bisa menjadi tentor bagi sesama teman maupun untuk pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA.

Memang sudah banyak anak kuliah yang menjadikan les privat sebagai pekerjaan sampingan. Kabarnya usaha yang satu ini sangat legit dan bisa memberikan penghasilan tambahan yang sangat besar.

Sebagai contoh, seorang Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada seorang murid dari sekolah internasional yang bersedia membayar jasa Anda perjam antara 100-150 ribu. Bahkan bisa lebih jika Anda mampu berbahasa asing baik.



4. Web Design


Ini adalah peluang usaha sampingan potensial, khususnya bagi mereka yang berkonsentrasi di bidang IT dan pemrograman. Ada banyak sekali perusahaan yang bersedia membayar mahal seorang web designer. Tentu ini adalah kesempatan bagi mahasiswa yang ingin memperoleh tambahan penghasilan.

Selain memperoleh pendapatan sampingan, mahasiswa yang berprofesi sebagai desainer web akan mendapatkan pengalaman berharga bersentuhan langsung dengan dunia kerja. Suatu hal yang mungkin tidak didapatkan di ruang kuliah.



5. Pekerja Magang

Menjadi pekerja magang untuk perusahaan, toko, restoran atau supermarket juga bisa menjadi kesempatan mendapatkan pemasukan bagi mahasiswa.

Jika memang ingin menjadi pekerja magang seperti itu, usahakan untuk bisa mengatur jadwal sehingga pekerjaan sampingan Anda tidak mengganggu aktivitas kuliah Anda di kampus.



6. Wirausaha


Dewasa ini semakin banyak universitas dan perguruan tinggi yang memasukkan entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib. Hal ini wajar mengingat kewirausahaan juga sangat didorong oleh pemerintah.

Jika Anda seorang yang berjiwa tangguh, inovatif dan suka tantangan, maka kesempatan untuk menjadi seorang wirausahawan terbuka lebar. Segera searching di internet atau cari referensi mengenai ide bisnis yang ingin Anda kembangkan.

Sebagai referensi, Esai Edukasi juga memiliki banyak artikel menarik yang akan memberikan wawasan seputar dunia kerja dan entrepreneurship.



7. Event Organizer


Semasa mahasiswa, latihlah berbagai keterampilan yang bisa Anda kembangkan, baik soft-skill maupun hard-skill. Atau jika memang memiliki talenta dibidang hiburan serta tertarik menjadi seorang planner, ada peluang bisnis yang cocok. Apa itu? Menjadi EO.

EO atau event organizer adalah peluang usaha untuk mahasiswa yang aktif, enerjik, memiliki kemampuan interpersonal baik serta sanggup bekerja dalam tim. Jika sudah sukses, jangan heran dengan insentif atau pemasukan yang akan didapatkan. Selain itu ini adalah kesempatan bagus untuk mengembangkan jaringan.



8. Model

Punya penampilan menarik? Anda bisa menjajal profesi model. Terlebih jika Anda adalah sosok mahasiswa yang mampu mengeksplorasi kelebihan diri Anda.

Ada banyak cara untuk terjun ke dunia modelling. Bisa melalui agen maupun secara mandiri. Atau coba maksimalkan beberapa platform media sosial. Selain Instagram dan Youtube, sebenarnya ada satu media daring lagi yang bisa menunjang karir Anda : LinkedIn.

Silahkan baca ulasan kami tentang cara membuat profil LinkedIn yang akan membantu meningkatkan portofolio dan peluang Anda.



9. Bisnis Kuliner


Semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis kuliner. Untuk itu, jika Anda seorang mahasiswa yang juga memiliki minat yang sama, maka buatlah sesuatu yang berbeda.

Apa itu? Bisa banyak hal, salah satunya adalah dengan mengkombinasikan model bisnis konvensional dengan internet. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan peluang usaha dari bidang makanan antara lain :

1. Memaksimalkan sosial media.

2. Berkolaborasi dengan platform marketplace.

3. Bekerja sama dengan vlogger, youtuber atau blogger.

4. Menerima pembayaran dengan sistem uang digital.



10. Online Driver

ide bisnis untuk mahasiswa / esai edukasi
Peluang Usaha Sebagai Driver Online

Dengan kondisi jalanan yang semakin macet, sebenarnya memberikan kesempatan bisnis bagi mereka yang inovatif. Salah satunya adalah dengan menjadi driver online.

Anda tak perlu malu karena pada dasarnya pekerjaan sampingan sebagai driver online akan memberikan tambahan penghasilan yang tidak sedikit, khususnya bagi pengemudi daring yang mampu membaca peluang dan mengetahui kondisi jalanan dengan baik.

Selain itu sebenarnya profesi driver online ini bersifat freelance dimana pengemudi adalah mitra dari perusahaan penyedia jasa trasnportasi berbasis aplikasi. Hal ini tidak akan terlalu memberatkan para mahasiswa yang tentu saja harus beraktivitas di kampus.



Itulah daftar sepuluh bisnis sampingan dan peluang usaha untuk mahasiswa. Semuanya memiliki potensi dan tantangan yang beragam. Walau begitu jangan sampai niat untuk mendapat pemasukan tambahan tersebut mengganggu aktivitas belajar.

Terima kasih sudah membaca, silahkan baca artikel menarik lainnya dari Esai Edukasi. Beberapa diantaranya adalah peluang usaha untuk kalian yang masih SMA.

Post a Comment

0 Comments